Apa Itu KOL. Pernahkah Anda mengikuti webinar karena merasa percaya narasumbernya adalah digital marketer terkenal? Atau, Apakah Anda pernah membeli produk digital karena direkomendasikan oleh seorang pakar di Youtube?
Jika Anda pernah melakukannya, Anda sudah merasakan pengaruh dari seorang KOL. Meski telah merasakan pengaruhnya, mungkin ada yang masih belum memahami apa itu KOL.
Baca Juga: Apa Itu Multi Channel TikTok? Ini Penjelasan Lengkapnya!
Berikut ini, MinTiv akan menjelaskan apa itu KOL, jenis-jenis dan apa manfaat bekerja sama dengan seorang KOL.
Daftar Isi
ToggleApa itu KOL?
KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader. KOL adalah seseorang yang memiliki pengetahuan, skill, serta kemampuan dalam suatu bidang. Pengaruhnya juga cukup besar, sehingga pendapatnya juga akan didengarkan oleh masyarakat. KOL juga bisa disebut sebagai pakar, spesialis atau profesional yang dipercaya oleh banyak orang.
KOL terkenal sebab prestasi dan kemampuan, sehingga bisa memperoleh status ahli sebagai orang referensial di bidangnya. Umumnya pendapat seorang KOL dihargai sebagai ahli bidang tertentu, misalnya seorang penulis buku, psikolog, dokter anak, fashion designer, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, KOL biasanya memiliki audiens yang lebih spesifik di bidang tertentu.
Baca Juga: Tips Memilih Jasa Social Media Management
Dalam bidang bisnis, seorang KOL yang memiliki reputasi kuat dan diakui secara publik bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari strategi marketing. Pendapat seorang KOL bisa berdampak besar pada persepsi konsumen, cocok untuk produk atau jasa yang menguasai bidang tertentu agar audiens merasa yakin.
Contohnya, jika bisnis Anda berkaitan dengan skincare promosi dengan menggunakan orang terkenal saja tidak cukup. Disinilah peran KOL untuk menjelaskan skincare dari sudut pandang ahli, bukan hanya sekedar promosi biasa.
Apa Saja Jenis-Jenis KOL?
Berdasarkan jumlah followers-nya, KOL terbagi menjadi 5 jenis yaitu sebagai berikut.
1. Nano Influencer
KOL untuk jenis nano biasanya memiliki followers mulai dari 1.000 hingga 10.000 pengikut. Jika Anda menggunakan jasa KOL jenis ini untuk keperluan bisnis, maka Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang besar. Selain itu, nano influencer bisa mencapai target secara maksimal karena memiliki audiens yang spesifik dengan target market.
Namun, karena jumlah followers Nano yang kecil kemungkinan jangkauan terbatas. Apalagi jika pengalaman promosi produk atau jasa juga belum handal, pengaruh yang diberikan mungkin relatif kecil.
2. Micro Influencer
Micro influencer adalah KOL yang memiliki followers antara 10.000 hingga 100.000. Jika Anda bekerja sama dengan KOL jenis ini, maka pengeluaran biaya tidak begitu banyak. Berbeda dengan yang sebelumya, KOL jenis ini memiliki interaksi dengan audiens yang lebih tinggi dibanding nano KOL.
Meski jangkauannya terbatas, jika bisnis Anda tergolong kecil atau menengah, KOL jenis ini bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan visibilitas merek dengan biaya terjangkau.
3. Mid-Tier Influencer
KOL dengan jenis mied-tier memiliki followers mulai dari 50.000 hingga maksimal 500.000 followers. Jenis ini memiliki audiens yang lebih luas jika dibandingkan dengan jenis sebelumnya. Oleh karena itu, juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap audiens.
Jika Anda bekerja sama dengan seorang KOL jenis ini, dengan audiens yang banyak serta pengaruhnya yang kuat bisa meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen. Dengan audiens yang beragam, produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa meraih calon pelanggan dari berbagai latar belakang.
Dengan banyak keuntungan yang bisa didapatkan, maka dibutuhkan pengeluaran biaya yang lebih tinggi dibanding dengan jenis sebelumnya. Selain itu, seorang KOL bisa saja tidak langsung fokus pada bisnis Anda sehingga diperlukan komunikasi intens.
4. Macro Influencer
KOL jenis ini memiliki followers antara 500.000 hingga 1.000.000 followers. Biasanya KOL yang tergolong macro, memiliki reputasi yang dikenal luas oleh masyarakat.
