Cara Optimasi Google My Business – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama search engine melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Ilmu ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan visibilitas website bisnis dengan mudah. Plus website bisa mendapatkan metrik traffic-nya meningkat dengan drastis.
Ilmu ini banyak diterapkan sebagai bagian dari strategi marketing bisnis. Demi bisa menjalankan dan mendapatkan manfaat besar dari SEO, pebisnis diharuskan untuk memahami berbagai metode SEO penting. Salah satunya adalah metode Local SEO.
Local SEO adalah teknik optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Terutama yang berada dekat pada lokasi fisik bisnis. Teknik ini memiliki banyak prospek data yang berpotensi besar menguntungkan pebisnis.
Search Engine Journal mengatakan bahwa 50% pengguna Google melakukan pencarian lokal untuk mencari alamat bisnis terdekat. Lebih jauh lagi, sekitar 78% pencarian lokal berakhir pada konversi, baik itu melalui transaksi online ataupun pengunjung datang langsung ke toko Anda.
Baca Juga: Apa itu Gray Hat SEO dan Dampaknya untuk Website?
Lalu bagaimana cara kita dapat menjalankan Local SEO ini?. Salah satu caranya adalah dengan melakukan optimasi pada Google My Business. Bagaimana cara melakukan optimasi Google My Business?.
Simak baik-baik artikel ini untuk bisa mendapatkan jawabannya!.
9 Cara Optimasi Google My Business
1. Memastikan Informasi NAP yang Diberikan Akurat
Cara yang pertama adalah dengan memastikan setiap informasi yang diberikan pada Google My Business benar-benar akurat. Sesuai dengan informasi bisnis yang sebenarnya. Ingat untuk dapat menuliskan informasi bisnis pada Google My Business, Anda perlu memahami NAP Citations.
Sebuah kutipan singkat mengenai bisnis Anda dengan format yang mudah dimengerti. Adapun format sederhana tersebut adalah Nama, Alamat, Nomor Telepon, atau dalam bahasa inggris Name, Address dan Phone Number.
Penggunaan NAP Citations ini bertujuan untuk meningkatkan domain authority Anda. Berikut ini adalah contoh penulisan NAP Citations yang benar.
Creativism
Jl. Perumahan Kenari Asri No.C7b,
Losari, Sukoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
0812-2222-7920
2. Menuliskan Deskripsi Bisnis Sedetail Mungkin
Deskripsi bisnis adalah bagian penting yang akan dilihat pertama kali oleh audience Anda. Oleh sebab itu pastikan deskripsi yang dituliskan tersebut mudah dipahami dan pastinya menarik. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan poin-poin di bawah ini untuk dimuat dalam deskripsi bisnis, dimulai dari;
- Produk atau jasa yang Anda tawarkan.
- Apa keunikan Anda.
- Siapakah Anda, dan lain-lain yang berkaitan dengan detail bisnis.
3. Memilih Kategori dan Subkategori Bisnis yang Tepat
Ketiga adalah dengan memilih kategori dan subkategori bisnis yang tepat. Kategori utama bisnis akan terlihat di cantuman bisnis, sedangkan subkategori bisnis pilihan akan terlihat pada kueri lokal yang relevan dengan cantuman Anda.
Anda dapat menentukan kategori dan subkategori bisnis yang tepat secara manual dengan melihat pesaing bisnis. Caranya sangat mudah, dimulai dari melakukan;
- Pencarian lokal menggunakan target keyword bisnis Anda di Google Maps.
- Setelah itu pilih salah satu pesaing Anda, klik kanan lalu pilih Lihat Sumber.
- Lihat di kategori utamanya, dan kemudian dapatkan subkategori bisnisnya tepat di sampingnya.
- Catat dan lakukan teknik ATM.
4. Upload Foto Bisnis Terbaik
Selanjutnya adalah dengan mengupload foto bisnis terbaik. Adanya foto bisnis pada laman Google My Business Anda, tentunya memberikan pesan kepada audience bahwa bisnis Anda masih aktif dan benar-benar ada.
