Jenis Authoritative Content – Google selalu memberikan perubahan pada algoritma pencarian di setiap bulannya. Hal ini menjadikan banyak konten website yang awalnya berada di halaman pertama Google harus rela turun peringkat.
Ya, update algoritma yang dilakukan oleh Google memang akan berdampak besar pada konten-konten yang di halaman pertama Google.
Tidak heran banyak SEO marketer yang mengeluhkan hal ini terjadi.
Lalu, mengapa Google selalu memberikan perubahan pada algoritma mereka?.
Jawabannya jelas, untuk menyaring konten dengan search intent yang paling relevan dengan keyword. Relevan di sini juga bisa dimaksudkan sebagai konten yang fresh dan sesuai dengan keadaan terbaru.
Bisa jadi memang konten Anda sudah bertahan lama di halaman pertama Google. Tetapi ketika Google melakukan update dan menemukan konten lain yang lebih relevan dengan keadaan sekarang, lebih berkualitas, maka konten tersebut akan menjadi prioritas utama.
Untuk itu Anda harus dapat memaksimalkan konten Anda agar menjadi konten yang dapat dipercaya, jelas, dan juga aktual. Jenis konten ini biasa disebut dengan Authoritative Content.
Apa itu Authoritative Content?. MinTiv akan membahasnya lengkap untuk Anda di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Authoritative Content
Menurut definisi dari OKWrite, authoritative content adalah konten yang dapat dipercaya, jelas, dan juga aktual kepada pembaca. Konten jenis inilah yang dicari-cari oleh pembaca yang ada di internet. Darinya, pembaca atau pengguna internet dapat menemukan jawaban dari informasi yang mereka cari-cari.
Authoritative content sendiri termasuk ke dalam jenis konten yang membutuhkan pembahasan mendalam dan juga detail. Karena inilah, biasanya yang menuliskan topik untuk jenis konten ini adalah mereka yang memang ahli di pembahasan topik tersebut.
Semakin banyak authoritative content di dalam sebuah website maka semakin tinggi juga kredibilitas yang dimiliki. Semakin mudah konten website tersebut untuk tembus di halaman pertama pencarian Google.
Authoritative content adalah cara terbaik untuk Anda yang ingin menjalankan web marketing demi meningkatkan kepercayaan pembaca.
Pada akhirnya juga akan meningkatkan jumlah active visitor pada website Anda. Active visitor sendiri adalah mereka yang menjadi pengunjung setia website Anda, memberikan komentar dan juga share konten Anda di sosial media mereka.
Jenis Jenis Authoritative Content
Ada banyak jenis konten yang dapat termasuk authoritative content. Namun ada 5 yang paling populer, yakni;
- Tutorial: Sesuai dengan namanya, konten ini akan memberikan penjelasan lengkap kepada pembacanya untuk menyelesaikan suatu masalah. Niche konten yang biasanya identik dengan jenis authoritative content ini adalah teknologi. Anda dapat melihat contohnya pada website Inwepo.co, Androbuntu.com, Nesabamedia.com, Winpoin.com, dan lain-lain.
- Artikel blog: Yang kedua adalah artikel blog. Konten jenis ini bertujuan untuk mengedukasi seseorang terhadap topik tertentu. Untuk yang ini Anda bisa menemukannya pada banyak contoh website.
- Buyer guide: Sebuah konten yang berisikan panduan untuk pengunjung dapat membeli suatu barang atau memesan jasa tertentu.
- Video: Ya, konten ini adalah konten yang memanfaatkan video sebagai elemen utama sebagai penjelasannya. Konten jenis ini efektif untuk menurunkan bounce rate.
- Evergreen content: Berisikan tema-tema kekinian dan sedang booming. Contoh situsnya adalah website berita.
Tips Jitu untuk Membuat Authoritative Content
1. Fokus untuk Bidang Tertentu
Yang pertama adalah fokus untuk membahas bidang tertentu. Tunjukkan keahlian Anda dalam menuliskan sebuah konten. Keahlian ini didapatkan apabila Anda sudah mendapatkan pemahaman yang cukup terhadap topik yang dibahas.
Pastikan bahwa konten yang Anda tuliskan tersebut tidak memiliki kesalahan pengetikkan. Menggunakan alt tag dan juga meta description.
2. Menyesuaikan Tren Terbaru
Selanjutnya adalah dengan menyesuaikan konten dengan tren terbaru.
Konten yang memanfaatkan topik yang lagi tren ini sangat efektif untuk menambah ketertarikan calon pengunjung ke dalam website Anda. Tips ini bermanfaat untuk meningkatkan traffic website dalam waktu yang singkat. Anda bisa melihat contohnya pada salah satu konten artikel milik MinTiv berjudul Tips Agar Viral di TikTok pada gambar di atas.
3. Sesuaikan Konten dengan Experience Anda
Ketiga adalah dengan menyesuaikan isi konten dengan pengalaman Anda sendiri.
Konten seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas website. Belum lagi, kepercayaan pembaca konten Anda akan meningkat, karena Anda mampu menjelaskan suatu masalah dengan pengalaman Anda.
Semisal ketika Anda ingin membuat konten artikel tentang tutorial Facebook Ads, dan di dalamnya Anda mencantumkan pengalaman sendiri tentang cara mengatasi AME dari tahap pengajuan ke Facebook, menuju pengajuan banding dikabulkan, dan proses akhir, yakni akun dapat dikembalikan.
4. Gunakan Gambar/Video untuk Perjelas Poin
Keempat adalah dengan menggunakan gambar atau video untuk memperjelas poin yang ada.
Penggunaan gambar dan video ini akan membantu pengunjung website untuk memahami konten Anda lebih dalam. Belum lagi dengan menggunakan video, pengunjung akan terhenti beberapa saat untuk menonton video Anda. Konten yang memuat video seperti ini dapat membantu Anda untuk menurunkan bounce rate.
5. Tambahkan Data Analisis
Berikutnya adalah dengan mencantumkan data analisis terbaru terkait topik yang ingin Anda angkat menjadi konten.
Anda bisa memanfaatkan hasil analisis dari beberapa situs analisis yang seperti Databoks.katadata.co.id, Dataindonesia.id, SEMrush, Kaggle Datasets, dan lain-lain.
6. Gunakan Sudut Pandang Pembaca
Yang terakhir adalah dengan memanfaatkan sudut pandang pembaca.
Teknik seperti ini sangat ampuh untuk meningkatkan rasa emosional pengunjung website ketika membaca konten Anda. Contohnya dapat Anda lihat pada salah satu konten MinTiv. Di mana MinTiv menggunakan sudut pandang pembaca yang ingin melakukan optimasi Instagram namun bingung apakah ingin rekrut karyawan atau tidak.
Inilah penjelasan rinci tentang apa itu authoritative content. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Optimasi SEO Website, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: 5 Jenis Authoritative Content Wajib SEO Marketer Ketahui! […]