Cara Riset Keyword Website – Untuk dapat memenangkan persaingan SEO di halaman pertama Google, Anda butuh riset keyword yang mendalam. Riset keyword sendiri adalah bagian mendasar dan terpenting untuk website bisa tampil di halaman 1 Google. Sayangnya, masih banyak pebisnis online yang belum mengetahui bagaimana caranya melakukan riset keyword website tepat.
Kebanyakan pebisnis online masih menggunakan cara lama, yakni dengan hanya menuliskan konten website sebanyak-banyaknya. Tidak memperdulikan apakah keyword yang digunakan memang memiliki search volume yang memadai atau tidak. Apakah keyword yang digunakan berada di High Level atau Low Level Competition.
Cara lama ini, adalah imbas daripada pebisnis online yang masih percaya akan mitos-mitos SEO. Anda bisa membaca apa saja mitos-mitos SEO pada artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa Saja Mitos-Mitos SEO yang Masih Dipercaya Hingga Sekarang?
Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat melakukan riset keyword yang benar?. Berikut ini MinTiv akan membagikan tipsnya. Jadi simak baik-baik artikel ini ya!
Cara Riset Keyword Website
1. Pelajari Niche Website Anda
Yang pertama adalah dengan mempelajari terlebih dahulu niche website Anda. Niche adalah target pasar yang spesifik dalam kegiatan bisnis. Gampangnya, kita dapat memahami niche sebagai tema bisnis yang diusung atau dipromosikan. Mengenal niche website secara mendalam, tentunya akan membantu Anda untuk dapatkan ide-ide out of the box untuk konten website.
Bukan hanya berguna untuk memperluas ide Anda, tapi juga menjadikan ruang lingkup ide Anda lebih spesifik, dan tidak keluar dari target pasar yang telah ditentukan sebelumnya. Contohnya ketika Anda memiliki bisnis di bidang konsultan bisnis, maka konten website Anda tentunya akan berkutat seputar konsultan bisnis dan semacamnya.
Jika Anda nekat menuliskan konten website yang bertemakan selain konsultan bisnis, maka nilai relevan yang didapatkan jelas akan berkurang. Ini jelas, karena Google mengikuti pola E-A-T.
Baca Juga: Apa itu Google E-A-T dan Fungsinya dalam SEO?
Apabila suatu konten bertemakan konsultan bisnis, ditulis oleh website yang terkenal sebagai web-nya konsultan bisnis, maka nilai relevannya di mata Google akan lebih besar, ketimbang jika website tersebut menuliskan konten tentang traveling ataupun kuliner.
Anda bisa mempelajari niche website Anda lebih dalam dengan bertanya kepada pengunjung setia tentang istilah apa yang digunakan ketika mereka mencari informasi produk atau bisnis Anda. Libatkan diri Anda di dalam komunitas online yang memang memiliki niche yang sama untuk memperkaya wawasan content marketing Anda.
2. Memahami Search Intent
Kedua adalah dengan memahami search intent. Search intent adalah tujuan seseorang ketika mengetikan keyword tertentu di laman pencarian Google. Memahami search intent dengan baik, akan membantu Anda dalam menuliskan konten yang berkualitas.
Contohnya ketika seseorang menuliskan kata kunci Jasa Kelola Instagram, maka Anda tidak perlu lagi menuliskan informasi tentang apa itu pengelolaan Instagram dan lainnya. Yang cukup Anda tuliskan adalah kelebihan Anda dalam pengelolaan Instagram, fitur & layanan yang diberikan, dan juga harga.
Mengapa?, karena keyword Jasa Kelola Instagram termasuk ke dalam jenis search intent model Transactional, artinya pengunjung sudah mengetahui dengan pasti tujuan mereka mengetikkan kata kunci tersebut. Yakni untuk mendapatkan informasi agen mana memberikan pelayanan pengelolaan Instagram terbaik dengan harga yang pas.
