Manfaat Voice of Customer – Bagi Anda yang setia mengikuti perkembangan blog Creativism, pastinya sudah mengetahui apa itu VoC. Bukan VOC yang dulu dimiliki oleh penjajah yakni Belanda di Indonesia, melainkan VoC (Voice of Customer).
Voice of customer adalah istilah yang digunakan untuk menjabarkan proses mendalam demi mengetahui ekspektasi dari pelanggan. VoC ini termasuk ke dalam strategi market research, dan akan berisikan laporan daripada kebutuhan dan juga keinginan pelanggan.
Baca Juga: Apa itu Voice of Customer?
Kita dapat memahami VoC sebagai metode penelitian untuk mengumpulkan feedback terhadap produk atau layanan bisnis. Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan adanya penerapan VoC ini. Studi dari Qualtrics mengatakan bahwa VoC ini mampu mendorong terciptanya product knowledge yang baik dari perusahaan ketika akan melakukan promosi produk.
Di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan kepada Anda tentang manfaat apa saja yang akan didapatkan jika menerapkan Voice of Customer. MinTiv akan menjelaskannya secara lengkap kepada Anda.
Manfaat Voice of Customer
1. Product Branding yang Lebih Tertarget
Adanya voice of customer ini akan memudahkan Anda untuk lakukan product branding yang lebih tertarget. Tertarget sesuai dengan niche bisnis Anda, dan pastinya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda.
Bukan hanya branding, pemahaman terhadap produk Anda terkait kelebihan dan kekurangan yang dimiliki akan bertambah (Product Knowledge).
2. Proses Pemahaman Buyer Persona yang Lebih Cepat dan Tepat
Manfaat berikutnya, Anda akan lebih cepat memahami buyer persona. Bukan hanya cepat, tapi juga tepat. Terciptanya buyer persona ini juga akan memudahkan Anda untuk lakukan behavioral targeting.
3. Bisnis Anda Lebih Mudah Mengikuti Perkembangan Trend Pasar
Selanjutnya, mendengarkan keinginan konsumen akan memudahkan Anda untuk mengetahui perkembangan pasar yang ada. Anda bisa memprediksi tentang prospek bisnis Anda kedepannya, dan juga mengambil keputusan yang tepat demi bisa bertahan ketika trend pasar tiba-tiba berubah.
4. Kinerja Tim Bisnis Anda Jadi Lebih Optimal
Selanjutnya adalah kinerja tim bisnis Anda yang lebih optimal. Hal ini wajar, mengingat dengan voice of customer, rumusan customer base lebih mudah terbentuk, dan pada akhirnya pola kinerja tim akan berpusat pada kepuasan pelanggan.
5. Retensi Pelanggan Meningkat
Selanjutnya adalah retensi pelanggan yang meningkat. Peningkatan kualitas produk dan layanan yang diberikan tentunya akan meningkatkan level brand awareness yang dimiliki oleh pelanggan Anda. Retensi pelanggan sendiri adalah persentase pelanggan yang terus melakukan hubungan bisnis setelah pembelian pertama, dan biasanya berkaitan erat dengan loyalitas.
Baca Juga: Jenis Jenis Loyalitas Pelanggan
6. Customer Churn yang Menurun
Selanjutnya, adalah customer churn yang menurun. Customer churn sendiri adalah jumlah persentase pelanggan yang meninggalkan bisnis Anda dalam kurun waktu tertentu. Dapat dikatakan bahwa semakin tinggi customer churn yang Anda dapatkan, maka semakin tinggi juga kemungkinan bisnis akan tutup.
Begitu sebaliknya, semakin rendah maka semakin baik untuk kelangsungan bisnis Anda.
Baca Juga: Cara Membuat Customer Journey
7. Solusi untuk Tiap Market Poin di Customer Journey
Mendengarkan apa yang diinginkan oleh pelanggan tentunya akan memudahkan Anda untuk memahami seberapa efektif customer journey Anda. Anda jadi tahu apakah customer journey Anda mengalami masalah di beberapa poin penting customer journey. Entah itu pada tahapan Awareness, Consideration, Conversion, Retention, dan juga Advocacy.
Baca Juga: Tahapan dari Customer Journey
8. Memudahkan Anda untuk Melakukan Inovasi Produk
Terakhir, adalah memudahkan Anda untuk melakukan inovasi produk. Manfaat yang satu ini adalah efek domino dari manfaat nomor 3. Perubahan trend pasar yang terjadi, tentunya mengharuskan Anda untuk melakukan inovasi terbaru demi bisnis dapat terus bertahan.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa saja manfaat dari voice of customer. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Agency Digital Marketing, demi memudahkan Anda pahami voice of customer, hubungi Creativism.
Baca Juga: Tren Instagram Marketing 2023
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa itu Voice of Customer dan Manfaatnya dalam Bisnis […]