Apa itu Guest Blogging – Sebutkan salah satu cara untuk meningkatkan authority website. Dari sekian banyak jawaban yang ada, satu di antaranya adalah guest blogging.
Ya, teknik ini menjadi salah satu teknik yang paling banyak digunakan oleh pebisnis ketika menjalankan strategi SEO marketing. Guest blogging sendiri adalah bagian dari strategi link building.
Sebagaimana yang kita tahu, strategi ini berkaitan erat dengan metode SEO, yakni Off Page SEO. Sebuah strategi untuk optimasi website, yang langkah-langkahnya dilakukan pada website alternatif atau website yang dimiliki oleh pebisnis lain di niche sejenis.
Lantas apa itu guest blogging?. MinTiv akan menjelaskan tentang apa itu guest blogging lengkap dengan cara menjalankannya di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Guest Blogging
Sesuai dengan namanya, guest blogging adalah teknik SEO yang memungkinkan Anda untuk menjadi penulis di website orang lain. Teknik ini digunakan untuk meningkatkan domain authority website Anda, selain tentunya untuk menambah traffic.
Anda juga dapat menggunakan teknik ini untuk meningkatkan kredibilitas serta brand awareness terhadap pihak yang Anda tawarkan untuk proses guest blogging. Terlebih lagi keterangan dari Big Commerce, menyatakan bahwa guest blogging, bukan hanya akan menguntungkan website bisnis Anda, tapi juga website bisnis yang Anda tuliskan kontennya tersebut.
Anda mendapatkan kolam baru untuk promosi sedangkan website yang menjadi host guest blogging Anda akan mendapatkan konten yang berkualitas.
Mengapa Guest Blogging Begitu Penting untuk SEO Website?
Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya sudah terjawab dalam penjelasan definisi guest blogging sebelumnya. Agar lebih jelas, mari kita bedah satu per satu alasan mengapa pebisnis perlu melakukan guest blogging.
1. Membantu Anda untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Konten
Yang pertama adalah membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan menulis konten.
Ya, dengan menulis konten pada website yang berbeda atau website orang lain, Anda akan memiliki sudut pandang penulisan konten yang lebih beragam.
Kemampuan Anda dalam menuliskan konten akan benar-benar terasah dengan baik. Ya, hal ini wajar karena tulisan Anda bukan lagi dinilai oleh tim internal bisnis Anda, tapi juga dari pemilik website yang Anda tawarkan untuk proses ini, beserta dengan audiensnya.
2. Bantu Website Utama Dapatkan Traffic Tambahan
Kedua adalah membantu website utama atau yang Anda miliki mendapatkan lebih banyak traffic. Ini jelas, dan juga telah diamini oleh banyak SEO Experts. Salah satunya datang dari halaman OptinMonster yang menyebutkan bahwa guest blogging adalah kunci penting untuk meningkatkan traffic dan RoI (Return of Investment).
3. Bantu Website Bisnis Mendapatkan Meningkatkan Brand Awareness
Ketiga adalah membantu website bisnis mendapatkan peningkatan brand awareness.
Dari yang awalnya berada pada tingkatan unaware brand, perlahan menuju brand recognition atau setingkat lebih tinggi yakni brand recall. Syukur-syukur jika strategi ini dijalankan dengan konsisten dan konten yang diberikan benar-benar berkualitas, maka brand awareness bisa mencapai tahapan tertinggi yakni Top of Mind.
Baca Juga: Penjelasan Lengkap Tiap Tingkatan Brand Awareness
Bukan hanya itu saja, artikel guest blogging yang Anda kreasikan pada website lain, bisa menjadi media untuk website utama Anda, lebih optimal sebagai tools konversi.
4. Kredibilitas dan Kepercayaan Pada Bisnis Anda Meningkat
Terakhir, guest blogging mampu membantu Anda untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pada bisnis yang dimiliki. Jika Anda konsisten memberikan konten yang berkualitas untuk host guest blogging, maka Anda akan dinilai sebagai seorang pakar atau ahli.
5. Penerapan dari Strategi Link Building
Yang terakhir adalah bantu Anda dalam proses penerapan link building. Strategi ini dapat menjadikan konten website tampil lebih tinggi di SERP (Search Engine Result Page). Tentunya dengan catatan website yang dimiliki serta konten yang dibuat benar-benar berkualitas.
