Apa itu Evergreen Content – Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk kembangkan bisnis adalah dengan web marketing. Web marketing sendiri adalah teknik pemasaran yang fokus utama penyebaran informasinya dilakukan melalui platform website. Teknik ini sendiri identik dengan teknik pemasaran lainnya yakni SEO.
Bagi Anda yang sering mondar mandir di Blog Creativism ini pastinya tidak akan asing lagi dengan istilah SEO. Ya, SEO adalah teknik optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama Google melalui keyword tertentu yang ditargetkan.
Penerapan teknik ini mengharuskan Anda untuk selalu memberikan optimasi terbaik pada 4 bagian penting SEO. 4 bagian penting itu adalah Local SEO, Technical SEO, On Page & Off Page SEO.
Baca Juga: Cara Menjalankan White Label Marketing yang Menguntungkan Perusahaan
Terkhusus untuk bagian On Page & Off Page SEO, konten berkualitas menjadi nyawa penting yang tidak boleh dilewatkan. Satu dari sekian banyak konten berkualitas tersebut adalah evergreen content. Apa itu evergreen content?.
MinTiv akan menjelaskannya lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Evergreen Content?
Menurut Hubspot, evergreen content adalah jenis konten yang tidak akan ketinggalan zaman alias selalu sesuai dengan perkembangan zaman.
Mudahnya, kita dapat memahami bahwa evergreen content adalah konten yang dibuat untuk jangka waktu yang panjang. Adapun perubahan pada konten tersebut terjadi pada bagian kecil saja pada data tertentu, semisal tanggal kematian.
Salah satu website besar yang menerapkan konten jenis ini adalah Wikipedia atau website sejenis yang menerangkan tentang biografi seseorang. Ulasan mengenai film di website Rotten Tomatoes, dan IMDb juga termasuk ke dalam website yang gunakan konten jenis ini.
Evergreen Content adalah kebalikan dari konten viral dan tidak terikat akan waktu tertentu. Jadi, kita bisa memahami bahwa konten seperti 10 Daftar Artis Terbaik 2023 tidak termasuk ke dalam jenis konten ini.
Baca Juga: Apa Saja Jenis Authoritative Content SEO?
Evergreen content bermanfaat untuk datangkan traffic website secara konsisten. Anda tidak perlu banyak memusingkan perubahan data pada konten tersebut, karena isi kontennya yang selalu relevan dengan perkembangan zaman.
Cara Membuat Evergreen Content
Berikut ini adalah 6 tips jitunya dari MinTiv.
1. Memilih topik yang relevan. Ya, pastikan bahwa Anda selalu memilih topik yang sesuai dengan niche bisnis Anda. Pastikan bahwa topik yang Anda angkat ini berkaitan dengan prinsip-prinsip dasar, yang itu memerlukan waktu yang lama untuk diubah.
O iya di sini, Anda harus paham perbedaan antara evergreen content dengan evergreen topics. Ahrefs menjelaskan bahwa evergreen topics adalah jenis topik dengan minat dan jumlah volume pencarian yang konsisten dari waktu ke waktu.
Contohnya adalah topik tentang makanan sehat untuk ibu hamil, cara meningkatkan massa otot, dan lain-lain. Sedangkan evergreen content adalah jenis konten yang berfokus pada topik konten evergreen itu sendiri. Contohnya artikel tentang 10 jenis makanan sehat untuk ibu hamil, 10 jenis latihan untuk tingkatkan massa otot lengan, dan lain-lain.
2. Riset keyword. Bagian ini penting untuk dilakukan dengan strategi yang matang, Ada banyak keyword yang bisa digunakan untuk evergreen content. Bagian sulitnya adalah menggunakannya ke dalam konten, sekaligus menjadikannya menarik.
3. Memilih format konten yang tepat. Ya, jika di dalam konten Anda sekiranya memerlukan elemen seperti video atau gambar khusus maka berikanlah. Terlebih lagi jika konten Anda berkaitan dengan data, maka tentunya elemen gambar khusus yakni infografis sangat diperlukan.
4. Gunakan sumber yang dapat dipercaya. Ya, menggunakan sumber yang dapat dipercaya adalah kunci penting evergreen content.
5. Menggunakan tata bahasa yang menarik. Terlebih lagi, hampir dari evergreen content (tidak semuanya), berisikan penjelasan fundamental yang cenderung membosankan.
6. Perbarui secara teratur.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu evergreen content. Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa SEO Profesional, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] URL Slug pada sebuah website bersifat permanen. Mengaitkannya dengan tanggal dan waktu tidaklah disarankan. Terlebih konten yang dibuat ditujukan untuk menjadi evergreen content. […]
[…] Secara garis besar, hampir semua Web Content Writer atau SEO Writer menggunakan metode ini. Terlebih pada konten yang ditujukan untuk keyword abadi atau ditujukan untuk jadi evergreen content. […]
[…] Baca Juga: Cara Membuat Evergreen Content […]