Cara Merancang Formula Bisnis – Untuk dapat menjalankan bisnis, maka Anda butuh formula yang tepat. Formula ini, nantinya bermanfaat untuk semakin mengembangkan ide-ide cemerlang Anda menjadi sebuah aksi nyata. Ya, kita tahu bahwa setiap orang memiliki ide yang cemerlang, memang tidak semua, tetapi poin penting dari ide cemerlang adalah kapan dan sudahkah dimulai?.
Perlu disimak juga, bahwa kebanyakan pebisnis memulai karir mereka di dunia bisnis karena satu kata, yakni passion. Passion tidak hanya menggambarkan rasa cinta. tapi juga rasa sakit. Apabila Anda sudah menyatakan sesuatu sebagai passion Anda, maka harus siap untuk mencintainya meskipun ada rasa sakit di dalamnya. Di dalam bisnis ada banyak rasa sakit yang Anda alami.
Mulai dari terbentur masalah modal, sistem kerja yang belum memadai, strategi marketing yang tidak meningkatkan konversi, dan yang paling parah, bangkrut. Menyatakan bisnis tertentu sebagai passion, tidak cukup. Anda butuh formula yang tepat. Lalu apa saja formula tersebut?.
Berikut MinTiv akan memberikan penjelasan terperinci tentang cara merancang formula bisnis yang tepat.
Cara Merancang Formula Bisnis yang Tepat
1. Bangun Mulai dari Kepercayaan
Yang pertama adalah memulai bisnis dengan rasa kepercayaan. Ya, dengan rasa percaya diri, maka Anda dapat memulai bisnis. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri, Anda bisa datang ke seminar-seminar bisnis untuk mendapatkan motivasi sekaligus langkah awal yang harus dilakukan dalam bisnis. Tidak mudah memang untuk membangun rasa kepercayaan ini.
Tapi apabila rasa kepercayaan Anda telah terbentuk, maka Anda tentunya akan lebih pede lagi melakukan berbagai taktik marketing untuk memulai bisnis. Selain mendatangi seminar-seminar bisnis, Anda juga bisa membaca buku-buku di bawah ini, untuk menambahkan rasa kepercayaan diri Anda.
- Think and Grow Rich – Napoleon Hill
- Rich Dad, Poor Dad – Robert Kiyosaki
- Start with Why: Simon Sinek
- Zero to One – Peter Thiel
- Don’t Make Me Think – Steve Krug
- Business Adventures – John Brooks
dan lain-lain.
2. Mulai dengan Aksi Kecil
Kedua, setelah motivasi terbentuk, maka mulailah bisnis dengan aksi-aksi kecil. Jangan berfokus untuk langsung memulai sesuatu dari hal yang besar. Lakukan hal-hal yang kecil, yang hal-hal tersebut dapat menuntun Anda menuju bisnis yang sehat finansialnya secara perlahan. Konsisten dan peningkatan kualitas akan berjalan seiring dengan Anda yang melakukan aksi nyata meski kecil.
Jika Anda sudah membaca buku Atomic Habits – James Clear, pastinya Anda akan mengerti betapa pentingnya sebuah aksi meskipun itu hanya 1% tetapi dilakukan berulang-ulang.
3. Bangun Response dan Adaptif
Bisnis dan kehidupan adalah dua hal yang sebenarnya berbeda, namun memiliki prinsip yang sama. Prinsip tersebut adalah;
Life is 10% what happens to you, and 90% how you respond to what happens to you
Ya, tidak bisa dipungkiri memang, bahwa setiap bisnis terlebih yang berada di ranah red ocean, harus selalu mampu memanfaatkan keadaan guna menguntungkan bisnis. Tentunya dengan cara-cara yang etis dan profesional. Jika bisnis Anda tidak mampu merespon dan adaptif pada permintaan pasar, maka yang terjadi bisnis Anda akan mengalami kebangkrutan.
Kita dapat melihatnya pada salah satu kisah perusahaan teknologi smartphone dunia di masa lalu, yakni Nokia.
4. Cermat Menentukan Harga
Yang keempat adalah cermat menentukan harga. Anda harus memaksimalkan harga pada produk atau jasa Anda. Anda harus dapat membaca buyer persona dan daya beli konsumen Anda. Pastikan bahwa harga yang dipatok mampu memotivasi konsumen untuk membeli. Di dalam pemberian harga pun terdapat teknik khusus.
Seperti teknik penulisan harga Rp. 6.789. Angka ini berfungsi untuk memberikan kesan yang lebih murah ketimbang membeli produk sejenis seharga Rp.7.000. Ada yang menuliskan harga dengan teknik angka di depannya lebih besar ketimbang angka-angka dibelakangnya.
Penerapan harga seperti ini, tentunya akan membantu Anda untuk lebih mudah memahami Unique Selling Point.
5. Melihat Persaingan
Kelima adalah dengan mengenali persaingan bisnis Anda. Anda dapat menggunakan mode analisis SWOT pada pesaing Anda. Lakukan klasifikasi dengan melihat siapa yang menjadi pesaing terdekat dan siapa yang menjadi pesaing terjauh.
Baca Juga: 7 Cara Analisis Bisnis Pesaing dengan Mudah
Jangan lupa memahami dengan baik produk Anda terlebih dahulu. Pengetahuan seperti ini, sangat penting untuk bisnis Anda dapat mengungguli pesaing. Adapun pengetahuan seperti ini di dalam bisnis sering disebut dengan product knowledge.
6. Membuat Rencana Terperinci Garis Besar Bisnis
Keenam adalah dengan membuat rencana terperinci terhadap garis besar bisnis. Mulai dengan menetapkan tujuan yang dicapai perbulannya, langkah-langkah yang harus terselesaikan, dan juga menentukan waktu yang digunakan untuk evaluasi kinerja.
7. Membangun Kemitraan
Ketujuh adalah dengan membangun kemitraan. Untuk langkah ini, Anda bisa menggunakan jasa dari agen digital marketing terpercaya Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Anda bisa menghubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
Berikutnya, namun bukan yang terakhir adalah dengan berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Tentunya kita harus menyadari bahwa segala kesuksesan berasal dariNya.
[…] Baca Juga: Cara Mendapatkan Formula Bisnis yang Tepat […]
[…] Baca Juga: 7 Cara Terbaik untuk Merancang Formula Bisnis […]