Pernahkah Anda melakukan optimasi website secara maksimal tetapi hasilnya belum sesuai yang diharapkan? Masalah ini bisa disebabkan karena Anda belum melakukan analisis website kompetitor.
Perlu diketahui, website di dunia ini ada banyak dan semuanya pasti berusaha mendapatkan posisi terbaik di search engine. Berdasarkan data dari SimilarWeb dan Statista, jumlah website di Indonesia, jumlahnya semakin banyak.
Ini baru bicara Indonesia, masih belum dunia. Jadi sebenarnya persaingan website era sekarang terbilang sangat ketat. Bagi siapapun yang tidak mampu bersaing, maka siap-siaplah akan terdepak.
Daftar Isi
ToggleApa Itu Analisis Website Kompetitor?
Analisis website kompetitor adalah proses mempelajari dan mengevaluasi secara keseluruhan website milik kompetitor. Dengan melakukan analisis secara mendalam, Anda menjadi tahu apa saja kelebihan dan kekurangan website kompetitor.
Berdasarkan hasil analisa tersebut, Anda dapat melakukan tindakan terbaik agar optimasi website yang dilakukan bisa lebih maksimal. Selain itu, proses optimasinya juga menjadi jauh lebih baik.
Sebagai contoh, Anda gagal memenangkan persaingan keyword “semen kokoh” dengan website B. Setelah melakukan analisis, ditemukanlah perbedaan mencolok pada kecepatan website.
Website B ternyata aksesnya jauh lebih cepat daripada website Anda. Padahal faktor SEO lainnya keduanya sama-sama bagus.
Baca Juga: Cara Melihat Backlink Milik Kompetitor, Ini Dia Penjelasannya!
Meskipun hanya berbeda pada kecepatan saja, tetap hal ini memengaruhi penilaian Google. Anda harus membuat website jauh lebih cepat daripada website B.
Apa Saja yang Perlu Diperiksa Saat Analisis Website Kompetitor?
Ada beberapa komponen yang perlu Anda cek ketika melakukan analisa terhadap website milik kompetitor yaitu.
1. Keyword
Keyword atau kata kunci menjadi salah satu komponen penting yang harus Anda cek. Pastikan Anda tahu apa kata kunci utama maupun kata kunci turunan yang diaplikasikan pada website tersebut.
Selain melihat website secara langsung, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai tools seperti SEMrush, Ahrefs, atau Moz untuk melihat keyword kompetitor dan menganalisisnya. Tools-tools tersebut dapat memberikan informasi penting mengenai ranking keyword.
Anda bisa melakukan analisis keyword utama maupun keyword turunan yang berhasil mendapatkan peringkat tertinggi di search engine. Selanjutnya, Anda tinggal memodifikasinya dan mengaplikasikannya dengan lebih baik pada artikel.
2. Artikel
Keyword bukanlah satu-satunya faktor penentu SEO website, masih ada faktor lain yang memengaruhi termasuk itu artikel. Sebuah artikel dikatakan berkualitas tidak hanya karena ditulis secara SEO friendly, tetapi juga harus human friendly.
Artikel harus bisa menjadi jawaban atas pertanyaan yang dicari pengguna. Percuma saja artikel panjang tetapi membuat pembaca semakin bingung.
Baca Juga: Cara Mengetahui Keyword yang Digunakan oleh Kompetitor
Nah, melalui proses analisis inilah, Anda menjadi tahu seberapa berkualitas artikel yang dibuat oleh kompetitor. Guna mendapatkan hasil terbaik, tentu saja Anda harus membuat artikel yang jauh lebih bagus daripada milik kompetitor.
3. Struktur Website
Selain keyword dan artikel, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan terhadap struktur website kompetitor. Mulai dari bagian heading, body, sampai bagian footer.
Idealnya, sebuah website harus memiliki beberapa fitur utama seperti heading, konten utama, sidebar, footer, breadcrumbs, sitemap, dan fitur pencarian. Tidak sekedar itu saja, tampilan harus responsif menyesuaikan perangkat yang digunakan oleh user.
Secara tampilan, website harus benar-benar bagus dan pengguna tidak merasa ketika kesulitan ketika mengaksesnya. Jangan lupakan aspek kecepatan website saat Anda melakukan analisis struktur website kompetitor.
Ada beberapa tools analisis kompetitor yang dapat Anda manfaatkan, yaitu responsive design checker dan pagespeed insight. Kedua tools tersebut bisa Anda manfaatkan untuk cek responsivitas tampilan website dan kecepatannya.
4. Backlink
Penting untuk melakukan analisa backlink kompetitor karena backlink merupakan salah satu faktor SEO off page. Semakin banyak dan berkualitas sebuah backlink pada situs web, maka website tersebut lebih disukai Google.
Ada banyak sekali tools yang bisa Anda gunakan untuk mengecek backlink kompetitor antara lain yaitu Ahrefs, Moz, SEMrush, Majestic, dan Ubersuggest.
Supaya bisa melihat data backlink secara menyeluruh, MinTiv menyarankan Anda memakai tools premium atau berbayar. Anda boleh meniru teknik SEO off page milik kompetitor jika dirasa sangat bagus dan membawa dampak positif.
5. Traffic
Traffic dapat menjadi salah satu indikator yang bisa menentukan apakah sebuah website berkualitas. Semakin tinggi jumlah traffic website, bisa menandakan website tersebut berkualitas sehingga membuat pengguna internet tertarik mengunjunginya.
Nah, website yang memiliki traffic tinggi lebih diprioritaskan oleh Google karena telah mendapatkan kepercayaan tinggi dari user. Sebagaimana diketahui, pada algoritma terbaru Google juga menilai SEO website dari aspek user.
Baca Juga: Apa itu Query Deserves Freshness? Bagaimana Cara Kerjanya?
Beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk melihat estimasi jumlah traffic web kompetitor yaitu Ahrefs, SimilarWeb, Sitechecker, Website Traffic Checker, dan SE Rangking. Meskipun hanya estimasi, setidaknya sudah memberikan gambaran seberapa banyak traffic website tersebut.
FAQ Seputar Konten
- Bagaimana cara melakukan analisis website kompetitor? Anda bisa melakukan pengecekan langsung pada website tersebut atau menggunakan bantuan tools seperti yang sudah disebutkan di atas.
- Berapa banyak kompetitor yang harus dianalisis? Idealnya 2-3 kompetitor utama yang memiliki reputasi yang baik di search engine.
- Kapan sebaiknya melakukan analisis ini? Anda harus melakukannya secara berkala, setidaknya 6 bulan sekali.
Dapatkan Free Audit
Sebelum kita sampai kepada kesimpulan dari pembahasan “Analisis Website Kompetitor” ini, MinTiv ingin menginfokan kepada Anda, bahwa Creativism sedang ada jasa Free Audit Website.
Bagaimana cara mendapatkannya?.
Anda cukup klik tombol Free Audit, kemudian isi detail formulirnya. Hasil audit akan kami kirim via whatsapp/email.
Kesimpulan
Berdasarkan semua penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa analisis website kompetitor adalah hal penting yang wajib Anda lakukan untuk memastikan website tetap berada di jalan yang seharusnya. Jangan sampai Anda tidak menyadari adanya persaingan yang begitu ketat.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi kami langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!.