Fungsi Website dalam Bisnis – Era bisnis sekarang telah beralih ke pada zaman digitalisasi. Kita dapat menemukan berbagai teknologi digital pada setiap touchpoint dari customer journey dengan mudah. Mulai dari tingkatan touchpoint customer journey terbawah yakni branding hingga untuk keperluan konversi atau retensi pelanggan.
Ya, kita dapat menyebut Instagram, TikTok, Facebook, YouTube dan berbagai tools digital marketing (berbentuk sosial media) lainnya.
Tapi dari sekian banyak tools tersebut, terutama yang berbentuk sosial media, mereka tetap harus gunakan satu media teknologi lain untuk sampaikan informasi produk yang lebih detail. Media teknologi tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah website.
Ya, website menjadi bagian penting yang tidak boleh dilewatkan sekarang ini. Bahkan, kebanyakan dari pebisnis sudah mewajibkan website sebagai salah satu tools branding mereka.
Website dapat dengan mudah menampung berbagai informasi produk yang Anda miliki. Anda dapat membuat halaman khusus per produk atau per informasi produk untuk lebih mudah dipahami oleh audiens. Data dari Global Web Index mengatakan bahwa 62% alasan pelanggan mengunjungi website adalah untuk mencari informasi produk.
Lalu apa jadinya jika pebisnis tidak memiliki website untuk menampilkan informasi produk mereka?. Tentunya pebisnis tersebut diharuskan untuk lebih aktif lagi di marketing channel lain semisal sosial media. Di mana ia harus memikirkan konten setiap harinya, agar semua informasi produk tersampaikan.
Apakah berakhir ketika semua informasi produk tersampaikan?. Jelas tidak. Beberapa pelanggan bahkan mengharuskan pebisnis untuk lakukan penjelasan produk berulang-ulang. Hal inilah yang menjadikan proses bisnis menuju konversi menjadi tidak efektif.
Anda sudah banyak memberikan informasi kepada pelanggan, tetapi peluang konversi mereka saat melakukan transaksi kecil.
Beda halnya jika Anda memiliki website, di mana pelanggan yang datang kepada Anda, biasanya hanya akan bertanya “Berapa Harganya, Saya Berminat Bagaimana Prosesnya”, “Berapa ongkirnya” dan lain sebagainya.
Pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan tidak lagi seputar meminta informasi produk melainkan mengarah ke konversi.
Sumber: Ciptajaya.com
5 Fungsi Website dalam Bisnis Digital
Dari sini Anda pasti sudah mengetahui bahwa salah satu fungsi website dalam bisnis digital adalah memangkas waktu atau menjadikan proses transaksi lebih efisien menuju konversi. Selain fungsi ini, website dalam bisnis juga berfungsi untuk;
1. Meningkatkan Kredibilitas
Yang pertama, memiliki website dapat menambah nilai kredibilitas bisnis Anda. Kredibilitas ini berkaitan erat dengan kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis Anda.
Berdasarkan pengalaman Creativism terhadap klien bisnisnya. Banyak dari mereka (klien bisnis Creativism) yang mengaku bahwa banyak pelanggan potensialnya yang mundur karena mereka yang tidak memiliki website.
Baca Juga: Apa Saja Indikator Kepercayaan Bisnis dari Konsumen?
Hal ini dapat Anda kurangi dengan memiliki website bisnis tersendiri. Terlebih lagi jika website bisnis tersebut didesain dengan tampilan yang wow dan juga enak untuk dilihat. Calon pelanggan akan jauh lebih percaya terhadap bisnis Anda.
2. Memudahkan Pencarian Informasi
Manfaat yang kedua adalah memudahkan calon pelanggan untuk mendapatkan informasi produk Anda. Persis seperti yang sudah MinTiv utarakan pada awal awal artikel ini.
Pengunjung website akan lebih mudah mendapatkan berbagai informasi detail terkait bisnis Anda, yang mungkin belum termuat di dalam marketing channels lain layaknya social media marketing. Satu hal lagi, website dapat diakses dengan mudah melalui berbagai platform, baik itu PC, mobile phone, ataupun tablet.
Pengunjung tidak harus memiliki akun atau pasang aplikasi sosial media tertentu terlebih dahulu pada perangkat mereka.
3. Membantu Anda untuk Hemat Biaya Promosi
Selanjutnya adalah membantu Anda untuk menghemat biaya promosi.
