Cara Mengetahui Keyword Kompetitor – SEO adalah salah satu dari sekian banyak channel marketing yang diterapkan pebisnis. Ilmu ini mengharuskan Anda untuk bisa mengoptimalkan keyword tertentu agar dapat tampil di urutan teratas halaman pencarian search engine.
Dari sini kita dapat memahami bahwa pemilihan keyword utama adalah hal yang sangat krusial. Tidak heran jika proses penentuan keyword utama yang ditargetkan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Diperlukan berbagai proses riset keyword yang mendalam.
Ada banyak teknik yang bisa diterapkan untuk menemukan keyword utama yang tepat. Salah satu dari sekian banyak teknik yang bisa dilakukan adalah “mengintip” keyword utama kompetitor.
Cara ini legal, dan memang sah-sah dijalankan. Lagi pula keyword pencarian tidak memiliki hak cipta, bagian yang memiliki hak cipta adalah konten yang ditargetkan untuk keyword utama tersebut.
Mengintip keyword utama yang digunakan oleh kompetitor di niche sejenis, tentu akan mempercepat riset. Lantas bagaimana cara kita untuk dapat mengetahui keyword kompetitor?.
Di sini MinTiv akan membagikan 2 caranya untuk Anda. Dimulai dari menggunakan tools Google Keyword Planner dan juga tools SEMrush. Jadi, simak baik-baik ya!.
Cara Mengetahui Keyword Utama Kompetitor dari Google Keyword Planner
- Di sini MinTiv akan beranggapan bahwa Anda semua sudah memiliki akun Google. Ketikan di laman pencarian Google, Google Keyword Planner.
- Masuk ke dalamnya. Anda mungkin akan diarahkan untuk mengisi beberapa formulir penting. Isilah formulir tersebut dengan data-data yang sebenarnya. Dan jika tahap selesai, maka Anda akan berada pada dashboard Google Ads. Ya, Google Keyword Planner sebenarnya adalah salah satu fitur dari Google Ads.
- Setelah itu pilih menu Discover new keywords. Di dalamnya, pilih Start with a website.
- Terdapat 2 pilihan di dalamnya. Anda bisa memilih opsi Use the entire site untuk mengetahui keyword apakah yang paling sering digunakan pada website tersebut. Jika Anda hanya ingin mengetahui keyword apakah digunakan untuk halaman website tertentu, pilih opsi Use only this page.
- MinTiv akan menggunakan opsi kedua. Setelah selesai, pilih Get results.
- Tunggu hingga prosesnya selesai. Dan inilah hasil yang MinTiv dapatkan. Gunakan icon download untuk mengambil data yang ada dalam bentuk file csv ataupun Google Sheets.
Cara Mengetahui Keyword Utama Kompetitor dari SEMrush
- Login terlebih dahulu ke dalam website SEMrush.
- Setelah itu pilih menu keyword gap yang ada di bagian sidebar. Masukkan 2 hingga 3 website kompetitor pada form yang ada.
- Jangan lupa untuk mengubah tujuan negara dari perbandingan keyword ini. Setelah selesai, klik tombol Compare. Dan inilah hasilnya.
Hasil yang didapatkan dari website SEMrush jauh lebih insightful ketimbang Google Keyword Planner. Anda bisa menemukan banyak model visualisasi data perbandingan keyword dengan kompetitor. Tentu saja dilengkapi dengan fitur filter perbandingan.
Baca Juga: Cara Riset Keyword Efektif untuk Pemula
Tools ini jugalah yang menjadi andalan tim Creativism untuk mengoptimalkan website kliennya. Inilah penjelasan lengkap tentang cara mengetahui keyword kompetitor. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Apa itu Search Generative?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.