Kunci Sukses Facebook Ads – Ada banyak jenis marketing channel yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Dari sekian banyak pilihan yang ada, menjalankan social media advertising menjadi salah satu favorit banyak pebisnis.
Bagaimana tidak?.
Social media advertising akan memberikan pebisnis banyak keuntungan. Terlebih lagi fakta bahwa pengguna sosial media di Indonesia terus bertambah tiap tahunnya.
Dari laporan We Are Social pada Januari 2023, ditemukan data bahwa jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia mencapai angka 167 juta jiwa. Jumlah ini bahkan setara dengan 60,4% dari populasi penduduk Indonesia.
Data di atas jelas sudah cukup untuk menyadarkan pebisnis cerdas lebih mengoptimalkan strategi marketing mereka di sosial media. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode iklan. Ada banyak sosial media yang menyediakan fitur tersendiri agar penggunanya dapat beriklan di dalamnya.
Baca Juga: Pelajari Lengkap Apa Saja Tantangan Berjualan di Marketplace di Sini!
Tapi, ada satu sosial media yang terkenal di kalangan pebisnis untuk kegiatan beriklan. Sosial media ini menjadi sosial media terpopuler di dunia dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2,9 miliar per Januari 2023. Sosial media yang MinTiv maksud adalah Facebook.
Ya, Facebook memiliki fitur canggih yang dapat memudahkan penggunanya untuk beriklan, baik itu di sosial media Facebook dan juga Instagram. Nama fitur itu sendiri adalah Dashboard Facebook Ads.
Nah, untuk menambah wawasan Anda yang ingin mempelajari lebih dalam tentang Facebook Ads. MinTiv akan sharing tentang 6 kunci sukses Facebook Ads. Keenam kunci sukses ini sudah MinTiv praktikkan dalam banyak kesempatan dan terbukti berhasil!
Pesan Sekarang: Jasa Iklan Facebook Terpercaya
Penasaran apa saja keenam kunci sukses tersebut?, berikut MinTiv akan jabarkan untuk Anda!
6 Kunci Sukses Facebook Ads
1. Menentukan Tujuan yang Jelas
Yang pertama adalah dengan menentukan terlebih tujuan iklan Anda. Anda harus dapat mendefinisikan tujuan iklan Anda dengan jelas dan spesifik.
Pastikan bahwa Anda mengerti dengan baik KPI (Key Performance Indicators) di setiap poin tujuan Anda. Apakah itu untuk meningkatkan brand awareness, konversi maupun ingin mengetahui seberapa besar peluang dari bisnis Anda.
2. Menargetkan Audience yang Tepat
Kedua adalah dengan menargetkan audience yang tepat.
Ya, dengan Facebook Ads, Anda akan dengan mudah “menembak iklan” pada audience yang spesifik. Nah, untuk mencari audiens yang spesifik atau sesuai dengan niche bisnis Anda itu, diperlukan riset buyer persona yang mendalam. Anda harus tahu bagaimana caranya melakukan behavioral targeting.
“Menembak” iklan sesuai dengan kriteria usia, jenis kelamin, lokasi, minat & perilaku tertentu.
3. Memahami Proses Pembuatan Iklan yang Menarik
Ketiga adalah dengan memahami proses pembuatan iklan yang menarik.
Untuk bagian ini, Anda perlu memahami dengan baik apa itu Content Marketing. Setelahnya pelajari berbagai teknik copywriting yang menjual. Jangan hanya terpaku pada satu teknik Copywriting AIDA saja.
Baca Juga: Apa Saja Teknik Copywriting Selain AIDA?
Pastikan bahwa gambar/video yang Anda gunakan untuk iklan, berkualitas tinggi serta memiliki headline & deskripsi yang relevan dengan tujuan iklan sebelumnya.
4. Evaluasi Kinerja Iklan
Berikutnya adalah dengan melakukan evaluasi kinerja iklan.
Karena kita menggunakan Facebook Ads, maka kita tidak akan kesulitan untuk melakukan langkah sukses nomor 4 ini. Anda dapat melacak metrik-metrik penting di dalam iklan Anda, dimulai dari mengetahui jumlah klik, tayangan landing page, konversi, dan juga biaya.
5. Meningkatkan Kualitas Skor Iklan
Facebook menggunakan skor kualitas untuk menentukan kinerja iklan. Oleh sebab itu, pastikan setiap elemen iklan Anda memiliki poin yang relevan dengan tujuan kampanye. Relevan juga dengan target audience Anda. Semakin relevan dan semakin ramai iklan Anda, maka itu akan mengurangi biaya per klik.
Tentunya ini akan berdampak baik pada pengeluaran iklan Anda yang dapat diminimalkan dengan menargetkan hasil yang maksimal.
6. eMenggunakan Metode A/B Testing
Dilansir dari Digital Marketing Institute, A/B testing adalah metode untuk membandingkan 2 atau lebih varian strategi marketing satu sama lain demi menentukan mana yang memiliki kinerja lebih baik seperti jumlah klik yang didapatkan ataupun matriks penting bisnis lainnya.
Baca Juga: Cara Melakukan A/B Testing dengan Mudah
Metode ini diterapkan pada audiens secara acak.
Inilah keenam kunci sukses Facebook Ads. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan partner bisnis terbaik, hubungi Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Terpercaya Surabaya
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.