User Generated Content Adalah – Sebutkan salah satu strategi untuk meningkatkan konversi bisnis.
Satu dari sekian banyak jawaban yang muncul adalah dengan memanfaatkan testimoni atau reviews pelanggan sebelumnya. Strategi seperti ini ampuh digunakan untuk meningkatkan motivasi calon pelanggan berikutnya.
Mereka mendapatkan bukti betapa worth it nya produk atau jasa yang Anda tawarkan. Terlebih jika proses pemberian testimoni atau reviews tersebut dilakukan secara sukarela.
Memanfaatkan data testimoni atau reviews pelanggan sebelumnya dalam proses content marketing ini sendiri, dapat dikatakan sebagai user generated content. Apa itu user generated content, manfaat dan bagaimana cara mudah untuk melakukannya?.
Semua pertanyaan Anda di atas akan MinTiv bahas lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
User Genereted Content Adalah?
Didapatkan dari Hootsuite, user generated content atau yang biasa disingkat dengan UGC adalah jenis pemasaran konten yang memanfaatkan berbagai elemen multimedia, teks, video, foto, audio dari konsumen. Artinya konten yang diproduksi berasal dari bahan yang diberikan oleh konsumen.
Baca Juga: Apa itu Brand Mention?
Beberapa brand bahkan berani menggunakan bahan pemasaran tersebut tanpa diberikan editing. Jenis pemasaran konten ini disebut oleh Right Mix Marketing sebagai strategi marketing yang banyak digunakan oleh para pebisnis kekinian.
UGC adalah cara terbaik untuk bisnis bisa meningkatkan kepercayaan brand pada audiens yang tertarget.
Manfaat UGC untu Content Marketing
Ada banyak manfaat daripada menjalankan strategi yang satu ini, apalagi jika menyangkut soal perannya dalam meningkatkan konversi bisnis. Hal ini selaras dengan psikologi marketing di mana sebuah produk dapat terjual dengan mudah jika sebelumnya banyak mendapatkan feedback positif.
Di sini MinTiv akan menjelaskan tentang manfaat 4 saja, yang 4 manfaat ini pastinya sudah cukup untuk menyakinkan pebisnis cerdas segara menjalankan teknik UGC dalam bisnisnya. 4 manfaat itu adalah;
- Konten benar-benar otentik – Ya, yang pertama adalah konten yang diberikan memiliki nilai lebih soal otentik. Konten yang dibuat oleh konsumen memiliki nilai otentik yang tinggi dan terlihat lebih jujur. Perlu diingat bahwa hanya ada 2 alasan kenapa pelanggan memberikan reviews, pertama karena ia suka produk Anda, dan kedua karena ia tidak suka produk Anda.
- Meningkatkan nilai kepercayaan bisnis – Didapatkan dari Hootsuite, 70% orang mempercayai opini konsumen pada produk tertentu secara online. Apabila produk tersebut mendapatkan opini yang baik, tentu saja nilai kepercayaan bisnis yang didapatkan meningkat dengan pesat.
- Calon pelanggan lebih mudah memahami customer journey Anda – Salah satu cara terbaik mengembangkan bisnis adalah dengan memastikan bahwa bisnis tersebut memiliki customer journey yang memudahkan. Tidak memiliki nilai customer effort yang besar, terutama soal cara calon pelanggan mempelajari brand Anda. Adanya testimoni atau reviews pelanggan sebelumnya, tentunya akan mempercepat proses transfer brand knowledge Anda pada calon pelanggan yang baru.
- Hemat biaya pemasaran – Melalui strategi ini Anda secara tidak langsung bisa menjalankan strategi word of mouth marketing. Seperti yang kita tahu, strategi ini memiliki banyak dampak besar untuk bisnis, dan salah satunya adalah membantu pebisnis menghemat lebih banyak biaya pemasaran.
Bagaimana Cara Menjalankan User Genereted Content dengan Efektif?
Sumber: Embedsocial.com
1. Menentukan Target Audiens yang Tepat
Anda harus paham tentang di mana audiens yang tepat agar Anda bisa menjalankan strategi ini dengan baik.
Anda harus paham bahwa setiap audiens memiliki perbedaaan masing-masing berdasarkan demografinya. Semisal audiens dari demografi umur 25 tahun ke bawah lebih suka konten edukasi lucu tapi sesuai trend terkini. Maka Anda bisa lebih banyak melakukan content marketing pada jenis meme edukasi kekinian.
Semisal menempatkan headline dengan kata-kata seperti “Butuh Baju Nyaman dan Adem Tapi Harganya Bercyandya?”. Kata “Bercyandya” di sini bisa Anda maknai sebagai kata ganti dari “murah”. Perjelas itu dengan isi konten yang memperlihatkan harga baju tersebut.
2. Izin Kepada Pelanggan
Kedua adalah selalu meminta izin kepada pelanggan terlebih dahulu sebelum menguploadnya menjadi bagian dari kampanye konten Anda. Terlebih jika konten yang pelanggan buat tersebut memerlukan effort yang besar.
Meminta izin seperti ini juga akan meningkatkan citra brand yang selalu menghargai privasi dan karya pelanggan.
3. Mudahkan Pelanggan untuk Berikan Reviewsnya
Ketiga, adalah dengan memudahkan pelanggan untuk memberikan reviewnya. Kadang kala, produk yang bagus sekalipun bukanlah jaminan bahwa produk tersebut akan mendapatkan lebih banyak testimoni positif. Terlebih jika pebisnis tidak bisa mewadahi pelanggan untuk lebih mudah berikan testimoninya.
Semisal Anda adalah pebisnis warung makan, Anda bisa menyematkan kertas penilaian makanan tepat pada meja makan yang tersedia. Cukup sediakan kertas dengan kolom kosong beserta dengan pena-nya. Di bagian kertas tersebut Anda bisa menyematkan Call to Action seperti “Jadilah Bagian dari Perubahan Baik Kami, Berikan Saran dan Kritik Anda di Kertas Ini”.
4. Tawarkan Konsep Timbal Balik
Yang terakhir adalah dengan menawarkan konsep timbal balik.
Semisal Anda akan memberikan diskon spesial kepada pelanggan yang mau menuliskan reviews atau testimoninya secara online. Anda bisa menerapkan konsep timbal balik ini bersamaan dengan strategi giveaway. Tapi ingat, jangan terlalu fokus pada strategi giveaway, karena bisa berdampak 30 persen orang yang mengirimkan hanya ingin hadiahnya saja bukan jujur dari hati.
Inilah penjelasan tentang “user generated content adalah”. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Partner Bisnis Terbaik dalam content marketing, hubungi Creativism.id.
Baca Juga: Bacaan SEO, Apa itu Keyword Competition?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.