Tips TikTok Agar Viral – TikTok adalah aplikasi sosial media yang saat ini menjadi pesaing besar Instagram. Ide “sederhana” dari Zhang Yiming untuk hadirkan platform berbagi video pendek terbukti sukses. Bahkan, tidak bisa dipungkiri bahwa TikTok adalah pelopor sosial media berbagi video pendek. Instagram, Facebook dan bahkan YouTube sekalipun “malu tidak malu meniru ide ini” agar dapat terus bersaing.
Sebut saja Instagram dan Facebook yang sama-sama kompak merilis fitur baru yakni Reels. Begitu juga dengan Youtube melalui fitur barunya yakni Youtube Shorts. Bahkan lebih gila lagi, Instagram dan Youtube coba mengalahkan TikTok dengan akan merilis fitur monetisasi dengan fitur baru tersebut.
Tetapi, walaupun begitu untuk sekarang TikTok masih dapat MinTiv katakan memimpin pasar video marketing. Salah satu alasannya adalah TikTok lebih ramah dengan content creator kecil. Berbeda dengan Instagram, Facebook maupun YouTube. Di mana diperlukan komponen video yang lebih untuk bisa masuk ke dalam trending alias viral.
Di TikTok, Anda akan lebih mudah menemukan berbagai jenis konten viral dalam sistem FYP (Four Your Page) mereka. Bahkan tidak jarang, banyak artis-artis TikTok yang sering masuk FYP diundang dalam acara televisi. Contoh terakhirnya bisa Anda lihat pada sosok Alif Cepmek. Kerennya lagi, kita akan sering temukan berbagai konten televisi yang bersumber dari FYP TikTok.
Tidak heran jika TikTok menjadi andalan untuk pebisnis melakukan viral marketing. Sayangnya, untuk niche konten bisnis, sulit untuk bisa tembus ke dalam FYP, terlebih lagi untuk viral. Anda memerlukan strategi tersendiri untuk bisa memaksimalkan niche jenis ini di dalam TikTok.
Baca Juga: Tren Konten TikTok 2023
Berikut ini adalah tips TikTok agar viral dari MinTiv. Simak baik-baik ya!.
12 Tips TikTok Agar Viral
1. Hook Copywriting
@anggun_supriadi91 Beberan bikin nagih ini #mielidi #mielidisiumang #sapulidibisadimakan #lidisiumang #cemilanviral @lidisiumang @Kia Raya Owner LidiSiumang
Yang pertama adalah dengan menempatkan copywriting yang menarik atau yang mampu memberikan hook. Memang benar bahwa unsur visual menjadi unsur utama dalam konten TikTok untuk menarik audiens. Tetapi jangan lupakan elemen penting lainnya seperti teks. Dengan teks lah seorang audiens dapat berhenti scrolling dan kemudian melihat video Anda.
Anda dapat melihat contohnya pada akun @anggun_supriadi91 di atas. Di mana ia menggunakan teks “Nih Aku Kasih Uang 100 Juta”. Kata-kata ini terbilang sukses untuk menarik perhatian audiens, terlebih lagi, ia secara berani menyebutkan nominal jumlah yang fantastis yakni 100 juta.
2. Meminta Saran/Tantangan
@iben_ma Replying to @user8mfft5zy72 Wah untung bapaknya sabar.. 🙂 #IniPilihanGue #GarnierMenID @GarnierMenID
Yang kedua adalah dengan mendengarkan apa yang diinginkan oleh konsumen. Anda bisa membuat video khusus seperti meminta saran dari audiens Anda. Atau bahkan Anda bisa membuat tantangan khusus yang harus Anda jalankan dari permintaan audiens.
Konten sejenis ini memang cepat untuk menaikkan engagements. Audiens akan berlomba-lomba memberikan komentar mereka. Contohnya bisa Anda lihat pada konten @iben_ma
3. Menjawab Komentar
@erikatitus lol
Selanjutnya adalah dengan menjawab komentar pada tiap kreasi video yang Anda hasilkan. Jawaban komentar audiens dari Anda menunjukkan betapa humble-nya Anda dengan audiens. Anda bisa menciptakan kedekatan semu dengan audiens, dan pada akhirnya audiens akan jatuh hati atau simpati pada konten Anda.