Ya, website akan membantu Anda untuk hemat biaya promosi bisnis terutama yang berkaitan dengan cara-cara konvensional. Semisal dengan desain brosur, pamflet, banner, penggunaan reklame di pinggir jalan dan lain-lain. Website bisa menampung semua jenis informasi yang ada, dan bahkan akan jauh lebih interaktif ketimbang cara konvensional.
Perlu diketahui bahwa metode pemasaran interaktif adalah metode yang saat ini menjadi tren bisnis di mana-mana.
4. Potensi Jaringan Bisnis yang Meluas
Keempat adalah memudahkan Anda untuk mendapatkan peluang bisnis yang meluas.
Hal ini bisa Anda dapatkan terlebih website bisnis Anda mampu memukau pelaku bisnis lainnya. First impression yang bagus inilah yang nantinya akan membantu Anda untuk proses negosiasi business to business. Bukan untuk nasional saja, tapi juga internasional.
5. Media Utama untuk SEO Marketing
Yang terakhir, adalah website yang dapat berfungsi sebagai media utama untuk SEO marketing.
Ya, seperti yang kita ketahui, SEO adalah ilmu optimasi website untuk dapat tampil di halaman pertama Google melalui keyword tertentu. Dari ini kita bisa memahami bahwa syarat awal untuk bisa menjalankan SEO adalah dengan memiliki website terlebih dahulu.
Tips Menjalankan Website untuk Bisnis
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan website Anda. Yang paling tinggi tingkatan tekniknya tentu saja adalah SEO.
Baca Juga: Cara Audit Website Secara Manual
Di sini MinTiv akan berbagi 3 tips sederhana untuk bisa memaksimalkan keberadaan website bisnis Anda. 3 tips tersebut adalah;
1. Menggunakan Template Website yang SEO and Mobile Friendly
Tips yang pertama adalah dengan menggunakan template website. Kenapa menggunakan template website?.
Karena menggunakan template ini bisa mempercepat proses pembuatan website bisnis Anda. Menggunakan template juga akan mempermudah Anda untuk menata informasi apa saja yang cocok dimasukkan di dalam website.
Lalu bagaimana dengan masalah otentisitas website?. Tentunya Anda bisa saja melakukan sedikit perubahan template website yang Anda gunakan. Lakukan perubahan tersebut pada bagian yang memang akan sering dilihat oleh pengunjung (home).
2. Tentukan Halaman Informasi Website yang Menarik Perhatian Pengunjung
Selanjutnya adalah menentukan halaman informasi website yang menarik perhatian pengunjung.
Di sini Anda, bisa menggunakan halaman home untuk memuat konten profil, produk/jasa Anda, kelebihan yang ditawarkan, fitur yang didapatkan pelanggan, dan juga info cara pemesanan secara singkat.Untuk konten detailnya bisa Anda jabarkan pada halaman khusus.
Contohnya bisa Anda lihat pada website klien Creativism yakni Sintesa-consultant.id di atas.
3. Menggunakan Fitur Email Subscription
Terakhir adalah dengan menggunakan fitur email subscription untuk keperluan email marketing Anda. Data-data yang masuk melalui fitur ini bisa Anda gunakan untuk segmentasi audiens pada email marketing. Perusahaan-perusahaan besar banyak menggunakan fitur ini untuk mendapatkan pengunjung setia serta meningkatkannya jumlahnya.
Baca Juga: 6 Perbedaan SEO dengan SEM
Butuh Jasa Pembuatan Website Terpercaya?
Jika Anda benar-benar sedang membutuhkan jasa ini, maka Anda bisa segera memanggil Creativism. Creativism sendiri sudah terbukti membantu banyak pebisnis yang ingin Go Digital melalui sebuah website.
Melalui kerjasama tim kontennya, Creativism sudah berhasil membangun banyak website bisnis untuk pebisnis Go Digital. Berikut beberapa klien mereka untuk jasa ini;
- Cipta Jaya Bangunan
- Sintesa-consultant
- Aveecena
- Kamibox
- Krenova
- Divine Oracular Assistance
- Kurma Udayana
- Kiyashop.official
- Welbing
- South Formed
- Padi Padi Creative
- dan lain-lain.
Hubungi mereka pada nomor 6281 22222 7920. Dapatkan juga layanan SEO terbaik dari mereka segera!!.
[…] Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Perlu Memiliki Websitenya Sendiri […]