Cara Optimasi Heading Tag – Apa itu heading tag?.
Heading tag adalah salah satu elemen dari HTML (Hypertext Markup Language) yang digunakan untuk membangun struktur konten jadi lebih rapi. Selain menjadikan konten lebih rapi, penggunaan heading tag dapat memudahkan pengunjung website untuk memahami konten Anda.
Pemahaman yang baik dari pengunjung website tentunya akan memudahkan strategi marketing Anda, terutama dalam proses transfer brand knowledge. Heading tag sendiri terdiri dari 6 bagian, yakni;
Dari sini, Anda pasti sudah paham betapa besarnya manfaat heading tag ini untuk konten SEO.
Baca Juga: Cara Meningkatkan Referral Traffic Website
Lalu, bagaimana cara tepat untuk mengoptimalkan penggunaan heading tag ini di dalam konten SEO?. Nah, berikut ini MinTiv akan memberikan 7 tips jitu cara optimasi heading tag, penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
7 Cara Optimasi Heading Tag
1. Penggunaan Heading Tag Tepat Sasaran
Yang pertama adalah dengan memastikan bahwa penggunaan heading tag di dalam konten Anda sudah tepat sasaran. Bagaimana contohnya?.
Contohnya seperti ini, heading tag 1 atau heading 1 hanya akan efektif digunakan sebagai judul konten utama Anda. Otomatis penggunaannya di dalam konten Anda hanya akan berjumlah 1. Menggunakan heading 1 lebih dari 1 kali akan mengganggu User Experience pengunjung.
Terutama soal fokus mereka dalam membaca konten yang ada.
Lalu untuk heading 2, akan efektif digunakan sebagai sub topik dari judul Anda. Semisal judul konten Anda adalah Cara Mengatasi Jerawat Batu, dan hadir sebagai sub topiknya adalah “Penyebab Jerawat Batu Muncul”.
Selanjutnya untuk heading 3, efektif digunakan untuk jadi sub-sub topik. Menggunakan contoh sebelumnya, maka Anda bisa membuat heading 3 untuk sub-sub topik, “Faktor Riwayat Keluarga”. Di dalam sub-sub topik itu, Anda bisa menjelaskan tentang penyebab jerawat batu yang berasal dari faktor riwayat keluarga secara terperinci.
2. Memasukan Keyword dalam Heading Tag
Kedua adalah dengan memasukan keyword yang ditargetkan ke dalam heading tag.
Jika Anda menggunakan WordPress plus plugin Yoast SEO, Anda pastinya tahu tentang berapa jumlah yang pas untuk target keyword tersebut tampil di heading tag. Tapi bagaimana jika tidak?.
Baca Juga: Apa itu Keyword Density?
Pastikan heading 1 dan heading 2 memiliki target keyword di dalamnya. Setidaknya tampilkan itu sebanyak 1 kali di heading 1 dan 2 kali di heading 2. Tentu saja jumlah tampilnya menyesuaikan panjang konten Anda sendiri.
3. Menjadikan Setiap Heading Tag yang Tampil, Menarik
Ketiga adalah dengan memastikan bahwa setiap heading tag yang tampil, menarik. Pastikan heading tag yang Anda gunakan menjadikan pengunjung betah untuk terus membaca konten Anda sampai akhir.
Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan FAQ soal topik konten yang ingin Anda angkat menjadi heading tag.
4. Menggunakan Kata-Kata yang Mudah Dipahami
Selanjutnya, adalah dengan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami. Gunakan kosakata bahasa yang audiens Anda benar-benar mengerti. Berusaha untuk menghindari kosakata bahasa yang terlalu tinggi, abstrak, atau bersifat teknis bisa Anda lakukan.
Tapi, jika konten Anda memang ditujukan untuk membahas hal-hal teknis tentunya hal ini tidak akan jadi masalah besar. Intinya adalah Anda memahami dengan baik tentang siapakah yang menjadi audiens dari konten yang Anda kreasikan tersebut.
5. Format Heading Tag yang Konsisten
Apabila Anda sudah mendapatkan format penulisan heading tag yang pas dengan konten Anda, maka gunakan itu secara konsisten untuk konten-konten berikutnya.
Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk Anda, terutama dalam proses menciptakan ciri khas konten tersendiri.
Ingat juga bahwa Google sangat menyukai konten yang otentik dan mempunyai ciri khasnya tersendiri.
6. Menggunakan Visual yang Berbeda untuk Heading Tag
Selanjutnya adalah dengan menggunakan visual yang berbeda untuk heading tag.
Anda bisa melakukannya dengan cara sederhana, seperti menebalkan heading tag, memiringkannya, memilih warna teks tertentu, ataupun dengan menerapkan huruf kapital pada heading tag.
7. Memastikan Heading Tag Tampil Responsif
Sebelum mempublish sebuah konten, ada baiknya Anda melakukan preview terlebih dahulu. Pastikan bahwa heading tag yang Anda buat sebelumnya tampil baik di semua perangkat, terlebih pada perangkat desktop dan mobile.
Inilah 7 cara mudah untuk optimasi heading tag di dalam konten SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Website Profesional Terbaik, hubungi Creativism.id.
Baca Juga: Apa itu Keyword Mapping dan Cara Menjalankannya?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.