Contoh Kemasan Produk. Kemasan produk adalah pembungkus sebuah produk yang terbuat dari material tertentu. Tujuannya adalah mempertahankan kualitas produk serta meminimalisir terjadinya kerusakan pada produk tersebut.
Baca Juga: 7 Contoh Desain Produk di Berbagai Industri
Setiap produk memerlukan kondisi pengemasan yang bervariasi, sehingga Anda perlu mengetahui contoh kemasan produk. Agar mengetahui material dan jenis kemasan yang cocok dengan karakteristik produk.
Berikut ini, MinTiv akan menjelaskan beberapa contoh kemasan produk.
Daftar Isi
Toggle11 Contoh Kemasan Produk
1. Botol Plastik

Sumber: Google Images
Contoh kemasan produk yang pertama adalah botol plastik, yaitu wadah yang dilengkapi dengan penutup khusus untuk memudahkan penggunanya membuka dan menutup kembali botol. Meski biasanya berbentuk silinder, ada juga bentuk lain seperti kale, gepeng, gendumg, almond dan hazelnut.
Botol plastik sebagai kemasan produk harus terbuat dari bahan yang tidak memiliki kandungan zat kimia atau bahan berbahaya bagi tubuh. Umumnya, terdapat beberapa jenis bahan botol plastik yaitu PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate), HDPE (High Density Polyethylene), PVC (Polyvinyl; Chloride), LDPE (Low Density Polyethylene), PP (Polypropylene), PS (Polystyrene) dan other atau plastik 7.
Fungsi botol plastik sebagai kemasan produk utama yang bersifat cair. Ini cocok untuk bisnis Anda dengan produk seperti air mineral, kopi, jus buah, kecap dan madu. Botol plastik selain menjadi kemasan produk juga bisa meningkatkan penjualan jika desainnya dibuat menarik. Misalnya, untuk anak-anak bisa di desain karakter khusus seperti tokoh animasi.
2. Gelas Kertas

Sumber: Google Images
Gelas kertas adalah contoh kemasan produk minuman dengan bentuk gelas, berbahan kertas food grade berlaminasi. Kemasan seperti ini cocok untuk bisnis Anda yang menjual produk minuman karena praktis dan mempermudah penyiapan jika pengemasan penjualan produk minuman take away.
Karena gelas kertas terbuat dari bahan yang mudah terurai, sehingga lebih sedikit berdampak pada pencemaran lingkungan. Jika bisnis Anda peduli dengan isu lingkungan, maka contoh kemasan produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat.
Baca Juga: 8 Tips Membuat Desain Kemasan Produk Menarik
Jika dilihat secara estetika, gelas kaca memberi kesan modern dan elegan. Ini bisa menonjolkan citra eco friendly dan modern untuk bisnis Anda. Selain itu, bisa digunakan sebagai media promosi karena gelas kertas mudah dicetak dengan desain menarik.
3. Toples Kaca

Sumber: Google Images
Toples kaca merupakan contoh kemasan produk yang terbuat dari bahan kaca. Jika produk Anda adalah makanan yang sehat, maka kemasan ini bisa menjadi pilihan. Toples kaca akan membuat produk aman dan tahan dari panas ataupun dingin. Hal ini membuat cita rasa dan aroma produk terjaga.
Untuk memperkuat branding, Anda bisa mendesain sticker sesuai keinginan, yang ditempelkan pada toples kaca. Selain itu, pilihlah toples kaca yang ukuran dan bentuknya yang sesuai dan bisa menarik target market.
4. Gelas Plastik

Sumber: Google Images
Gelas plastik memiliki daya tahan yang tinggi, sehingga mampu menahan suhu panas atau dingin tanpa mengalami deformasi. Hal ini membuat contoh kemasan produk ini ideal untuk bisnis minuman cepat saji, mulai dari kopi panas hingga minuman dingin dengan es.
Jika bisnis Anda memiliki volume penjualan tinggi seperti gerai minuman take away, maka gelas plastik bisa menjadi solusi yang lebih ekonomis tanpa mengabaikan kualitas produk. Kemasan produk ini juga bisa membantu promosi bisnis, karena memungkinkan untuk mencetak logo sehingga branding menjadi lebih jelas.
5. Botol Pipet

Sumber: Google Images
Botol pipet biasanya digunakan untuk produk skincare. Contoh kemasan produk ini biasanya terbuat dari material kaca yang memberi kesan mewah, ramah lingkungan dan cocok untuk produk premium. Selain itu, untuk material plastik bisa memberikan kesan ringan, aman dan ekonomis.
Kemasan botol pipet memiliki ukuran yang bervariasi, sehingga bisa dipilih berdasarkan kebutuhan Anda. Untuk warna bisa Anda pilih sesuai identitas brand, misalnya botol bening yang mewakili bersih dan transparan. Sesuaikan desain kemasan botol pipet, dengan memuat logo, informasi produk dan tagline brand untuk menarik perhatian.
6. Kaleng

