Tagline Gojek. Ada banyak hal penting yang mesti Anda pelajari ketika menjalankan sebuah bisnis. Satu dari sekian banyak hal penting tersebut adalah belajar bagaimana caranya menciptakan tagline yang relevan dan juga pastinya menarik.
Tagline sendiri adalah kalimat singkat yang ditujukan untuk kegiatan branding sebuah bisnis. Meskipun singkat, kalimat ini memiliki peranan penting dalam hal memengaruhi citra bisnis. Kalimat yang singkat ini, apabila didesain dengan baik, tentu akan jadi kalimat yang akan selalu diingat oleh target audience.
Dari pengertian tagline di atas, kita sudah mengetahui salah satu dari 3 kriteria tagline yang baik. Yakni mudah diingat. 2 lainnya adalah mudah diucapkan dan juga mudah dipahami oleh berbagai karakteristik konsumen.
Dalam proses pembelajaran menciptakan tagline ini, Anda mungkin akan menemukan sedikit kebingungan. Ya, kebingungan itu, mungkin terjadi tatkala Anda ditanya tentang perbedaan tagline dengan slogan. Perlu diketahui, bahwa meskipun sama-sama kalimat singkat, tagline lebih ditujukan untuk representasi brand.
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tagline ini. 5 di antaranya adalah;
- Memperkuat identitas.
- Menggambarkan visi misi brand.
- Menggambarkan kelebihan brand.
- Meningkatkan brand awareness.
- Memberikan kesan yang baik.
Lalu, apa saja contoh daripada tagline ini?. Kita dapat melihatnya melalui tagline GoJek, yang berbunyi Pasti Ada Jalan. Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan membahas lebih jauh tentang tagline GoJek ini. Penasaran?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
ToggleTagline GoJek, Pasti Ada Jalan

Sumber: Tribun News Pontianak
Tagline GoJek, Pasti Ada Jalan ini, adalah tagline yang ditujukan sebagai bagian dari re-branding GoJek di tahun 2019 lalu. Saat itu, GoJek melakukan rebranding logo mereka. Bermula dari logo kombinasi, yang sangat jelas merepresentasikan perusahaan sebagai penyedia jasa kendaraan bermotor, GoJek kemudian berencana untuk memberikan tampilan logo yang simple.
Pergantian logo ini, juga mengisyaratkan bahwa GoJek lebih dari sekedar perusahaan penyedia jasa kendaraan bermotor. GoJek kemudian hadir dengan logo baru yang disebut dengan SOLV. Mereka memasang tagline yang lebih singkat dari sebelumnya, yakni Pasti Ada Jalan.
Sebelum tagline ini, GoJek menggunakan tagline An Ojek For Every Need. Perbedaan antara kedua tagline ini terlihat dengan jelas ya. Tagline Pasti Ada Jalan, jelas lebih mudah diucapkan, lebih mudah diingat, dan mudah dipahami oleh berbagai karakteristik konsumen. Konsumen tidak perlu bisa Bahasa Inggris terlebih dahulu untuk memahami artinya, terlebih untuk konsumen Indonesia.
Di sini, GoJek berhasil menciptakan tagline superlatif yang menonjolkan brand identitynya sendiri tanpa unsur agresif yang tetap menjadi solusi bagi konsumennya.
Tagline Pasti Ada Jalan ini, menggambarkan bahwa GoJek hadir sebagai solusi permasalahan masyarakat Indonesia. Tidak hanya mencakup permasalahan transportasi dan logistik, tapi juga sampai kepada layanan pembayaran digital, makanan dan belanja, serta bisnis.

Sumber: Gojek.com
Kalimat singkat Pasti Ada Jalan ini, menjadi GoJek lebih leluasa melebarkan sayap bisnisnya. Mereka dapat melakukan strategi scale out atau scale up dengan bebas.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu tagline dan mengapa penting dalam branding? Tagline adalah kalimat singkat yang digunakan untuk menggambarkan identitas dan visi misi brand. Tagline yang baik harus mudah diingat, diucapkan, dan dipahami oleh konsumen.
- Apa perbedaan antara tagline dan slogan? Meskipun keduanya kalimat singkat, tagline lebih berfokus pada representasi brand secara keseluruhan, sedangkan slogan seringkali berhubungan dengan kampanye atau produk tertentu.
- Mengapa GoJek memilih tagline “Pasti Ada Jalan”? Tagline ini mencerminkan GoJek sebagai solusi untuk berbagai masalah masyarakat Indonesia, tidak hanya dalam transportasi tetapi juga dalam layanan pembayaran digital, makanan, belanja, dan lainnya.
- Apa manfaat dari tagline yang efektif seperti “Pasti Ada Jalan”? Tagline ini memperkuat identitas brand, menggambarkan kelebihan brand, meningkatkan brand awareness, serta memberikan kesan positif bagi konsumen.
Referensi Bacaan dari Creativism
Setelah membaca lengkap tentang tagline GoJek ini, MinTiv sarankan kepada Anda untuk membaca beberapa artikel tambahan di bawah ini, untuk menambah wawasan yang ada. Adapun artikel yang dimaksud tersebut, dimulai dari;
- Apa itu Tagline? dan Bagaimana Pengaruhnya untuk Marketing?
- Perbedaan Branding vs Marketing, Pemula Wajib Tahu Hal Ini!.
- Hal-Hal Penting yang Harus Pelajari Ketika Melakukan Rebranding.
Referensi Bacaan dari Luar
Terkait referensi bacaan dari website luar, berikut ini MinTiv berikan beberapa referensi, dimulai dari;
- What Is a Tagline? (Featuring 50+ Brilliant Tagline Examples). Ditulis oleh Nine Blaess, seorang brand designer.
- 16 Catchy Tagline Examples and Tips for Creating Your Own. Ditulis oleh Indeed Editorial Team.
Kesimpulan
Inilah penjelasan lengkap tentang tagline Pasti Ada Jalan.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi mereka langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!!.