Sumber: Creativism.id
Strategi Marketing Anti Gagal Ala Mixue. Yuk cari tahu strategi marketingnya agar bisnis Kamu jadi tambah cuan.
Siapa di antara Kawan Creativ yang belum tahu viralnya brand es krim yang satu ini? Mixue namanya. Selain menyajikan es krim dan tehnya yang enak, kini gerainya sudah tersebar di mana-mana, bahkan booming di media sosial.
Zhang Hongchao, sebagai pemilik merek dagang es krim asal Cina ini, telah memiliki lebih dari 10.000 gerai yang tersebar di Negeri Tirai Bambu dan mancanegara, termasuk di Indonesia. Lalu seperti apa ya strategi marketing yang digunakan oleh Mixue hingga viral seperti saat ini? Yuk cari tahu infonya.
HARGA
Sumber: PergiKuliner.com
Strategi pertama yang digunakan Mixue adalah harganya. Seperti yang kita tahu, harga dari produk es krim dan minumannya terbilang sangat ekonomis dan aman di kantong semua orang. Bila dilihat dari perbandingan harga dari kompetitor dengan Mixue, jelas harga produk Mixue jauh lebih murah.
Kenapa bisa begitu? Karena Mixue menggunakan teori strategi marketing yang disebut penetration pricing. Jadi harga produk yang ditawarkan cukup murah, namun ketika kompetitornya sudah tidak ada, secara pelan-pelan usaha ini akan menaikkan harga.
Baca Juga: Cara Menjalankan Meme Marketing untuk Tingkatkan Engagements
Harga produknnya yang murah juga bisa dipengaruhi dengan jumlah cabang Mixue yang sangat banyak, sehingga merek ini membutuhkan banyak kebutuhan untuk produksi. Contoh, jika dibandingkan hanya memproduksi ratusan unit dengan memproduksi ribuan unit, harganya akan lebih murah ketika memproduksi ribuan unit. Jadi kekuatan utamanya ada pada harga produknya yang murah, low cost, dan menggunakan sistem franchise.
PRODUK
Sumber: MenuKuliner.net
Kawan Creativ pasti pernah mencicipi atau merasakan produk yang ditawarkan Mixue bukan? Mungkin dari es krimnya ataupun minuman yang sangat bervariasi. Walaupun harga produk terbilang ekonomis, namun produk yang ditawarkan tidak main-main. Rasa dan kualitas tetap terjamin, bahkan dapat bersaing dengan kompetitor di pasaran.
TEMPAT
Sumber: Cerdas Belanja
Strategi yang ketiga adalah memiliki lokasi yang strategis dan ramai. Mixue berhasil mengandalkan kekuatan dari relasi kemitraan yang begitu banyak, sehingga usaha ini tidak memerlukan tempat yang mahal dan bagus.
Hmmm… Kira-kira Kawan Creativ sudah cari ruko kosong yang strategis dan ramai?
PROMOSI
Sumber: Tik Tok
Strategi marketing terakhir yang digunakan adalah kekuatan dari media sosial. Pasti Kawan Creativ sering sekali melihat orang-orang atau influencer yang mereview produk Mixue yang enak dan murah bukan? Sehingga Kamu juga tertarik untuk membelinya dan merasakan kelezatan dari es krim dan minuman itu. Dengan menggunakan Instagram, TikTok, dan media sosial lainnya, Mixue dan produknya menjadi mudah dikenal oleh banyak orang, termasuk Kamu.
Baca Juga: 8 Strategi Branding Terbaik yang Wajib Dicoba!
Itu dia Strategi Marketing Anti Gagal Ala Mixue yang bisa Kawan Creativ coba untuk mengembangkan bisnis Kamu. Dari 4 strategi marketing di atas, kira-kira Kawan Creativ sudah memenuhi strategi yang mana ya?
Jika Kawan Creativ membutuhkan bantuan untuk mengembangkan bisnis, atau ingin menggunakan jasa digital marketing di Jogja, jangan ragu untuk hubungi dan konsultasikan kepada Creativism.id ya.
[…] Baca Juga: Inilah Strategi Marketing Sukses Mixue yang Lagi Viral! […]