Kampanye SEO dengan Influencer – SEO dan influencer marketing, adalah 2 jenis channel marketing yang berbeda. SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Ilmu ini biasanya difokuskan pada keyword tertentu yang ditargetkan.
Sedangkan influencer marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan seseorang yang punya pengaruh besar di masyarakat, agar bisa menyampaikan pesan promosi bisnis. Umumnya, kita bisa menemukan influencer marketing ini di berbagai media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook dan bahkan LinkedIn.
Secara umum, konten yang diproduksi oleh influencer ini akan berbentuk konten multimedia video. Meskipun beberapa juga ada yang berbentuk konten multimedia gambar atau teks artikel. Untuk konten multimedia artikel sendiri, memang sudah biasa menjadi bagian dari teknik SEO, yakni link building.
Lalu, bagaimana cara menjalankan kampanye SEO dengan influencer ini agar tidak terbatas di konten artikel saja?. Temukan jawaban lengkapnya dengan membaca artikel ini. Simak baik-baik ya!.
Cara Memaksimalkan Kampanye SEO dengan Influencer
1. Menentukan Anggaran yang Dimiliki.
Tips atau cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan terlebih dahulu anggaran yang dibutuhkan. Sesuaikan dengan harga rate card influencer yang ingin diajak kerjasama. Jangan sampai terlalu membebani anggaran bisnis Anda. Jangan hanya terpaku untuk menggunakan jasa influencer dengan followers jutaan.
Anda bisa memaksimalkan influencer lain dengan jumlah followers yang lebih sedikit. Ingat, bahwa influencer tersebut terdiri 4 jenis berdasarkan banyaknya followers. 4 jenis influencer ini adalah;
- Mega influencer.
- Macro influencer.
- Micro influencer.
- Nano influencer.
Hanya karena seorang influencer memiliki jumlah followers yang sedikit, bukan berarti pengaruh yang disebabkannya tidak bisa sebesar pengaruh yang disebabkan oleh mega influencer.
2. Memilih Influencer yang Niche Kontennya Relevan dengan Website Bisnis Anda.
Mirip dengan strategi tanam backlink dalam proses link building, sebisa mungkin untuk Anda mencari influencer yang niche kontennya relevan. Semisal Anda menjalankan bisnis jual beli sepeda. Alih-alih memanfaatkan influencer dengan jutaan followers, Anda bisa memanfaatkan influencer lain yang kontennya gemar memberikan tips dan trik bersepeda.
Meskipun mungkin jumlah followersnya sedikit, tetapi jelas kampanye yang dilakukan lebih tertarget. Plus website yang direkomendasikan dalam video influencer tersebut mengalami peningkatan kepercayaan bisnis dan kredibilitas. Prinsipnya sama dengan cara Anda ketika berusaha menaikkan topical authority dari proses link building. Jangan lupa untuk mencari influencer dengan rekam jejak yang baik, jauh dari hal-hal viral yang negatif.
3. Menentukan Brief Konten Bersama dengan Influencer.
Langkah berikutnya adalah dengan menemukan brief konten yang sesuai. Dalam proses ini, Anda bisa meminta kepada influencer untuk mengajukan brief konten tersendiri.
Hal ini dimaksudkan agar influencer tidak merasa terbatasi jiwa kreativitasnya. Atau jika memang influencer tersebut memerlukan banyak waktu untuk menemukan idenya, Anda bisa membantunya untuk menemukan brief konten yang segar.
Perhatikan dengan seksama tren konten apakah yang cocok untuk niche konten bisnis Anda. Jangan sampai Anda menggunakan konten yang sesuai dengan tren, tetapi tidak sesuai dengan value bisnis Anda sendiri. Ingat, konten yang baik tetaplah konten yang relevan dengan value bisnis Anda.
Pesan Sekarang: Jasa Video Marketing (untuk Reels Instagram & TikTok) Lengkap dengan Talent Terbaik
Apabila Anda kesulitan menemukan brief konten yang tepat untuk influencer tertentu, Anda bisa konsultasi bersama dengan MinTiv. MinTiv memiliki banyak ide konten yang segar. Bukan hanya itu saja, MinTiv juga telah bekerja sama dengan banyak influencer profesional.
4. Jangan Lupa untuk Sematkan Call to Action Menuju Website Utama Anda.
Langkah keempat adalah dengan menyematkan call to action menuju website utama Anda. Ya, ini sesederhana Anda meminta kepada influencer untuk mengatakan “Untuk Info Lebih Lanjut, Bisa Kepoin di Website …”.
Tetapi sebelum menuju bagian akhir ini, pastikan delivery kontennya benar-benar menggigit dan audience mau melihat kontennya hingga akhir.
5. Prioritaskan untuk Dongkrak Performa Local SEO Anda.
Terakhir adalah memprioritaskan strategi ini untuk mendongkrak performa daripada Local SEO website Anda. Local SEO sendiri adalah teknik optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal dan juga Google My Business.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu SEO?. ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine.
- Apa itu influencer marketing?. strategi pemasaran yang memanfaatkan seseorang yang punya pengaruh besar di masyarakat, agar bisa menyampaikan pesan promosi bisnis.
- Apakah SEO bisa digabungkan dengan strategi influencer marketing?. Bisa, pada dasarnya prinsipnya sama dengan link building atau brand mention.
- Bagaimana cara melakukannya?. 1. Tentukan anggaran. 2. Memilih influencer yang relevan. 3. Membuat brief konten. 4. Sematkan Call to Action. 5. Prioritaskan untuk Local SEO.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara memaksimalkan kampanye SEO dengan influencer. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Website Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Apakah Riset Keyword itu Penting untuk SEO?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Cara Memaksimalkan SEO Website dengan Influencer […]