Apa itu SWOT Bisnis – SWOT mungkin menjadi salah satu dari sekian banyak istilah yang sering MinTiv sebutkan di dalam blog Creativism.id. Sebagian besar dari pembaca mungkin akan bertanya-tanya tentang apa yang sebenarnya dimaksud dengan SWOT.
SWOT sendiri adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan juga Threats. Keempat bagian inilah yang harus diteliti oleh pebisnis sebelum memulai bisnis mereka.
Apabila keempat bagian ini telah dipelajari dengan seksama, bukan tidak mungkin bahwa bisnis yang sedang dijalankan akan menjadi sukses.
Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari bisnis yang dijalankan. Ketika Anda mengetahui kekuatan dari bisnis Anda, maka Anda akan dengan mudah memaksimalkan potensi-potensi yang ada. Ketika Anda mengetahui kelemahan bisnis Anda, maka Anda akan dengan mudah memperbaikinya. Begitu seterus terkait poin peluang dan juga ancaman.
4 faktor ini saling berhubungan dan memiliki ikatan yang kuat dengan visi misi perusahaan.
Apa itu SWOT?
SWOT adalah metode analisa bisnis yang diciptakan oleh pakar bisnis Albert S. Humphrey. Uniknya beliau bukanlah seseorang yang secara langsung memiliki latar belakang bisnis. Hal ini dapat dilihat pada laman Wikipedia, bahwa beliau sebenarnya adalah lulusan Teknik Kimia dari University of Illinois, Magister di bidang yang sama pada Universitas Harvard.
Menurut beliau, SWOT adalah teknik atau metode perencanaan strategi yang bertujuan untuk evaluasi 4 poin bisnis, yakni Strength, Weakness, Opportunity, dan juga Threats.
Strength
Strength pada analisis SWOT ini berfokus pada kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan dan bisa memberikan pengaruh yang positif. Metode ini akan mendekatkan Anda pada metode lain di dalam proses bisnis yakni Unique Selling Point.
Weakness
Berfokus pada analisis kelemahan bisnis yang dimiliki. Apabila kelemahan sudah ditemukan, maka Anda sebagai penggerak bisnis bisa mempelajari apa yang seharusnya diperbaiki dari kekurangan tersebut.
Opportunity
Opportunity bagian yang menentukan niche bisnis dari sebuah perusahaan. Apakah mereka ingin mengambil sebuah peluang yang ada atau tidak. Tentunya pebisnis harus dapat melakukan analisa mendalam tentang prospek peluang yang ada di kemudian hari.
Threats
Threats berfokus pada semua hal yang bisa mengancam keberlangsungan bisnis, dan dapat menghambat proses bisnis yang ada. Seperti kompetitor, ketersediaan sumber daya, dan juga peristiwa bencana alam.
Analisa ini kemudian dapat digunakan untuk menggambarkan situasi yang dihadapi oleh sebuah perusahaan. Ya, SWOT memiliki manfaat yang begitu besar bagi kelangsungan sebuah perusahaan di dalam bisnis. SWOT dapat menjadi poin penting dalam penentuan prioritas proses bisnis. Yang mana harus didahulukan dan yang mana tidak menguntungkan sama sekali.
Analisis SWOT dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian besar, yakni faktor internal yakni Strength dan Weakness, dan juga faktor eksternal yakni Opportunity dan Threat. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda;
Faktor-Faktor SWOT Bisnis
Faktor Internal
Adapun internal dari SWOT meliputi;
- Pengalaman perusahaan dalam menghadapi masalah, berhasil maupun gagal.
- Kekuatan finansial perusahaan.
- Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.
- Kekuatan dan kelemahan dari perusahaan.
Faktor Eksternal
- Lingkungan.
- Peraturan pemerintah.
- Tren.
- Budaya, ideologi, sosial politik, perekonomian.
- Peristiwa yang sedang terjadi atau bencana alam.
- Modal dan perkembangan teknologi.
Cara Melakukan Analisa SWOT
Melakukan analisis SWOT pada bisnis sendiri bukanlah perkara yang rumit. Terlebih jika Anda sudah mendapatkan formula yang tepat untuk memperkirakan SWOT bisnis Anda. Berikut ini adalah formula dari MinTiv untuk mempermudah Anda lakukan analisa SWOT;
Strength
- Apa kelebihan yang dimiliki oleh bisnis Anda?
