Cara Melakukan Analisis Konten – Salah satu jenis marketing channel yang banyak dipilih oleh pebisnis adalah Content Marketing.
Hal ini wajar mengingat Content Marketing adalah strategi marketing yang dapat diterapkan di berbagai platform. Tentu saja bentuk kontennya menyesuaikan platform yang dipilih.
Jika platform yang dipilih adalah website, maka content marketing yang dijalankan umumnya akan berbentuk artikel. Jika platform yang dipilih adalah media sosial layaknya Facebook, Instagram, dan juga TikTok. Maka content marketing yang dijalankan bisa lebih beragam. Mulai dari video, gambar, motion graphics dan lain-lain.
Untuk bisa menjalankan content marketing dengan baik, Anda perlu memahami 2 bagian penting di dalamnya. 2 bagian penting tersebut adalah proses pembuatan konten yang berkualitas dan juga distribusi konten tepat sasaran.
Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat mengetahui bahwa 2 bagian tersebut di content marketing yang telah dilakukan berjalan dengan baik?. Jawabannya adalah dengan melakukan analisis konten.
Baca Juga: 7 Cara Membuat Winning Content Marketing
Bagaimana cara melakukan analisis konten tersebut?. MinTiv akan menjelaskannya secara lengkap kepada Anda di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Analisis Konten
Sebelum lanjut ke bahasan inti, MinTiv ingin membawa kamu terlebih dahulu pada pemahaman apa sih analisis konten itu. Analisis konten adalah metode kuantitatif dan juga kualitatif yang memberikan Anda hasil evaluasi konten yang lebih objektif.
Analisis konten ini akan berikan data perbandingan yang lebih akurat ketimbang menggunakan teknik review. Adapun analisis konten biasanya bergantung pada satu jenis elemen multimedia, yakni teks. Kita dapat melihat performa elemen multimedia ini pada;
- Majalah dan buku
- Pidato (teks lisan)
- Gambar atau desain (teks ikonik)
- Video, film, animasi (teks audio-visual)
- dan terakhir pada media online seperti website (hypertext).
Jenis Analisis Konten
Berikutnya yang harus Anda pahami adalah jenis-jenis daripada analisis konten itu sendiri. Adapun analisis konten dapat dibagi menjadi 6 bagian, yakni;
1. Analisis Konten Kuantitatif
Analisis ini berfokus pada proses perhitungan dan pengukuran kemunculan frasa atau keyword yang ditarget, maupun konsep yang dikembangkan.
Semisal jika Anda menjalankan strategi SEO marketing dengan target keyword Jasa Konstruksi Bangunan, maka Anda bisa menghitung seberapa banyak konten dengan keyword tersebut muncul dan itu menjadi fokus utama.
2. Analisis Konten Kualitatif
Analisis ini bertujuan untuk mencari hubungan antar keyword yang menjadi target. Menggunakan contoh sebelumnya, maka seseorang yang mengetikkan kata kunci Jasa Konstruksi Bangunan juga akan mencari kata kunci lain yang sejenis, semisal Jasa Arsitek Bangunan, atau Jasa Bangun Rumah, dan lain-lain.
Di dalam SEO sendiri, teknik analisis ini disebut dengan semantic SEO.
3. Analisis Konseptual
Sama seperti analisis kuantitatif, hanya saja objek yang diteliti lebih luas dan tidak terikat pada keyword tertentu. Bisa dikatakan analisis ini punya kemiripan dengan metode analisis kualitatif.
4. Analisis Relasional
Berikutnya adalah analisis relasional. Dimulai dengan mengidentifikasi ide-ide yang ada di dalam teks content marketing. Fokus untuk mencari kekuatan hubungan antara teks yang ada, apakah bisa mendekatkan kampanye kepada tujuannya atau tidak.
Cara Melakukan Analisis Konten
1. Pertanyaan Seputar Analisis Konten
Didapatkan dari keterangan yang diberikan oleh Klaus Krippendorff, seorang yang terkenal di bidang komunikasi dan juga social science methodology. Diungkapkan bahwa seharusnya ada 6 pertanyaan yang dilibatkan di dalam analisis konten. 6 pertanyaan tersebut adalah;
- Data mana yang ingin dianalisis?
- Bagaimana data tersebut didefinisikan?
- Dari klasifikasi atau populasi apa data tersebut diambil?
- Apa konteks konten yang relevan?
- Apa saja batasan analisis konten Anda?
- Apa saja yang diukur?
2. Tentukan Tujuan dan Metrik Kinerja Konten
Langkah kedua adalah dengan menentukan tujuan dan metrik yang digunakan untuk mengukur performa konten. Ada banyak metrik yang bisa digunakan sebagai bahan ukur. Hal itu bergantung pada jenis marketing channel yang Anda pilih.
Jika memilih web marketing, maka umumnya metrik yang digunakan adalah jumlah traffic atau page views. Metrik lain yang bisa digunakan untuk keperluan web marketing adalah tingkat konversi, waktu rata-rata pengunjung di website, dan jenis interaksi yang dilakukan.
3. Analisis Audiens Target
Ketiga adalah dengan memahami audiens yang bakal menjadi target kampanye Anda. Lakukan identifikasi pasar secara mendalam terlebih dahulu. Pahami apa yang mereka butuhkan beserta dengan keinginannya.
Baca Juga: Cara Melakukan Segmentasi Demografis
Gunakan data demografis yang sesuai dengan niche bisnis Anda. Memahami audiens demografis niche bisnis Anda, akan membantu proses pembuatan konten lebih relevan dan tepat sasaran. Hal ini akan berdampak pada naiknya level engagements yang didapatkan
4. Evaluasi Kualitas Konten
Di nomor 4 adalah dengan melakukan evaluasi kualitas konten. Evaluasi ini bisa Anda lakukan setelah proses content marketing selesai. Anda bisa melakukan evaluasi ini berdasarkan banyak kriteria. Beberapa kriteria yang bisa digunakan adalah orisinalitas, kejelasan dan juga keberlanjutan konten.
Agar lebih muda, Anda bisa menggunakan bantuan dari tools analisis seperti Google Analytics atau sejenisnya. Hasil evaluasi ini bisa Anda jadikan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam strategi A/B Testing.
5. Mengambil Tindakan yang Tepat
Yang terakhir adalah memutuskan untuk segera mengambil tindakan yang tepat. Gunakan data-data yang ada dari hasil analisis sebelumnya. Pastikan bahwa keputusan Anda tersebut mengarahkan bisnis pada prospek yang lebih cerah.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara melakukan analisis konten dengan mudah. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Desain Konten Marketing Terbaik, hubungi saja Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.