4. Konten TikTok dari Komentar
@kristo.immanuel Replying to @Estehanget12 PART 2 YGY 😂 video mana yg belom masuk nih #kristodaily #fyp #sketch #comedy #viral #trend
Selanjutnya Anda bisa membuat konten hasil reply dari audiens Anda. Mirip-mirip dengan apa yang dilakukan oleh Iben sebelumnya. Contohnya pada video di atas di mana @kristo.immanuel mendapatkan komentar dari @Estehanget12 yang meminta Part 2 kompilasi impersonate parodi video video viral.
5. Konsistensi
@argenby Argen Sigma Bateman #sigma Oператор: @dstnny22
Kelima adalah konsistensi. Anda harus dapat memikirkan konten apa yang paling menarik perhatian audiens. Dan ketika Anda sudah mendapatkan pola tersebut, maka Anda bisa mempertahankannya untuk waktu yang lama. Contohnya bisa Anda lihat pada yang dilakukan oleh @argenby.
Dia sukses mendapatkan audiens yang lebih ketika menggunakan konten “sigma”. Sebelumnya ia sempat bertahan lama pada konten virtual reality. Tapi, konten “emasnya” baru kelihatan ketika beliau merancang video konten sigma.
7. Memilih Niche yang Tepat
@alphaworks.id Gass langsung cobain dan jgn lupa pesen gua di akhri Video 🔥 @DOSS Camera & Gadget #dossid #cobadulubarubeli #makinasikbelanjadidoss #avangarde #AVTEAM
Selanjutnya adalah dengan memilih niche yang tepat. Pemilihan niche pada konten TikTok ini berawal pada pilihan Anda menjalankan bisnis. Anda harus menjalankan content marketing Anda di TikTok selaras dengan niche bisnis Anda. Hal ini penting untuk membangun kredibilitas konten Anda. Contohnya seperti apa yang dilakukan oleh @alphaworks.id di dalam akun TikToknya.
8. Gunakan Audio yang Sedang Tren
@home_kitchen.id #wastafelcucipiring #wastafelunik #AQUADULU #dapurestetik #fypシ゚viral #inspirasidapurku
Selanjutnya adalah memilih audio yang sedang tren. Di sinilah pebisnis sering salah paham. Mereka menganggap bahwa konten sejelek apapun, jika diberi audio yang sedang tren, maka akan masuk FYP. Kenyataannya tidak, karena kualitas, jalan cerita video tepatlah menentukan sebuah konten TikTok masuk FYP atau tidak.
Anda bisa melihat contohnya pada akun @home_edition.id. Menggunakan audio yang sedang tren dan juga memperhatikan kualitas video.
10. Mengikuti Tren
@asakecil Hanya satu yang gak senonoh 😂 #JadiAnime #GenshinImpact33 #UltraSquadChallenge #filteranime #filteranimeviral #aianime
Selanjutnya adalah dengan mengikuti tren yang ada. Di TikTok sendiri, Anda akan menemukan banyak tren, mulai dari trend audio, dance, dan bahkan tren dengan filter. Contohnya tren Jadi Anime yang beberapa waktu belakangan ini viral di TikTok.
10. Video Berulang
@vincedi.gg Reply to @suciiiilstri udah yaaa jangan diulang terus, cape gw 😭🙏
Selanjutnya adalah dengan membuat konten dengan konsep video berulang. Konsep video seperti ini akan memudahkan Anda untuk dapatkan jumlah views yang berlimpah. Karena secara tidak sadar, audiens akan melihat video Anda berulang-ulang.
11. Menggunakan Fitur Sticth
@iniganta #stitch with @Enika Pajarniati semoga membantu ya dik adik 🫰
Yang terakhir adalah dengan memanfaatkan fitur stitch. Fitur yang memudahkan Anda untuk menggunakan video orang lain sebagai awalan video, lalu Anda memberikan komentar pada video tersebut.
Baca Juga: Panduan Membuat Konten Visual Menarik
Inilah tips konten TikTok agar viral. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Akun TikTok lengkap dengan Talent-nya, hubungi Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Tips Konten Agar Viral di TikTok […]