- Apakah kelebihan tersebut dapat menjadikan bisnis Anda lebih baik dari bisnis pesaing?
- Apa yang menyebabkan bisnis Anda dapat memperoleh penjualan?
- Kelebihan apa yang dirasakan oleh konsumen bisnis Anda dibanding dari bisnis pesaing?
- Hal unik apa yang Anda tawarkan?
Weakness
- Apa kelemahan dari bisnis Anda yang harus Anda perbaiki?
- Apa kelemahan yang harus Anda hindari?
- Kelemahan apakah yang dirasakan oleh konsumen bisnis Anda?
- Faktor-faktor apa saja yang dapat menghilangkan minat beli dari audiens Anda?
Opportunity
- Peluang apa yang Anda lihat untuk bisnis Anda?
- Apakah ada tren yang sedang berlangsung dan cocok dengan niche bisnis Anda?
Threats
- Perkembangan apa yang potensial menjadi ancaman bisnis Anda?
- Hambatan apa yang sedang Anda alami di dalam proses bisnis?
- Apa saja yang telah dilakukan oleh pesaing bisnis Anda?
- Apakah ada perubahan kebijakan ekonomi dari Pemerintah yang berpengaruh pada bisnis Anda?
Contoh Analisis SWOT Sederhana
Untuk dapat paham apa itu SWOT bisnis secara mendalam memang diperlukan sebuah studi kasus tersendiri. Anda bisa saja memulai analisa SWOT sendiri pada bisnis yang sedang dijalankan menggunakan formula yang ada di atas. MinTiv akan memberikan contoh analisis SWOT sederhana, semisal Anda memiliki bisnis jual beli laptop bekas tersendiri. Diharapkan dengan contoh ini Anda dapat mengaplikasikannya pada bisnis Anda dengan mudah.
Contoh Analisis SWOT pada Bisnis Fotografi
a. Strengths
- Anda memiliki sertifikat yang mendukung kepercayaan konsumen pada Anda.
- Laptop yang Anda jual kebanyakan masih dalam keadaan yang bagus dengan spek yang lumayan.
b. Weakness
- Anda belum memiliki gudang penyimpanan laptop yang layak.
- Gudang penyimpanan laptop yang bermasalah menjadikan umur masa pakai laptop ikut tergerus.
c. Opportunities
- Anda melakukan pemasaran pada banyak media digital seperti E-Commerce ataupun Website.
- Program Hari Belanja Online Nasional dan hari-hari besar lainnya dapat dimanfaatkan untuk strategi diskon menggunakan konsep FOMO Marketing.
d. Threats
- Pesaing Anda memiliki banyak persediaan laptop bekas yang tergolong baru dengan rata-rata spek yang lebih tinggi dari laptop-laptop bekas yang Anda miliki.
- Harga yang dipatok oleh pesaing Anda jauh lebih murah dari yang sudah Anda terapkan dalam bisnis Anda.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu SWOT dalam bisnis disertai dengan manfaat, contoh dan juga cara membuat SWOT dengan mudah. Anda dapat membaca artikel bisnis menarik lainnya di Creativism.id. Agency Digital Marketing yang akan membantu bisnis Anda. Team Creativism mempunyai keahlian dalam bidangnya masing masing yang siap membantu membuat bisnis Anda lebih berkembang.
Baca Juga: Jasa Konten Instagram Rekomendasi Pebisnis Hebat
Apabila Anda berminat untuk melakukan kerjasama bisnis bersama dengan Creativism.id, Anda dapat menghubungi nomor 6281 22222 7920. Creativism memiliki berbagai macam metode untuk mengembangkan bisnis Anda. Mulai dari yang bersifat murni Content Marketing seperti Instagram Marketing hingga yang menggunakan strategi PPC (Pay per Click) seperti Facebook Ads.
Baca Juga: Jasa Pasang Iklan Facebook Terbaik, Harga Terjangkau
Semoga informasi ini dapat bermanfaat.
[…] banyak metode yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah SWOT, Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat. Anda juga bisa menjalankan strategi flanking […]
[…] Baca Juga: Cara Melakukan Analisis SWOT […]
[…] Baca Juga: Cara Melakukan SWOT Bisnis […]