Apa itu Guest Post – Ketika menjalankan SEO marketing, maka pasti Anda akan menemukan banyak metode-metode penting yang mesti dijalankan. Salah satu metode penting dalam SEO marketing yang mesti Anda jalankan adalah Off Page SEO. Off Page SEO sendiri adalah teknik optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website alternatif atau mitra. Teknik ini biasanya dijalankan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan topical authority website utama.
Di dalam Off Page SEO sendiri, ada banyak teknik penerapan yang bisa Anda jalankan. Dimulai dari yang paling sederhana, yakni brand mention hingga backlink. Brand mention adalah referensi yang mengarahkan pengunjung pada website Anda. Mudahnya, konten di website alternatif tersebut memuat nama brand Anda. Sedangkan backlink, mirip dengan brand mention, hanya saja di nama brand terdapat hyperlink yang mengarahkan pengunjung ke website utama Anda.
Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas dan Gratis
Keduanya dapat Anda jalankan sekaligus melalui 1 strategi jitu. 1 strategi jitu tersebut adalah dengan menjalankan guest post. Apa itu guest post?. Sesuai dengan namanya, guest post adalah konten yang dibuat oleh blogger untuk kemudian di-publish pada blog atau website orang lain. Kita juga bisa mengenal guest post ini sebagai guest blogging.
Strategi seperti ini, banyak dijalankan oleh para pebisnis terutama yang memiliki website karena mampu memberikan mereka berjuta-juta manfaat.
Apa itu Guest Post dan Manfaatnya untuk Pebisnis?
Berikut ini adalah beberapa di antara berjuta-juta manfaat yang bisa Anda dapatkan dari guest post. Dimulai dari;
1. Memperluas Jaringan Target Audience.
Ya, manfaat yang pertama adalah jelas bahwa guest post dapat membantu Anda untuk memperluas jaringan target audience, terutama dari media yang bukan milik Anda. Strategi seperti ini banyak diterapkan oleh pebisnis modern. Terlebih lagi jika strategi ini dilakukan pada website yang memang memiliki niche yang sama.
Ini tentunya akan membantu pebisnis untuk bukan sekedar memperluas jangkauan audiencenya, tetapi juga memastikannya tetap tertarget. Anda bisa menjalankan strategi segmented marketing dengan guest post.
2. Mendapatkan Potensi Peningkatan Traffic, Terutama yang Berjenis Direct.
Manfaat yang kedua adalah guest post yang dapat membantu untuk memaksimalkan metrik traffic website. Terutama untuk metrik traffic berjenis direct. Meningkatnya metrik traffic website, tentu akan membantu Anda dalam upaya peningkatan visibilitas website di SERP (Search Engine Result Page).
3. Ajang untuk Promosi Bisnis.
Ini sudah pasti. Anda bahkan dapat memilih untuk menjalankan guest post pada media-media berita ternama yang memang memiliki jangkauan audience yang luas. Hanya saja memang, guest post untuk media-media tersebut mengharuskan Anda untuk merogoh kocek dalam-dalam.
4. Meningkatkan Metrik Domain dan Page Authority.
Seperti yang sudah MinTiv katakan di awal artikel ini. Guest post yang merupakan bagian dari Off Page SEO, akan membantu Anda untuk tingkatkan topical authority website. Topical authority sendiri adalah konsep di mana sebuah website memiliki otoritas tinggi pada suatu topik. Mudahnya, website tersebut sangat dipercaya pada topik tertentu, semisal website dokter yang memiliki kredibilitas tinggi pada topik kesehatan.
Meningkatnya topical authority tentu akan memberikan dampak positif pada meningkatnya domain dan page authority.
5. Cuan
Ya, strategi guest post yang dijalankan tidak serta merta hanya akan memberikan Anda manfaat positif, fokus pada perkembangan website saja. Guest post juga dapat dijalankan oleh pebisnis sebagai tambahan penghasilan atau cuan.
Baca Juga: 10 Cara Monetisasi Blog untuk Pemula
Ada banyak website yang memberikan fasilitas kepada guest blogger-nya untuk dapatkan cuan. Contohnya seperti;
- LiisBeth dengan bayaran $2.000 per posting.
- Income Diary dengan bayaran $500 per posting.