Kelebihan menggunakan jasa KOL jenis ini adalah jangkauan audiens yang luas sehingga mampu meningkatkan brand awareness, dengan reputasi yang baik akan memberi pengaruh besar terhadap audiens, dan kemampuan influence yang kuat.
Biaya kerja yang cukup mahal membuat KOL jenis ini kurang cocok untuk bisnis kecil dan menengah. Selain itu, jika followers terlalu beragam, maka interaksi akan sedikit dan pada saat memberikan konten promosi engagement dari audiens juga rendah.
5. Mega Influencer
Ini merupakan KOL dengan followers lebih dari 1.000.000. Seorang KOL dengan jenis ini bisa merupakan musisi, atlet atau selebritas. Dengan ketenaran yang tidak perlu diragukan, maka pengaruhnya juga besar.
Jika Anda tertarik bekerja sama dengan KOL ini, pastikan produk atau jasa sesuai dengan citra dari seorang KOL tersebut. KOL jenis ini yang memiliki jangkauan hingga pasar internasional.
Baca Juga: Cara Memaksimalkan Kampanye SEO dengan Influencer
Pengaruh yang sangat besar seperti ini akan meningkatkan citra bisnis Anda, sehingga cocok untuk bisnis ternama. Hanya saja biaya yang perlu dikeluarkan pasti tinggi. dan jika followers terlalu beragam keterlibatan interaksinya bisa rendah.
Apa Saja Manfaat Kerja Sama dengan KOL?
KOL memiliki sejumlah manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Membantu Promosi
Seorang KOL yang memiliki pengaruh kuat bisa membantu dalam aktivitas promosi suatu produk atau jasa. Ini dilakukan dengan mengunggah konten di media sosial, blog, hingga Youtube pribadinya.
Jumlah followers yang dimiliki oleh seorang KOL bisa menjadi aset dalam promosi. Produk atau jasa yang dipromosikan bisa dikenal oleh para followers yang tidak sedikit, sehingga memberi peluang untuk audiens melakukan pembelian.
2. Menaikkan Kredibilitas
KOL bukanlah seseorang random yang tiba-tiba viral lalu terkenal. Seorang Kol memiliki pengalaman dan keahlian dalam suatu bidang. Jadi dengan memilih KOL yang tepat, kredibilitas bisnis bisa naik.
Misalnya dokter kulit mengatakan bahwa sunscreen dari merek tertentu ringan, tidak menyumbat pori, dan cocok untuk kulit berminyak. Karena dipromosikan oleh seorang ahli dengan reputasi baik, maka orang akan lebih yakin dengan produk Anda dan percaya bahwa produk telah teruji.
3. Followers dan Pelanggan Meningkat
Setelah kredibilitas brand Anda meningkat, akan ada audiens yang mulai tertarik dengan produk atau jasa Anda. Untuk mengatasi rasa penasaran, biasanya audiens mengikuti akun brand, mengecek website dan bahkan langsung melakukan pembelian.
Selain followers yang meningkat, audiens yang melakukan pembelian karena pengaruh dari KOL juga meningkatkan pelanggan Anda.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu KOL dalam dunia pemasaran? KOL (Key Opinion Leader) adalah orang yang berpengaruh dan dipercaya dalam bidang tertentu, sehingga sering diajak brand untuk mempromosikan produk secara lebih meyakinkan.
- Apakah KOL harus memiliki banyak followers? Tidak selalu. Micro KOL dengan followers sedikit tapi audiens yang aktif justru bisa lebih efektif dalam membangun kepercayaan dan menghasilkan konversi.
- Apakah menggunakan KOL mahal? Biayanya bervariasi. Ini tergantung popularitas, platform, dan jenis konten. Brand bisa memilih KOL sesuai anggaran dan tujuan kampanye.
Dapatkan Free Audit
Sebelum kita sampai kepada kesimpulan dari pembahasan “Apa Itu KOL” ini, MinTiv ingin menginfokan kepada Anda, bahwa Creativism sedang ada jasa Free Audit Website.
Bagaimana cara mendapatkannya?
Anda cukup klik tombol Free Audit, kemudian isi detail formulirnya. Hasil audit akan kami kirim via whatsapp/email.
Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader, yaitu seseorang yang mempunyai pengaruh kuat dalam suatu bidang dan dipercaya oleh banyak orang. Peran KOL sangat penting dalam berbagai bidang, karena memiliki kemampuan dan skill yang bisa menjembatani komunikasi dengan audiens.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi kami langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!.