Kehadiran suatu bisnis secara digital sangatlah berdampak besar terhadap kesuksesannya di masa mendatang, apa pun industrinya. Sayangnya, tidak sedikit pemilik bisnis yang belum menyadari betapa pentingnya situs resmi sebagai portal utama bagi konsumen untuk mencari informasi dan membeli produknya.
Memiliki website perusahaan sendiri dapat meningkatkan peluang yang lebih besar pada penjualan dan brand awareness.
Banyak pebisnis yang enggan membuat webnya sendiri karena beberapa hal seperti tidak terlalu mengerti teknis dan caranya, atau terkendala biaya.
Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Web Toko Online Paling Keren!
Padahal, CMS seperti WordPress menawarkan domain gratis untuk membuat web perusahaan beserta tema dan plugin di dalamnya. Selain itu, ada banyak tutorial mengelola WordPress yang tersedia di YouTube.
Daftar Isi
ToggleApa Pentingnya Website Perusahaan?
Jika Anda tidak menguasai pengembangan web atau pengelolaan CMS, maka masih ada opsi lain yang tersedia seperti menggunakan jasa atau agensi digital untuk membuat website korporat. Namun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa situs resmi perusahaan begitu penting:
1. Membangun Kredibilitas
Kredibilitas adalah tujuan utama dari dibuatnya website untuk perusahaan. Di era digital ini, tidak mungkin jika tak ada bisnis lain yang menawarkan produk atau jasa yang serupa dengan Anda. Jadi salah satu cara untuk membuat bisnis Anda unik dan relevan adalah dengan memiliki website.
Website dengan desain dan navigasi yang baik akan sangat membantu dalam mengomunikasikan pesan dan informasi brand pada calon pelanggan.
Bahkan, tanpa adanya website, pelanggan bisa mempertanyakan legitimasi dan keaslian usaha Anda. Fenomena ini tidak jarang terjadi di mana terdapat perusahaan bodong yang terdeteksi karena tidak memiliki website resmi.
2. Memperluas Brand Awareness
Sebagus apapun kualitas suatu barang atau jasa, semua akan sia-sia jika tidak ada yang mengetahuinya. Itulah pentingnya brand awareness, agar audiens yang secara luas tau lebih dalam terkait informasi dan kualitas suatu merek.
Salah satu cara terampuh untuk memperluas awareness ini adalah dengan membuat website yang menampilkan seluruh informasi dan layanan dari brand Anda.
Website sendiri merupakan wadah untuk menyampaikan nilai dan identitas brand Anda. Konsumen tidak akan ragu-ragu untuk membeli produk Anda jika mereka memahami apa yang Anda perjuangkan lewat bisnis tersebut. Selain itu, memiliki website bisnis juga bagus untuk bisa bersaing dengan kompetitor.
3. Meningkatkan Leads dan Konversi
Istilah leads dan konversi sering tertukar di dunia bisnis atau marketing. Leads sendiri merupakan calon pelanggan potensial yang tertarik pada suatu produk dengan menyediakan kontak pribadinya, yang biasanya berupa nomor telepon atau email. Sedangkan konversi adalah calon pelanggan yang akhirnya benar-benar membeli produk dari suatu web.
Dengan adanya website, audiens bisa mengetahui ke mana harus mencari informasi brand Anda ke tempat yang tepat. Dari situ, mereka akan menghubungi Anda, di mana leads akan tercipta. Hal tersebut tentunya menciptakan peluang yang besar untuk meningkatkan konversi penjualan.
4. Meningkatkan Trafik Organik
Perlu diingat bahwa popularitas suatu website sangat ditentukan oleh SEO. Jadi, pastikan bahwa situs beserta konten di dalamnya harus teroptimasi secara SEO. Dengan begitu, kesempatan web Anda untuk tampil di halaman pertama Google akan jadi lebih besar. Dalam jangka panjang, jumlah trafik organik di web tersebut akan meningkat secara signifikan.
Baca Juga: Cara Buat Website Gratis Lewat HP Tanpa Ribet
Elemen Website Perusahaan
Ketika mengunjungi laman suatu perusahaan besar, maka Anda akan menyadari banyaknya menu dan navigasi untuk memudahkan audiens. Itu karena mereka memasukkan elemen-elemen yang tepat guna agar audiens bisa menemukan informasi yang dicari.
Nah, ada elemen-elemen yang harus dimasukkan ke dalam website bisnis:
1. Laman “Tentang Kami”
Hampir semua web perusahaan pasti memiliki laman “Tentang Kami” atau “About Us”. Calon pelanggan atau klien pasti ingin mengetahui lebih dahulu latar belakang usaha Anda sebelum membayar untuk produk/jasanya.