- Alaska Airline Magazine dengan bayaran $700 per posting.
- Gray’s Sporting Journal dengan bayaran $1250 per posting.
- PTO Today dengan bayaran $700 per posting.
- Dan lain-lain. Lihat lebih di sini.
Panduan Membuat Guest Post
Setelah mengetahui manfaat besar yang bisa diperoleh dari guest post ini. Anda pastinya penasaran tentang bagaimana cara membuat guest post yang menarik bukan?. Untuk bisa membuatnya, Anda memerlukan panduan yang sistematis. Beruntung, di dalam artikel ini, MinTiv akan memberikan beberapa panduannya, dimulai dari;
1. Temukan Blog yang Kredibel, Memiliki Tampilan SEO Friendly
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari terlebih dahulu blog atau website dengan fitur UGC (User Generated Content) yang kredibel. Kredibilitas ini dapat dilihat dari banyak aspek penting.
Dimulai dari tampilan website yang SEO friendly. Berisikan konten yang berkualitas dengan niche yang relevan, memiliki DA PA yang tinggi, dan search traffic yang cukup. Selain itu, pastikan bahwa Anda memilih website untuk kegiatan guest post yang rajin melakukan update.
Lalu, bagaimana cara mencari website yang tepat untuk kegiatan guest post ini?. Anda dapat melakukannya melalui teknik pencarian Google Dork. Google Dork sendiri adalah teknik pencarian informasi yang menggunakan operator tingkat lanjut. Contohnya seperti di bawah ini;
Anda bisa menggunakan notasi pencarian seperti;
- “kata kunci” + “guest post“.
- “kata kunci” + “write for us“.
- “kata kunci” + “guest blogging guidelines“.
- “kata kunci” + “submit guest post“.
Untuk penelusuran lebih lanjut, Anda bisa saja menggunakan bantuan dari tools SEO premium demi dapat mengecek kredibilitas dan performa website yang ingin dituju. Anda bisa menggunakan tools SEO seperti Ahrefs, SEMrush, Ubersuggest, dan lain-lain.
2. Pahami Aturan Guest Post-nya
Panduan kedua adalah dengan memahami aturan guest post yang dimiliki oleh website penyedia. Setiap website yang memiliki fitur UGC pastinya memiliki aturan penulisan kontennya masing-masing. Sebisa mungkin untuk Anda bisa memahami dan mentaati peraturan yang ada. Konten yang dikirimkan dan sudah memenuhi kriteria standar yang mereka terapkan, tentunya akan lebih cepat diterima dan kemudian dipublish.
3. Buat Konten Guest Post
Langkah selanjutnya adalah mulai proses pembuatan guest post. Pastikan Anda tidak melewatkan bagian-bagian penting yang memang menjadi persyaratan khusus dari website penyedia. Selain itu, gunakan outline konten yang benar-benar sesuai dengan topik yang ingin Anda angkat. Agar lebih mudah, Anda bisa saja mengikuti panduan cara membuat konten website berkualitas, melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Membuat Konten Website yang Berkualitas
4. Jangan Lupa untuk Perkenalkan Anda
Setiap website yang menyediakan fitur UGC, biasanya memiliki halaman profil untuk kontributornya tersendiri. Di halaman profil tersebut, Anda bisa memaksimalkannya dengan melakukan teknik brand mention. Beberapa halaman profil kontributor di website UGC bahkan memungkinkan Anda untuk menanamkan backlink. Sebisa mungkin untuk memberikan keterangan atau bio profil kontributor yang benar-benar menarik.
5. Berikan External Link ke Website Anda
Untuk panduan yang terakhir ini, tidak semua website UGC memberikan akses tanam link seenaknya. Untuk itu, Anda perlu hati-hati, dan pastikan bahwa website yang Anda pilih untuk guest post, benar-benar aman untuk kegiatan backlink (external link ke web utama Anda).
