Dunia digital telah memasuki era perbelanjaan yang baru ketika fitur live shopping diperkenalkan. Bagaimana tidak, kampanye promosi yang biasanya dilakukan lewat konten-konten sosial media kini bisa dilakukan setiap hari dengan live streaming. Pebisnis bisa langsung mempromosikan barang dagangannya hanya berbekal HP dengan koneksi internet dan kamera yang bagus.
Beberapa toko online sudah banyak yang mengadopsi fitur ini seperti TikTok Shop, Shopee Live, dan masih banyak lagi. Agar promosinya lebih efektif, biasanya mereka memberi promo pada produk yang ditampilkan, dan diskon tersebut hanya bisa dipakai jika dibeli lewat live tersebut saja. Supaya tidak tambah penasaran, bagaimana jika MinTiv jelaskan live shopping lebih jauh di ulasan ini?
Simak pembahasannya sampai selesai ya!
Daftar Isi
TogglePengertian Live Shopping
Live shopping adalah suatu siaran langsung yang menampilkan proses promosi barang dagangan langsung pada konsumen. Penjual bisa menampilkan dan mendemonstrasikan barangnya dengan angle kamera yang menarik. Bahkan, konsumen juga bisa secara langsung melakukan transaksi dengan melakukan checkout barang yang dipromosikan.
Bila pernah menonton live streaming di Instagram atau YouTube, maka cara kerja siaran langsung di toko online juga mirip seperti itu. Audiens yang menonton bisa berinteraksi lewat kolom komentar. Jadi, live shopping sendiri sangat efektif dalam membangun interaksi langsung yang lebih hangat dengan konsumen, karena host livenya juga secara aktif menjawab dan menanggapi komentar yang ada.
Platform Live Shopping Terbaik
Melihat antusiasme konsumen dalam menanggapi siaran langsung, banyak platform toko online di luar sana yang berlomba-lomba untuk menghadirkan fitur ini. Beberapa platform tersebut di antaranya:
1. Shopee Live
Rasanya cukup adil jika mengatakan Shopee memiliki fitur belanja live streaming yang paling populer.Anda bisa menemukan berbagai brand dari yang kecil sampai yang besar sekalipun mengadakan siaran langsung untuk mempromosikan produknya.
Shopee sendiri digandrungi baik oleh pemilik usaha maupun konsumen karena banyak promo yang ditawarkan. Bagi penjual, Shopee juga menawarkan banyak opsi iklan yang mungkin cocok untuk Anda dalam memperluas brand awareness. Selain itu, Shopee juga merupakan salah satu marketplace dengan jumlah pengguna dan pengunjung terbanyak di Indonesia.
Meski demikian, fakta tersebut juga membuat persaingan siaran langsung di Shopee semakin ketat. Namun, hal ini sebenarnya bisa diatasi jika Anda menggunakan metode iklan dan storytelling yang tepat sekaligus menarik. Shopee juga memotong biaya platform untuk setiap pesanan yang terjual sebesar 3%.
Baca Juga: Cara Berbicara Saat Live Streaming Agar Lebih Lancar
2. Tokopedia Play
Fitur belanja langsung di platform ini dinamai dengan Tokopedia Play yang bisa diakses baik lewat feed atau halaman toko seller. Tokopedia Play, belakangan cukup digemari penjual karena menawarkan voucher dan tagging produk yang mampu meningkatkan angka penjualan lewat siaran langsung. Selain itu, beberapa mitra terpilih juga akan diundang langsung ke kampanye Tokopedia Play yang tentunya memiliki audiens yang lebih besar.
Hanya saja, ada kendala klasik yang sering ditemui di Tokopedia, di mana hanya toko resmi atau toko yang telah menyandang power merchant saja yang bisa melakukan live streaming. Selain itu, waktu tayangannya pun juga dibatasi sampai 2 jam saja.
3. TikTok Shop
Siapa sangka jika platform sosial media berbasis video pendek ternyata mampu menjelma menjadi salah satu raksasa e-commerce. Dengan lebih dari 108 juta pengguna aktif di Indonesia, TikTok Shop menawarkan eksposur ke salah satu segmen pasar terbesar di dunia. Jadi, siapa juga penjual atau konsumen yang tidak tergiur dengan platform ini?
Karena merupakan sosial media, TikTok shop memungkinkan audiens untuk memberikan like dan gift pada live streamer, sehingga penjual dan konsumen bisa berinteraksi dengan lebih dekat. Pengguna TikTok sendiri juga didominasi oleh Gen Z dan milenial, sehingga Anda bisa lebih fokus menyiapkan strategi live untuk target ceruk pasar tersebut.