Tuliskanlah cerita awal berdirinya perusahaan Anda beserta motivasi dan tujuannya. Laman ini berperan dalam menunjukkan profesionalitas Anda sebagai pemilik perusahaan.
2. Feedback Pelanggan
Bukti sosial sangatlah penting dalam marketing, baik di sosial media maupun website. Jadi, jangan pernah lupa untuk menampilkan review, masukan, dan testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya.
Kalau bisa feedback mereka harus ditampilkan apa adanya untuk meyakinkan audiens yang membacanya. Feedback ini menjadi sinyal bahwa perusahaan memiliki rekam jejak yang baik dalam memberikan layanan yang berkualitas.
3. Laman “Hubungi Kami”
Bisnis yang baik tidak pernah menyulitkan akses kontak dengan konsumen atau klien. Oleh karena itu, buatlah laman “Hubungi Kami” yang tampak jelas dan sederhana. Anda bisa mencantumkan nomor contact support, email resmi, akun sosial media resmi, dan alamat resmi perusahaan. Laman ini akan mempermudah konsumen atau klien untuk berkomunikasi.
4. Landing Page yang Informatif dan Menarik
Salah satu trik ampuh untuk membuat pengunjung betah berlama-lama di suatu web adalah dengan membuat landing page yang informatif dan menarik. Hal tersebut akan menciptakan kesan pertama yang baik.
Saat pertama membuka web, audiens harus segera disuguhkan informasi dan keunikan perusahaan dengan desain yang elegan. Jika tidak, maka momentum tersebut bisa hilang dan audiens akan segera pergi meninggalkan laman Anda.
5. Foto Tim atau Staff
Walaupun penting, sayangnya banyak perusahaan yang melupakan wajah pegawai, atau bahkan jajaran direksinya sendiri pada laman resminya. Tanpa foto tim atau staff, web korporat akan kehilangan sentuhan manusianya yang otentik.
Karena itulah ada baiknya untuk menampilkan wajah mereka, lengkap dengan nama dan posisinya. Hal tersebut akan membuat perusahaan jadi lebih terpercaya dan relate dengan audiens.
FAQ Seputar Konten
- Laman apa saja yang idealnya harus dimiliki suatu website?. Perusahaan atau agensi besar setidaknya memiliki 7 laman pada situsnya yang mencakup: Beranda, laman “Tentang Kami”, jasa atau produk yang ditawarkan, testimoni, blog, kontak, dan karir.
- Seberapa rutin web perusahaan harus diupdate?. Idealnya website perusahaan dievaluasi setiap 3-6 bulan sekali untuk memeriksa relevansi konten, link, tren desain, dan performa SEO. Selain itu, tentunya stok produk dan konten blog juga harus diupdate rutin secara harian atau mingguan.
- Apakah ada platform gratis untuk membuat web bisnis?. Platform seperti Wix atau WordPress sangat cocok untuk pebisnis pemula yang ingin membangun kredibilitas dan mengembangkan usahanya. Kustomisasinya pun sangat praktis dan banyak pilihannya.
- Apa perbedaan website dengan landing page?. Website adalah satu kesatuan situs digital yang berisi banyak laman dengan opsi navigasi. Sedangkan landing page adalah satu halaman depan yang berfokus untuk tujuan tertentu saja seperti kampanye atau menampilkan produk.
- Apakah semua bisnis harus memiliki blog pada webnya?. Sebenarnya tidak wajib, tapi blog akan menawarkan optimasi SEO yang baik serta bagus untuk branding. Blog juga akan membangun otoritas brand Anda pada niche yang ditekuni.
Baca Juga: Jasa Website Jepara Terjangkau dan Profesional? Creativism.id Jawabannya!
Dapatkan Free Audit
Sebelum kita sampai kepada kesimpulan dari pembahasan “Website perusahaan” ini, MinTiv ingin menginfokan kepada Anda, bahwa Creativism sedang ada jasa Free Audit Website.
Bagaimana cara mendapatkannya?
Anda cukup klik tombol Free Audit, kemudian isi detail formulirnya. Hasil audit akan kami kirim via whatsapp/email.
Kesimpulan
Sudah jelas ya bahwa website perusahaan sangat penting untuk membuat suatu bisnis tetap relevan di era digital. Jika masih belum paham, Anda bisa menonton tutorialnya baik yang gratis maupun berbayar, atau menggunakan jasa/agensi website.
Baca Juga: Jasa Advertising: Pengertian, Layanan dan Rekomendasi Terbaik
Walaupun akan mengeluarkan biaya, tapi ROI-nya akan sepadan jika dilakukan dengan strategi yang tepat.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi kami langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!.