5 Rekomendasi Website untuk Guest Post
Di manakah Anda bisa menerapkan guest post ini?. Di internet, ada banyak website yang memungkinkan Anda untuk jalankan teknik guest post. 5 di antaranya adalah;
1. Kompasiana.com
Berada di urutan pertama, ada Kompasiana.com. Ini adalah platform blog yang dikembangkan langsung oleh PT. Kompas Cyber Media, dan telah ada sejak 22 Oktober 2008. Platform blog ini dapat Anda gunakan bersama dengan jutaan kontributor lainnya. Di dalamnya, Anda akan menemukan banyak hasil kreasi konten terbaik dari penulis lepas. Untuk bisa menulis di Kompasiana ini tergolong mudah.
Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftar dan kemudian membuat konten yang sesuai ketentuan Kompasiana.com. Kelebihan daripada Kompasiana ini adalah Anda yang bisa menanamkan backlink secara gratis, meskipun memang nilai backlink tersebut adalah NoFollow.
2. Medium.com
Rekomendasi kedua adalah Medium.com. Ini adalah platform blog yang diciptakan oleh Evan Williams, mantan daripada CEO Twitter (sekarang X). Fakta lainnya, Evan Williams adalah co-founder dari platform blogging ternama di dunia, yakni Blogger. Sama seperti Kompasiana, Medium.com memungkinkan penggunanya untuk bisa membuat konten artikelnya sendiri.
Kelebihan dari Medium selain memungkinkan penggunanya untuk tanamkan backlink, adalah tampilan kontennya yang enak dipandang. Ya, Medium terkenal sebagai platform blog dengan tampilan yang clean.
3. Kumparan.com
Rekomendasi berikutnya ada Kumparan.com. Dapat dikatakan bahwa Kumparan ini mirip-mirip dengan Kompasiana, karena memang sama-sama dikelola oleh perusahaan media ternama. Konten yang tampil di Kumparan cenderung lebih enak untuk dilihat ketimbang Kompasiana. Sayangnya, proses pengecekkan konten yang dilakukan oleh tim Kumparan cenderung lebih sulit ketimbang Kompasiana.
Kumparan juga tidak sembarangan bisa menerima konten dengan link yang ditanamkan begitu saja.
4. Bisnismuda.id
Berikutnya ada Bisnimuda.id. Dibandingkan dengan 3 rekomendasi sebelumnya, nama Bisnismuda.id memang sedikit kalah tenar. Tetapi, perlu diketahui bahwa platform blog UGC ini memiliki sistem pengelolaan konten yang baik. Hal ini wajar saja, dikarenakan website ini berada di bawah komando bisnis, Bisnis Indonesia Group. Sama seperti Kumparan, Anda tidak bisa sembarangan memberikan konten dengan link yang ditanamkan begitu saja.
5. Indonesiana.id
Rekomendasi yang terakhir ada Indonesiana.id. Ini adalah platform blog UGC yang dikelola langsung oleh perusahaan media ternama, Tempo.co. Di dalamnya terdapat banyak konten berkualitas dengan proses validasi yang sangat ketat. Konten-konten yang dikreasikan di sini, umumnya memiliki nilai jurnalistik yang tinggi. Tidak mudah memang, tetapi jika tulisan Anda berhasil lolos, maka itu jelas akan menambah nilai topical authority yang ada.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu guest post. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik lengkap dengan layanan backlink berkualitasnya, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Manakah yang Lebih Baik, Konten Panjang atau Konten Pendek?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
Terima kasih infonya. Tentunya guest post memberikan manfaat baik bagi blogger untuk branding dirinya dan pebisnis untuk memperluas segmentasi
Terima kasih telah berkunjung blog Creativism.id.
Memang benar, guest post bisa membantu blogger untuk memperluas cakupan brandingnya
Eh Kompasiana tuh bisa ngasih exlink juga ya? Aku belum pernah nyoba sih, khawatir nggak lolos kurasi editor haha.. Sekali-kali bisa lah dicoba. Akun ku udah lama banget vakum disana, lebih banyak ngisi blog pribadi hehe
Terima kasih telah berkunjung ke blog Creativism.id.
Benar, di Kompasiana, kita bisa meletakkan exlink, tetapi pemakaiannya jangan sampai seperti spam.
Terima kasih informasinya. Adanya guest post bisa neningkatkan jaringan bagi pebisnis selain itu bisa meningkatkan trafic, DA dan Pa juga ya.
Terima kasih telah berkunjung ke blog Creativism.id.
Benar sekali, itu sebabnya guest post sangat penting dilakukan.