Menjalankan SEO untuk Halaman Produk – Website adalah salah satu tools bisnis yang banyak digunakan oleh para pebisnis. Hal ini wajar, mengingat website dapat dengan mudah menampung segala bentuk informasi bisnis dari berbagai elemen multimedia.
Dimulai dari elemen teks, audio, animasi, video dan juga pastinya gambar. Website adalah sarana penting untuk pebisnis dapat menjalankan strategi SEO dan juga strategi PPC (Pay per Click) dengan Google Ads.
Untuk Anda yang menjalankan SEO, website adalah bagian penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Adanya website memudahkan Anda untuk memproduksi konten artikel SEO friendly dan juga landing page SEO friendly. Berbicara tentang landing page, maka kita juga akan berbicara tentang banyak manfaatnya yang terkait. Salah satunya adalah landing page yang sering digunakan sebagai halaman produk.
Baca Juga: Cara Menjalankan SEO untuk Landing Page
Sesuai dengan namanya, halaman produk adalah halaman yang menjelaskan tentang detail suatu produk. DImulai dari jenis produk, deskripsi produk, spesifikasi produk, dan tentu saja harga dari produk tersebut.
Halaman seperti ini biasanya akan dengan mudah Anda jumpai pada website berjenis e-commerce atau online shop. Contohnya seperti gambar di bawah ini;
Karena halaman produk seperti ini adalah bagian daripada website, maka pertanyaannya adalah, bisakah kita untuk dapat menjalankan SEO di dalamnya?. Jawaban dari pertanyaan ini, bisa. Ya, kita bisa menerapkan kaidah-kaidah SEO di dalam halaman produk. Adapun hal-hal penting yang harus dapat kita maksimalkan demi SEO untuk halaman produk ini akan MinTiv terangkan lengkap di dalam artikel ini.
Jadi simak baik-baik ya!.
Cara Menjalankan SEO untuk Halaman Produk
1. Memastikannya Mudah untuk Di-Index
Tips atau cara pertama untuk bisa menjalankan SEO di halaman produk adalah dengan memastikannya mudah untuk di-index. Index sendiri adalah database yang digunakan oleh crawler search engine untuk kemudian ditempatkan sesuai dengan kualitas konten di ranking SERPs.
Kita bisa melakukannya dengan menerapkan teknik SEO sederhana. Tetapi, akan lebih mudah jika kita memahami sedikit daripada metode Technical SEO.
Adapun 4 bagian penting dari Technical SEO yang bermanfaat untuk halaman produk ini adalah;
- Memastikan pengaturan robots.txt tidak memblokirnya.
- Halaman produk tidak memiliki tag dengan nilai noindex di dalamnya.
- Memiliki canonical tepat di bagian atas kode HTML halaman produk.
- Pastikan halaman produk tersebut masuk ke dalam sitemap.xml file.
2. Menggunakan Judul Halaman Produk yang Jelas
Cara menjalankan SEO berikutnya untuk halaman produk adalah dengan menuliskan judul halaman dengan jelas. Menggunakan kata kunci relevan yang dapat mendeskripsikan produk secara menyeluruh. Penulisan judul halaman seperti ini tentunya akan memudahkan crawler untuk memahami halaman produk yang Anda kreasikan. Contohnya dapat Anda lihat melalui gambar di atas.
3. Menggunakan URL yang Sederhana
Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan URL (Uniform Resource Locator) sederhana. Maksud kata sederhana di sini adalah URL dapat menggambarkan struktur halaman website dengan jelas. Google bahkan memberikan saran seperti ini;
“Buatlah struktur URL sederhana, dan atur konten sehingga URL menjadi logis dan mudah untuk dipahami baik oleh mesin dan juga manusia”. Contohnya seperti gambar di bawah ini;
Anda perlu memastikan bahwa website Anda memiliki pengaturan URL yang ringkas dan singkat. Hindari untuk menggunakan karakter ataupun struktur yang rumit. Selain itu akan merepotkan kinerja crawler dalam membaca struktur konten website Anda, page experience yang didapatkan oleh pengunjung cenderung mengarah ke arah yang negatif.
