Pengertian SWOT Bisnis – Kunci kesuksesan sebuah perusahaan dimulai dari cara mereka menata design thinking yang baik. Design thinking sendiri adalah rangkaian proses kognitif, strategis, praktis yang berulang. Digunakan sebagai solusi masalah yang sedang dihadapi, dan juga sebagai awal mula ide inovatif yang out of the box.
Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan design thinking adalah dengan mencari tahu kelebihan dan kekurangan bisnis yang dimiliki.
Nah, di dalam proses tersebut Anda juga akan menemukan banyak metode yang bisa digunakan.Di antara banyak metode yang Anda temui tersebut, terselip metode klasik bernama SWOT bisnis.
Baca Juga: Apa itu Design Thinking dan Manfaatnya untuk Pebisnis?
Apa itu SWOT Bisnis? dan apa pengaruhnya untuk perusahaan?. MinTiv akan membahasnya kepada Anda secara terperinci di dalam artikel ini, jadi simak baik-baik ya!.
Pengertian SWOT Bisnis
SWOT di dalam bisnis perusahaan akan membantu Anda untuk menemukan faktor internal dan juga eksternal yang dapat mempengaruhi perkembangan bisnis. Kedua faktor inilah yang nantinya akan mengarahkan Anda pada pertanyaan apa nilai yang harus dipertahankan?, apa yang harus ditingkatkan?, dan apa yang harus dihilangkan maupun dihindari?.
Pertanyaan-pertanyaan inilah yang menuntun Anda pada peningkatan kualitas bisnis. Ya, SWOT sangatlah penting demi tumbuh kembang perusahaan ke arah yang lebih baik.
SWOT sendiri adalah akronim dari Strength, Weakness, Opportunities, Threats.
Dari keempat kata tersebut, kita dapat mengartikan bahwa SWOT adalah kegiatan untuk mengorganisir serta menganalisis Strength, Weakness, Opportunities, Threats dalam bisnis. SWOT sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian, yakni faktor internal (Strength, Weakness) dan juga faktor eksternal (Opportunities, Threats).
Menurut Albert S. Humphrey, kata Strength, Weakness, Opportunities, Threats dapat berarti;
Strength
Strength pada analisis SWOT ini berfokus pada kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan dan bisa memberikan pengaruh yang positif. Metode ini akan mendekatkan Anda pada metode lain di dalam proses bisnis yakni Unique Selling Point.
Weakness
Berfokus pada analisis kelemahan bisnis yang dimiliki. Apabila kelemahan sudah ditemukan, maka Anda sebagai penggerak bisnis bisa mempelajari apa yang seharusnya diperbaiki dari kekurangan tersebut.
Opportunity
Opportunity bagian yang menentukan niche bisnis dari sebuah perusahaan. Apakah mereka ingin mengambil sebuah peluang yang ada atau tidak. Tentunya pebisnis harus dapat melakukan analisa mendalam tentang prospek peluang yang ada di kemudian hari.
Threats
Threats berfokus pada semua hal yang bisa mengancam keberlangsungan bisnis, dan dapat menghambat proses bisnis yang ada. Seperti kompetitor, ketersediaan sumber daya, dan juga peristiwa bencana alam.
Yang unik adalah Albert S. Humphrey bukanlah seseorang yang memiliki latar belakang langsung di bidang bisnis. Di laman Wikipedia, beliau sebenarnya adalah lulusan Teknik Kimia dari University of Illinois, Magister di bidang yang sama pada Universitas Harvard.
Pengertian dan Manfaat Menjalankan SWOT Bisnis

Sumber: Creativism.id
SWOT di dalam bisnis memberikan Anda banyak manfaat. SWOT dapat bertindak sebagai data atau dasar pengambilan keputusan untuk strategi marketing yang akan dilakukan di masa mendatang. Selain itu, SWOT juga dapat berperan sebagai pemandu perusahaan apakah selama ini strategi marketing dijalankan sesuai dengan visi misi perusahaan atau tidak.
Perusahaan akan lebih mudah menetapkan prioritas dari strategi marketing mana yang harus dijalankan dan yang tidak. Potensi ataupun peluang pasar pada niche tertentu akan mudah terlihat dengan adanya analisis SWOT.
Faktor-Faktor SWOT Bisnis
Seperti yang sudah MinTiv katakan sebelumnya, SWOT dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian, yakni internal dan eksternal. Adapun faktor internal dari SWOT meliputi segala hal yang berkaitan langsung dengan operasional bisnis perusahaan.
- Pengalaman perusahaan dalam menghadapi masalah, berhasil maupun gagal.
- Kekuatan finansial perusahaan.
- Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.
- Kekuatan dan kelemahan dari perusahaan.
Sedangkan faktor eksternal adalah segala hal yang tidak berkaitan langsung dengan operasional bisnis perusahaan, namun dapat mengganggu jalannya operasional bisnis tersebut.
- Lingkungan.
- Peraturan pemerintah.
- Tren.
- Budaya, ideologi, sosial politik, perekonomian.
- Peristiwa yang sedang terjadi atau bencana alam.
- Modal dan perkembangan teknologi.
Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan SWOT Bisnis?
Sebenarnya tidak ada patokan waktu kapan Anda harus melakukan analisis model ini.
Hanya saja, SEMrush, perusahaan analisis ternama dunia memberikan sedikit petunjuk tentang kapan waktu yang tepat untuk analisis SWOT. Dari blognya, SEMrush menjelaskan bahwa terdapat 3 waktu yang tepat untuk jalankan analisis SWOT. 3 waktu tersebut adalah;
1. Saat Perusahaan Mengalami Perubahan Internal
Ketika perusahaan mengalami perubahan internal terlebih yang berkaitan dengan struktur organisasi atau rekonstruksi, maka analisis SWOT perlu dilakukan. Hal ini penting demi mengetahui apakah perubahan yang dilakukan membawa perusahaan ke arah yang lebih baik atau malah tidak sama sekali.
2. Situasi Pasar yang Mulai Berganti Tren
Berikutnya adalah saat situasi pasar mulai berganti tren. Semisal Anda adalah pebisnis untuk Jasa Konsultan Sertifikasi Bisnis. Anda banyak mengiklankan promosi jasa Anda di marketing channel berjenis content marketing dengan jenis foto atau desain gambar. Dan saat periode tertentu, era content marketing dengan gambar mulai ditinggalkan dan beralih ke sarana video.
Saat itu juga Anda dapat langsung melakukan analisis SWOT dengan mencoba menjalankan beberapa kali promosi melalui media video marketing.
3. Tahap Perencanaan Bisnis/Strategi Marketing
Yang terakhir adalah saat Anda ingin membuat keputusan besar mengenai strategi bisnis yang akan dijalankan.
Di saat itulah Anda butuh analisis SWOT. Analisis ini akan membantu Anda mendapatkan perencanaan yang matang, strategis dengan ide yang inovatif dan solusional.
MinTiv, bagaimana cara melakukan analisis SWOT?, apakah ada formula yang menuntun kita agar lebih mudah lakukan analisis ini?.
Jawabannya, ya ada. Anda bisa membaca bagaimana cara melakukan analisis SWOT menggunakan formula yang MinTiv gunakan pada artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Melakukan Analisa SWOT dengan Mudah
Inilah penjelasan mengenai pengertian SWOT bisnis. Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa Digital Marketing Agency, yang siap membantu Anda untuk permudah analisis SWOT dengan tools analisis premium seperti SEMrush, hubungi Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Terbaik Jakarta
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.