Cara Melakukan Guest Blogging
Sebelum melakukan guest blogging, sebaiknya Anda terlebih dahulu belajar bagaimana cara membuat konten artikel yang berkualitas. Bukan hanya sesuai dengan kaidah SEO, tapi juga mampu menarik perhatian pengunjung. Anda harus pelajari terlebih dahulu SEO Copywriting.
Setelah mempelajari tentang apa itu SEO Copywriting, maka Anda sudah siap untuk melakukan guest blogging. Adapun langkah pertama yang harus Anda lakukan di dalam strategi ini adalah;
1. Tentukan Tujuan Terlebih Dahulu.
Yang pertama adalah dengan menentukan tujuan terlebih dahulu. Tujuan perlu ditetapkan agar Anda lebih mudah menetapkan pola content marketing yang ingin dijalankan. Anda jadi punya langkah sistematis yang tepat untuk promosi bisnis Anda.
Adapun tujuan melakukan guest blogging biasanya adalah untuk meningkatkan brand awareness bisnis, mendapatkan lebih banyak traffic tambahan ke website utama, atau juga untuk meningkatkan lead/sales.
2. Buat Daftar Website yang Dijadikan Host Guest Blogging.
Berikutnya adalah dengan membuat daftar website yang ingin Anda jadikan sebagai host guest blogging Anda. Usahakan untuk mencari website yang kurang optimal dalam menggunakan menu atau fitur blog mereka. Peluang Anda untuk dapat bekerjasama dengan website seperti ini akan jauh lebih besar.
3. Cari Website yang Berkualitas, Topik atau Nichenya Relevan.
Salah satu manfaat yang didapatkan oleh host guest blogging adalah mereka juga mendapatkan tambahan traffic. Manfaat seperti didapatkan dari hasil konten yang Anda tuliskan. Tapi performa konten yang berkualitas saja tidak akan cukup untuk website yang jadi host guest blogging mendapatkan traffic organic.
Tampilan dan performa website yang jadi host guest blogging secara keseluruhan juga memiliki peran atau dampak yang besar. Oleh sebab itu carilah website yang memang benar-benar berkualitas, memiliki tampilan yang sudah SEO friendly, tidak ada dead link atau “cacat” sama sekali, tapi kurang optimal di fitur blog.
Jangan lupa untuk mencari website dengan topik konten yang relevan. Hal ini semata-mata dilakukan agar memudahkan Anda dalam proses riset konten.
4. Berikan Penawaran Menarik
Keempat adalah dengan membuat penawaran yang menarik. Anda bisa saja melakukan cara keempat ini dengan menyertakan elemen multimedia tambahan di dalam konten artikel. Semisal video, ataupun desain ilustrasi atau infografis khusus.
5. Tuliskan Konten yang Berkualitas
Ketika tawaran Anda sudah diterima, maka mulailah melakukan riset konten, membuat outline konten yang menarik, dan jadikan itu satu konten utuh yang berkualitas.
6. Evaluasi Performa Artikel
Terakhir adalah dengan melakukan evaluasi performa artikel. Anda bisa melakukan evaluasi ini melalui beberapa metrik penting, seperti jumlah pengunjung yang datang pada konten tersebut, dwell time, maupun bounce rate yang dimiliki.
Agar lebih mudah gunakan tools SEO seperti SEMrush ataupun Ahrefs.
Inilah penjelasan lengkap tentang Apa itu Guest Blogging beserta dengan cara menjalankanya. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Optimasi Website atau malah ingin MinTiv menjadi guest blogger di konten website Anda, hubungi segera Creativism.id.
Baca Juga: Kenapa SEO Penting untuk Website?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Keduanya dapat Anda jalankan sekaligus melalui 1 strategi jitu. 1 strategi jitu tersebut adalah dengan menjalankan guest post. Apa itu guest post?. Sesuai dengan namanya, guest post adalah konten yang dibuat oleh blogger untuk kemudian di-publish pada blog atau website orang lain. Kita juga bisa mengenal guest post ini sebagai guest blogging. […]
[…] Apa itu Guest Blogging dan Mengapa Begitu Penting? […]