4. Menerapkan Konsep Breadcrumbs
Breadcrumbs adalah model internal link yang memudahkan pengunjung untuk mengetahui hirarki sebuah website. Melalui breadcrumbs, pengunjung dapat dengan mudah mengetahui posisi halaman yang sedang mereka akses, dan bantu mereka untuk melakukan navigasi website lebih cepat. Contohnya seperti gambar di bawah ini;
5. Mengoptimalkan Penggunaan Heading 1
Cara menjalankan SEO untuk halaman produk berikutnya adalah memaksimalkan penggunaan heading 1. Heading 1 sendiri di dalam struktur konten website, digunakan untuk menggambarkan judul konten. Oleh sebab itu, bagian ini perlu dikreasikan lebih jelas dan relevan dengan keyword utama yang ingin ditargetkan.
6. Mengoptimalkan Gambar Produk yang Diupload
Berikutnya adalah dengan mengoptimalkan gambar produk yang diupload di dalam halaman tersebut.
Tentu saja kita harus memikirkan format gambar terbaik untuk ini. Adapun format terbaik untuk gambar produk yang diupload biasanya menggunakan file extension PNG. Hal ini wajar mengingat extension PNG memiliki jumlah pixel dan warna yang lebih banyak ketimbang file extension lainnya seperti JPG.
Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mengoptimalkan Alt Image
Kualitas gambar yang dihasilkan tidak akan mengalami penurunan meskipun sudah di-compress. Wajar jika format gambar inilah yang banyak digunakan untuk hasil jepretan foto produk. Saran MinTiv untuk Anda yang menggunakannya adalah dengan meng-compress ukurannya terlebih dahulu.
Alternatif terbaik selain PNG, Anda bisa menggunakan format gambar seperti Webp. Selain memikirkan format gambar terbaik, Anda juga harus memastikan bahwa nama file yang diupload relevan dengan halaman produk.
Jangan gunakan nama file dengan teks seperti IMG20200130062946, tapi ubahlah menjadi susunan kata yang lebih manusiawi.
Selain itu, jangan lupa untuk mengisi alt text dan deskripsi foto sesuai dengan keterangan yang relevan. Sematkan kata kunci utama di dalamnya, tapi ingat untuk berlebihan karena itu berpotensi mengarahkan teknik Anda ke keyword stuffing, bagian dari Black Hat SEO.
7. Mengoptimalkan Video Produk
Berikutnya adalah dengan mengoptimalkan video produk yang di-upload. Video produk yang di-upload tentunya akan bantu website untuk mendapatkan dwell time yang lebih maksimal. Tingkat keterlibatan pengunjung di dalamnya akan meningkat dengan drastis, dan itu akan menurunkan persentase bounce rate yang website dapatkan sebelumnya.
Pastikan juga bahwa video yang diupload tersebut relevan dan memang dapat membantu meningkatkan motivasi pembelian dari pengunjung. Semisal Anda adalah pebisnis tas, maka video yang menampilkan tas tentunya akan jadi nilai tambah untuk deskripsi yang ada.
8. Harga, Rating dan Reviews
Terakhir adalah memaksimalkan penggunaan fitur harga, rating dan juga reviews yang dimiliki oleh halaman produk. Hal ini tentu saja berkaitan langsung dengan cara Anda melayani pelanggan. Jika pelayanan yang diberikan terbaik, baik itu dari sebelum terjadinya proses deal, pengiriman yang lancar, pengemasan yang baik, mata otomatis rating dan reviews yang didapatkan akan bernilai positif.
Anda dapat menggunakan fitur-fitur seperti ini menggunakan website dengan jenis CMS (Content Management System) seperti Shopify ataupun Wix.
Baca Juga: 16 Cara Menjalankan SEO untuk Halaman Produk (Bagian 2)
Inilah penjelasan lengkap tentang cara menjalankan SEO untuk halaman produk (bagian 1). Untuk Anda yang berminat mendapatkan Jasa Pembuatan Toko Online sekaligus dapatkan layanan SEO, hubungi saja Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.