Foto bisnis yang diupload haruslah benar-benar berkualitas dan itu pastinya memiliki resolusi pixel yang tinggi. Jangan hanya fokus untuk upload foto produk atau fitur jasa saja.
Pastikan foto-foto seperti kegiatan bisnis bersama klien di kantor, baik itu proses transaksi akhir atau bahkan saat pitching, foto interior & eksterior kantor, juga ikut diupload. Berikan setiap foto yang diupload keterangan yang relevan dan lengkap.
5. Memantau Google Reviews
Cara optimasi Google My Business berikutnya adalah dengan memantau Google Reviews. Google Reviews adalah salah satu alasan kuat mengapa bisnis Anda mudah dipercaya oleh target audience.
Ya, apalagi jika Google Reviews tersebut telah diisi oleh banyak audience dan mendapatkan ratings yang tinggi, yakni berada pada nilai 4-5.
Survei dari BrightLocal menjelaskan bahwa 87% pelanggan membaca ulasan di Google Reviews terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi dengan pebisnis lokal. Hanya 48% dari mereka yang bekerjasama dengan bisnis yang punya nilai Rating Google Reviews di bawah 4. Meskipun sulit, Anda tetap harus memikirkan cara terbaik untuk bisa mendapatkan ratings tinggi di Google Reviews.
Anda harus fokus untuk meningkatkan kualitas layanan produk atau jasa yang dimiliki. Plus permudah dan motivasi audience untuk mau memberikan reviews di laman Google Reviews.
6. Manfaatkan Google Post
Berikutnya adalah dengan memanfaatkan Google Post. Google Post adalah salah satu cabang layanan dari Google My Business yang memungkinkan penggunanya untuk upload postingan terbaru berkaitan dengan bisnis.
Adapun jenis Google Post yang tersedia untuk bisnis lokal adalah
- Apa yang Baru
- Acara
- Penawaran
- Produk
- Pembaruan Jam
- Dan lain-lain.
7. Memanfaatkan Q&A Google
Ya, memanfaatkan Q&A Google, akan membantu Anda untuk menyingkat proses persuasif dengan calon pelanggan. Di mana calon pelanggan tidak lagi harus bertanya hal-hal yang sama berulang-ulang dari pertanyaan calon-calon pelanggan sebelumnya.
Jadi pastikan benar-benar bahwa Q&A ini diisi oleh pertanyaan yang sering ditujukan terkait bisnis Anda.
8. Menyiapkan Sistem Pemesanan
Cara berikutnya adalah dengan menyiapkan sistem pemesanan yang mudah diaplikasikan oleh calon pelanggan. Hal ini penting dilakukan karena salah satu tanda bisnis yang baik adalah mampu mengurangi customer effort.
Mereka tidak lagi harus mengunjungi website Anda untuk bisa mengambil tindakan (ingin bekerjasama) dengan Anda. Anda bisa menyematkan tombol Call atau tombol Janji Temu.
Tidak heran jika kebanyakan bisnis lokal yang ditemui pada Google Maps tidak memiliki website bisnis. Tetapi bukan berarti memiliki website bisnis tidak berpengaruh pada perkembangan bisnis terutama pada peringkat Google My Business.
9. Klaim Nama Pendek
Jumlah karakter nama yang bisa dimasukan oleh pengguna adalah 5-32 karakter. Carilah nama pendek untuk profil bisnis Anda dan klaim segera. Untuk bisa melakukannya, cukup masuk ke akun Google, klik Info dan tambahkan nama pendek bisnis Anda di tanda @.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara optimasi Google My Business. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik lengkap dengan layanan Local SEO-nya, hubungi segera Creativism.
Baca Juga: Perbedaan Target Market dan Target Audience
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] difokuskan pada pencarian lokal. Teknik ini sendiri akrab diterapkan bersamaan dengan proses optimasi Google My Business. Salah satu contoh penerapan strategi SEO adalah dengan menggunakan keyword […]