Riset Keyword itu Penting – Menjalankan SEO, berarti Anda harus siap dengan segala tantangan yang ada di dalamnya. Satu di antara banyak tantangan tersebut adalah riset keyword. Ya, riset keyword menjadi salah satu tantangan awal yang mesti dihadapi pebisnis ketika menjalankan SEO.
Bahkan riset keyword menjadi materi pembelajaran paling awal untuk pemula ketika mendalami SEO. Lantas apakah riset keyword sepenting itu?. Banyak dari beberapa pebisnis yang mengatakan bahwa riset keyword itu tidak penting. Mereka beranggapan bahwa ketika kita menjalankan SEO, maka kita cukup untuk menuliskan konten artikel yang enak dibaca saja.
Anggapan ini disandarkan pada proses riset keyword yang memang tidak setiap saat dilakukan, sedangkan proses pembuatan konten berkualitas, harus setiap hari dilakukan.
Benarkah anggapan ini?. MinTiv akan mengulasnya lengkap di dalam artikel ini. Jadi, simak baik-baik ya!.
Apakah Riset Keyword itu Penting?
Mengatakan bahwa riset keyword itu tidak penting, jelas 100% salah. Memang benar terkadang kita bisa melewatkan proses riset keyword ini ketika membuat sebuah konten.
Tetapi jika konten yang ditujukan adalah untuk meningkatkan brand awareness bisnis serta mendapatkan lead dan konversi yang maksimal, bukan sekedar menambah brand knowledge saja, maka proses riset keyword menjadi perlu dilakukan.
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari proses riset keyword ini. 4 di antaranya adalah;
1. Menjadikan Kampanye SEO Website Lebih Tertarget
Manfaat pertama yang bakal Anda dapatkan dari proses riset keyword ini adalah mampu menjadikan proses kampanye SEO lebih tertarget. Ya, Anda jadi memiliki gambaran yang sempurna mengenai tujuan yang ingin dicapai.
Terlebih pada keyword apakah website Anda ingin perform. Anda bisa menjalankan SEO website Anda sesuai dengan tujuan utama yang sebelumnya telah dirumuskan dalam business plan.
2. Anda Bisa dengan Mudah Mendapatkan Content Pillar
Manfaat kedua adalah memudahkan Anda untuk bisa mendapatkan content pillar. Content pillar sendiri adalah pedoman yang bisa digunakan sebagai pemandu konten-konten baru lainnya agar sesuai dengan konten dengan keyword utama, yang ini tentunya juga sesuai dengan target audience bisnis.
Anda bisa merepresentasikan content pillar ini sebagai bagian dari cornerstone content. Sebuah konten yang menjadi fondasi utama sebuah website, paling relevan dengan bisnis, dan paling banyak mendatangkan traffic.
3. Memudahkan Anda untuk Menyusun Rencana Konten
Apabila Anda telah menemukan content pillar yang tepat, maka perencanaan untuk konten pendukung berikutnya akan lebih mudah dilakukan. Anda bisa melakukan berbagai teknik untuk menemukan banyak ide konten terbaru yang masih relevan dengan keyword utama di konten utama.
Kita bisa saja menggunakan 6 teknik berpikir kreatif, dimulai dari;
- Lateral thinking.
- Lotus blossoms.
- Reframing.
- 18 Content.
- FAQ Content.
- VAS Method.
Anda bisa membaca lebih lengkap masing-masing dari 6 teknik berpikir kreatif di atas melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: 6 Teknik Berpikir Kreatif untuk Proses Content Marketing
4. Local SEO Jadi Lebih Maksimal
Manfaat riset keyword yang terakhir adalah menjadikan proses Local SEO lebih maksimal. Local SEO sendiri adalah teknik optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal dan juga optimasi Google My Business.
Di dalam proses Local SEO ini, kita harus dapat mengerti dengan baik keyword local. Keyword spesifik yang di dalamnya terdapat nama daerah sesuai alamat fisik bisnis Anda. Bagaimana mendapatkannya?, tentu saja dengan melakukan riset keyword bukan?. Riset keyword pada local SEO juga sangat bermanfaat untuk proses penentuan citations atau listing lokal.
Jadi jawaban dari pertanyaan “Apakah Riset Keyword itu Penting?” sudah sangat jelas bukan?. 100% penting. Anda tidak bisa serta merta mengabaikan proses ini.
FAQ Seputar Konten
- Apakah riset keyword itu penting?. Jawabannya iya.
- Berapa kali kita harus melakukan riset keyword?. Lakukan riset keyword untuk konten-konten yang memang ditujukan untuk meningkatkan brand awareness bisnis serta mendapatkan lead dan konversi yang maksimal.
- Apa manfaat riset keyword?. Salah satunya adalah memudahkan Anda untuk menemukan content pillar.
- Bagaimana cara melakukan riset keyword yang baik?. Anda bisa membaca panduannya lengkap melalui LINK INI.
- Apa saja tools riset keyword yang rekomendasi digunakan?. Google Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs, Ubersuggest.
Inilah penjelasan lengkap tentang apakah riset keyword itu penting. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik dengan layanan lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Organic Traffic vs Paid Traffic, Mana yang Lebih Baik untuk Didapatkan?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apakah Riset Keyword itu Penting untuk SEO? […]