Low-Hanging Fruit Keyword – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama Search Engine melalui target keyword tertentu. Adapun search engine yang umumnya digunakan sebagai patokan adalah Google.
Hal ini wajar mengingat Google adalah search engine terpopuler di dunia. Mengalahkan search engine lainnya, seperti Bing, Yandex, Baidu, dan juga DuckDuckGo. Ada banyak bagian penting yang harus Anda pahami ketika mempelajari SEO ini.
Salah satunya, sekaligus menjadi bagian yang fundamental adalah mempelajari tentang cara riset keyword yang baik. Melakukan riset keyword sekarang ini, bukanlah hal yang sulit, terlebih era digital sudah memudahkan kita dengan hadirnya berbagai tools research keyword yang canggih.
Bahkan Google telah menyediakan layanan research keyword tersendiri bersifat gratis melalui Google Keyword Planner.
Anda bisa memanfaatkannya. Namun, tetap saja melakukan research keyword tidaklah mudah teorinya.
Diperlukan pemahaman yang kuat terhadap niche website, search intent, dan juga pemahaman terhadap fitur-fitur dari tools research keyword yang digunakan itu sendiri. Untuk membantu Anda lebih mudah memahami proses ini, silahkan baca link artikel di bawah ini;
Baca Juga: 7 Cara Mudah Riset Keyword untuk Pemula
1 di antara 7 cara mudah riset keyword tersebut adalah dengan mempelajari jenis-jenis daripada keyword.
Nah, di dalam materi inilah Anda akan temukan beragam jenis keyword yang bisa digunakan untuk konten SEO website. Yang paling sulit tentu saja, adalah mencoba memanfaatkan jenis keyword, short-tail.
Ya, hal ini wajar mengingat short-tail keyword rata-rata sudah digunakan oleh website-website dari media besar. Sebagai pemula di bidang SEO, kita “dipaksa untuk gunakan sisa keyword” dengan jenis long-tail.
Meskipun begitu, nyatanya long-tail keyword bisa lebih menguntungkan daripada short tail keyword. Selain karena persaingan yang dimilikinya rata-rata lebih rendah, juga karena long-tail keyword memiliki search volume yang memadai dan spesifik.
Low-Hanging Fruit Keyword Adalah
Sumber: Google.com
Sayangnya, perkembangan teknologi bisnis digital yang kian maju menjadikan persaingan di long-tail keyword sudah mulai mirip-mirip rasanya dengan persaingan di short-tail keyword. Anda harus bisa keluar dari situasi tersebut dan mencari alternatif.
Salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan low-hanging fruit keyword.
“Jenis keyword apa itu MinTiv?”. Jenis keyword yang satu ini memang jarang terdengar, terlebih di kalangan pemula.
Bila kita coba artikan secara bahasa, low-hanging fruit adalah buah yang paling rendah di pohon, dan gampang untuk dipetik.
Ditambah kata keyword, maka maknanya berubah menjadi keyword yang paling mudah dioptimasikan karena pencariannya yang rendah.
Bahkan, ada yang mengartikan bahwa jenis keyword ini adalah keyword yang pada konten-konten yang berada di halaman 2 hingga 3 Google SERP. Meskipun terkadang masuk di halaman 1 Google tetapi berada di rank atau baris 10.
Manfaat Low-Hanging Fruit Keyword
Sebenarnya, ada banyak manfaat tersirat yang bisa didapatkan dari pemanfaatan jenis keyword ini. Tapi 2 yang paling umum adalah;
- Membantu konten website agar lebih mudah perform di halaman pertama Google. Tingkat kompetisi yang rendah jadi alasan utamanya.
- Google akan lebih mudah menerima konten Anda untuk segera masuk proses indexing.
Lalu bagaimana caranya Anda bisa menemukan low-hanging fruit keyword ini?. Terdapat 3 kriteria yang bisa Anda pelajari, 3 kriteria itu adalah;
- Konten halaman website yang muncul di SERP relevan dengan keyword yang dicari.
- Jumlah impressions yang dimiliki keyword tersebut relatif tinggi.
- Halaman website yang muncul di SERP masih bisa digunakan untuk proses optimasi low-hanging keyword.
Biar lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan fitur yang ada di Google Search Console. Carilah kata kunci di urutan 5 ke atas di tab queries dengan jumlah impressions yang cukup tinggi. Gunakan itu sebagai low-hanging keyword.
Tips Optimasi Low-Hanging Fruit Keyword
1. Membuat Judul yang Lebih Menarik
Tips yang pertama adalah dengan membuat judul yang lebih menarik.
Anda bisa menambahkan kata-kata yang powerful di dalam judul Anda. Contoh saja “profesional”, “gratis”, “pesan sekarang”, “ini rahasia”, “ajaib”, “gak nyangka” dan lain-lain.
Tentunya menyesuaikan tema konten Anda. Cara lainnya adalah membuat judul artikel lama dengan judul yang baru dan lebih menarik.
Semisal Anda memiliki konten dengan judul “Fakta & Mitos Jerawat yang Wajib Diketahui Wanita!” nangkring di baris 6 halaman pertama Google pada pencarian “Fakta dan Mitos Jerawat”.
Anda bisa menggantinya judulnya menjadi “Mitos Jerawat yang Sering Dipercaya Sebagai Fakta” dengan harapan konten tersebut bisa nangkring lebih tinggi lagi di Page 1 Google pada pencarian “Fakta dan Mitos Jerawat”.
Biar lebih aman, Anda bisa gunakan konten website lain yang itu berada di halaman kedua Google.
2. Upgrade Kualitas Konten
Kedua adalah dengan mengupgrade kualitas konten yang ada.
Anda bisa menambahkan sedikit bumbu pengalaman sebagai implementasi Anda memahami algoritma terbaru Google dari E-A-T menuju E-E-A-T. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan pedoman penulisan konten berkualitas pada link artikel di bawah ini;
Baca Juga: 10 Cara Membuat Konten Artikel SEO yang Berkualitas
3. Memaksimalkan Penggunaan Internal Link
Yang terakhir adalah dengan memaksimalkan penggunaan internal link. Menggunakan internal link akan membantu Anda terhindar dari Orphaned Content.
Sebuah konten website yang tidak terhubung dengan konten lain di dalam website yang sama. Jenis konten ini akan sulit mendapatkan bagian dari proses crawling dan bahkan indexing Google.
Maksimalkan internal link ini secukupnya, dan jangan berikan kesan layaknya spamming. Anda bisa membaca artikel di bawah ini untuk mengetahui bahwa cara tepat memaksimalkan internal link.
Baca Juga: Cara Memaksimalkan Internal Link Pada Konten SEO Website
Inilah penjelasan lengkap tentang low-hanging keyword.
Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar SEO lainnya atau malah ingin mendapatkan Jasa SEO Terbaik, hubungi Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Profesional Bergaransi
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.