Sumber: Google Images
Kaleng merupakan contoh kemasan produk untuk makanan dan minuman. Biasanya kaleng terbuat dari baja yang dilapisi timah atau alumunium. Kaleng berfungsi untuk melindungi isi produk dari paparan udara, cahaya, kerusakan fisik dan kontaminasi dari luar.
Kaleng bisa menjadi kemasan pilihan untuk beberapa produk seperti susu kental manis, minuman soda dan makanan siap saji. Selain itu, kaleng merupakan kemasan yang juga mendukung tampilan produk yang menarik untuk konsumen karena mudah dicetak dengan desain visual yang menarik.
7. Kertas Karton

Sumber: Google Images
Kotak karton merupakan contoh kemasan produk yang berfungsi langsung membungkus produk dan menjadi lapisan pertama yang bersentuhan dengan konsumen. Cocok untuk produk yang berbentuk kering, ringan dan tidak mudah rusak. Misalnya seperti pasta gigi, sabun batang, teh celup dan sereal.
Kotak karton juga memiliki keunggulan seperti ringan, mudah dibentuk serta ramah lingkungan. Kemasan produk ini juga bisa membantu promosi bisnis, permukaan kotak karton yang datar bisa mencetak informasi merek, komposisi dan petunjuk penggunaan produk dengan jelas dan menarik.
8. Kotak Kardus

Sumber: Google Images
Kotak kardus biasanya digunakan sebagai kemasan sekunder. Oleh karena itu, fungsinya untuk memberikan perlindungan tambahan selama proses distribusi, penyimpanan dan pengiriman.
Contoh kemasan produk ini memiliki beberapa bentuk seperti kotak standar, kotak overlap, kotak full overlap, kotak telescope, dan kotak die cut. Pada bagian permukaanya, Anda bisa mencetak logo, informasi pengiriman dan label penting lainnya.
9. Kantong Plastik

Sumber: Google Images
Kantong plastik merupakan contoh kemasan produk yang fungsinya membungkus beberapa produk yang sudah dikemas. Misalnya saat membeli beberapa produk frozen food, biasanya akan dimasukan ke dalam kantong plastik berlogo agar mudah dibawa sekaligus media pemasaran.
Kemasan ini juga bisa membantu produk agar tetap bersih, terlindungi dari debu dan percikan air, serta memudahkan proses pengemasan dan pengangkutan.
10. Paper Bag

Sumber: Google Images
Paper bag merupakan kemasan sekunder yang biasanya digunakan di toko retail, butik atau usaha makanan dan minuman. Fungsinya adalah untuk membungkus dan membawa produk yang sudah dikemas dalam kemasan primer.
Misalnya, setelah membeli pakaian yang sudah dikemas, barang tersebut dimasukkan ke dalam paper bag agar mudah dibawa dan terlihat rapi. Untuk strategi branding, Anda bisa mencetak logo atau membuat desain yang mewakili bisnis Anda.
11. Kotak Kayu

Sumber: Google Images
Kotak kayu adalah kemasan tersier, yaitu kemasan paling luar yang berfungsi melindungi produk selama proses pengiriman jarak jauh atau dalam jumlah besar. Misalnya produk minuman dalam jumlah banyak.
Baca Juga: Tips Copywriting Menarik Agar Produk Lebih Cepat Laku
Kemasan ini terbuat dari kayu sehingga kuat dan tahan benturan, untuk menjaga produk tetap aman dari kerusakan akibat guncangan, tekanan dan kondisi cuaca saat pengangkutan.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu kemasan produk? kemasan produk adalah pembungkus yang melindungi, menyimpan dan menampilkan produk agar aman dan menarik konsumen.
- Mengapa kemasan produk penting? Karena kemasan melindungi produk, menarik minat pembeli, memperkuat brand, dan menyampaikan informasi penting.
Dapatkan Free Audit
Sebelum kita sampai kepada kesimpulan dari pembahasan “Contoh Kemasan Produk” ini, MinTiv ingin menginfokan kepada Anda, bahwa Creativism sedang ada jasa Free Audit Website.
Bagaimana cara mendapatkannya?
Anda cukup klik tombol Free Audit, kemudian isi detail formulirnya. Hasil audit akan kami kirim via whatsapp/email.
Kesimpulan
Contoh kemasan produk ini, bisa menjadi referensi untuk bisnis Anda. Sebagai tampilan luar, Anda harus menentukan kemasan produk yang memiliki fungsi perlindungan, penyimpanan, pengiriman dan penjualan.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi kami langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!.