Sayangnya, Anda harus mengumpulkan followers sampai berjumlah di atas 1000 untuk bisa melakukan live streaming. Lalu kembali pada karakteristik dasarnya yang merupakan media sosial, kesuksesan live streamer akan sangat bergantung pada algoritma yang ditetapkan.
Alasan Di Balik Efektivitas Live Shopping
Platform yang menggabungkan model bisnis dan sosial media sendiri disebut sebagai social commerce. Fenomena ini awalnya dipopulerkan oleh TikTok, lalu diikuti platform lain. Potensinya pun juga tidak main-main, yang mana nilai pasar social commerce diperkirakan akan mencapai 22 milyar dollar pada tahun 2028, dan itu baru di Indonesia saja. Setidaknya ada beberapa alasan di balik efektivitas tersebut:
1. Urgensi dan Kelangkaan
Bagi yang Gen Z atau Alpha, pasti sudah sering mendengar istilah FOMO (Fear of Missing Out) bukan? Nah, prinsip psikologis tersebut ternyata merupakan bahan bakar utama pada live shopping untuk menciptakan urgensi dan kelangkaan. Secara psikologis, konsumen akan merasa rugi jika dihadapkan pada penawaran yang terbatas baik dari stok atau promo, tapi mereka tidak membelinya.
Hal ini dibuat lebih efektif lagi dengan adanya fitur timer hitung mundur pada live streaming. Misal host live streaming bilang “Baju warna pink sisa 2 lagi, siapa cepat dia dapat!”. Lalu akan muncul waktu hitung mundur beserta sekumpulan notifikasi pembelian pada layar audiens. Hal tersebut secara tidak langsung menciptakan urgensi bagi konsumen untuk segera membeli barang yang stoknya akan segera habis.
2. Bukti Sosial
Bagi para pembaca setia konten-konten MinTiv, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah bukti sosial. Ya, istilah ini sangat efektif untuk marketing, khususnya dalam mencari validasi konsumen lain dengan melakukan testimoni. Namun testimoni yang sering ditampilkan di konten sosmed bersifat statis, sehingga kita tidak tahu pastinya siapa lagi yang telah membeli produk tersebut.
Nah, di sinilah live shop streaming memainkan peran besarnya. Jika baru saja ada pengguna yang membeli produk yang ditampilkan, maka akan langsung muncul notifikasi seperti “XYZ baru saja membeli produk ini”. Hal tersebut berperan sebagai sinyal kepercayaan bagi audiens lain. Penonton yang tadinya ragu-ragu seketika bisa langsung percaya diri untuk membeli produk tersebut.
Baca Juga: Apa Itu Multi Channel TikTok? Ini Penjelasan Lengkapnya!
FAQ Seputar Konten
- Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum live?. Anda harus mempersiapkan peralatan seperti HP dan mic, lalu juga hal-hal teknis seperti koneksi internet dan voucher promo.
- Apakah siaran langsung bisa digabung dengan customer service?. Karena bersifat real-time, penjual atau host bisa langsung menjawab keluhan dan pertanyaan dari konsumen layaknya customer service.
- Apakah audiens harus mengikuti toko penjual terlebih dahulu untuk gabung ke live?. Konsumen tidak perlu mengikuti akun penjual yang melakukan live. Namun dengan mengikuti akunnya, Anda akan dapat update rutin terkait live dan promo dari toko tersebut.
- Lebih baik pakai peralatan profesional atau HP saja cukup?. Smartphone dan lighting saja sebenarnya sudah cukup, khususnya bagi pemula. Namun, tidak ada salahnya untuk menyisihkan modal guna membeli peralatan profesional.
- Bisakah cuplikan live streaming dipotong untuk keperluan konten?. Tentu saja, Anda bisa memotong cuplikan dari live untuk konten promosi atau testimoni konsumen.
Dapatkan Free Audit
Sebelum kita sampai kepada kesimpulan dari pembahasan “Live shopping” ini, MinTiv ingin menginfokan kepada Anda, bahwa Creativism sedang ada jasa Free Audit Website.
Bagaimana cara mendapatkannya?
Anda cukup klik tombol Free Audit, kemudian isi detail formulirnya. Hasil audit akan kami kirim via whatsapp/email.
Kesimpulan
Live Shopping benar-benar telah membawa kita ke era belanja baru, yang dapat memaksimalkan interaksi, promosi, dan penjualan sekaligus dalam satu tempat saja. Buat Anda yang punya toko online sendiri, apakah sudah siap untuk mulai live streaming? Jawab di kolom komentar ya!
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi kami langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!.