Anda bisa mempelajari jenis-jenis search intent ini pada artikel di bawah ini;
Baca Juga: Jenis-Jenis Search Intent dan Cara Menggunakannnya
3. Keyword yang Relevan
Ketiga adalah dengan membuat daftar keyword yang relevan. Semisal website bisnis Anda adalah menjual sepatu, maka Anda bisa membuat daftar keyword yang relevan berkaitan dengan Sepatu. Semisal;
- Jual Sepatu Berkualitas
- Jual Sepatu Terbaik
- Jual Sepatu Olahraga
- Jual Sepatu Sekolah
- Jual Sepatu Running
- Jual Sepatu Pria
- Jual Sepatu Wanita
- Jual Sepatu Kantor
- Jual Sepatu Santai
- Jual Sepatu Berkualitas Jogja
- Jual Sepatu Berkualitas Jakarta
4. Membuat Seed Keyword
Berikutnya adalah dengan membuat seed keyword. Menurut Keyword Tool, seed keyword adalah benih kata kunci atau kata kunci unggulan dari daftar keyword yang sebelumnya telah dibuat. Adanya seed keyword ini, akan memudahkan Anda untuk membuat daftar keyword yang baru.
5. Menggunakan Keyword Tools
Kelima adalah dengan memanfaatkan keyword tools. Ada banyak keyword tools yang bisa Anda gunakan, mulai dari berbayar hingga yang free. Tentu saja opsi yang diberikan oleh keyword tools premium lebih banyak ketimbang yang free.
Di sini MinTiv akan memberikan langkah-langkah untuk dapat melakukan riset keyword di Google Keyword Planner. Keyword tools yang dapat digunakan kapanpun dan bersifat gratis.
- Buka laman Google Ads terlebih dahulu, lalu sign in seperti biasa.
- Di laman pembuatan iklan, Abaikan saja langkah-langkah yang ada. Atau Anda bisa mengikuti arahan di bawah ini untuk mempercepat proses.
- Pilih Get More Calls
- Isi bagian Give us your business name sesuai dengan kehendak Anda.
- Di bagian pengisian iklan, berikan keterangan sesuai dengan arahan yang ada.
- Abaikan 2 langkah berikutnya dengan menekan tombol next.
- Untuk bagian pembayaran pilih saja bagian manual
- Inilah dashboard Google Ads. Mengapa harus Google Ads?, karena Google Keyword Planner adalah bagian dari Google Ads.
- Beralih ke menu Tools and Settings, lalu pilih bagian Planning dan Keyword Planner.
- Pilih salah satu menu yang ada di antara Discover New Keyword ataupun Get Search Volume and Forecasts. MinTiv memilih Discover New Keywords. Masukkan keyword yang sebelumnya telah Anda riset, lalu pilih Get Results.
- Gambar di atas adalah contoh percobaan yang dilakukan oleh MinTiv.
6. Analisis Keyword Kompetitor
Yang terakhir adalah dengan melakukan analisis keyword kompetitor. Anda bisa saja melakukan analisis ini secara manual ataupun kembali menggunakan bantuan dari keyword tools. Contohnya seperti yang MinTiv lakukan pada postingan Instagram di atas.
Inilah 6 cara riset keyword website yang bisa Anda terapkan. Apabila Anda mencari agen digital marketing yang memiliki layanan SEO terbaik, hubungi Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: 6 Cara Mudah Riset Keyword Agar Tembus Halaman 1 Google […]
[…] yang menjadi poin penting dalam Local SEO, 4 langkah tersebut adalah Daftar di Google My Business, Riset Keyword, Optimasi On Page SEO terutama Schema Markup, Membuat NAP […]
[…] Baca Juga: 6 Cara Riset Keyword Website Agar Berada di Peringkat 1 Halaman Google. […]
[…] Riset keyword. Bagian ini penting untuk dilakukan dengan strategi yang matang, Ada banyak keyword yang bisa […]