Cara Mencari Customer Base. Bisnis yang baik, adalah bisnis yang bukan hanya berorientasi pada keuntungan semata, tapi juga berorientasi pada kepuasan pelanggan atau customer. Ya, inilah syarat utama daripada bisnis yang berkelanjutan. Tanpa adanya perhatian lebih terhadap customer, seperti memperhatikan kepuasan, kenyamanan, dan kemampuan dari customer, bisnis akan cepat tenggelam.
Sebagai seorang pebisnis, kita harus dapat menyusun business plan dengan baik. Melibatkan banyak metrik-metrik relevan sebagai bagian dari Key Performance Indicators yang dimiliki. Pada akhirnya, business plan yang baik akan mengarahkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak customer base.
Apa itu customer base?. Customer base adalah sekelompok grup atau klien yang menjadi target bisnis dari penjualan produk maupun jasa. Sekelompok grup atau klien ini, bisa Anda dapatkan dari hasil identifikasi buyer persona.
Sebagai seorang pebisnis, kita harus dapat memastikan sistem yang ada, bekerja dengan baik, dan membentuk lebih banyak customer base. Terutama customer base pada tingkatan paling tinggi, yakni Loyal Customer.
Daftar Isi
ToggleTingkatan Customer Base
Ya, customer base dapat kita pahami dari berbagai tingkatan. 3 tingkatan yang paling umum adalah;
- Loyal customer. Jenis customer base ini banyak diinginkan oleh pebisnis. Merekalah yang membeli produk atau jasa Anda secara teratur dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Tindakan pembelian mereka, terkadang tidak hanya didasari atas kebutuhan, tapi hanya sebagai bentuk apresiasi kepada Anda saja.
- Recurring revenue. Jenis customer base yang kedua ini, hampir mirip dengan jenis customer base yang pertama. Hanya saja, untuk mendapatkannya diperlukan sistem khusus, dan Anda sebagai pebisnis harus dapat memberikan untung balik. Contoh dari customer base ini, dapat kita lihat pada sistem kartu member gym.
- Pelanggan umum. Jenis pelanggan di mana mereka melakukan pembelian produk atau jasa, karena benar-benar membutuhkan, dan juga frekuensinya tidak sesering 2 jenis pelanggan sebelumnya.
Lantas, bagaimana caranya untuk kita dapat menciptakan sistem bisnis, yang memancing lebih banyak customer base berjenis loyal?. Di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan tentang cara mencari customer base berjenis loyal terbaik yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Penasaran apa saja?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
5 Cara Mencari Customer Base Terbaik
1. Menyusun SOP dengan Baik
Cara mencari customer base terbaik yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah memastikan bisnis, memiliki SOP (Standar Operasional Prosedur) yang baik. SOP yang baik, akan memudahkan karyawan atau Anda sendiri dalam melayani pelanggan. Anda jadi terbiasa berpikir cepat dan sistematis dalam menangani pelanggan di berbagai situasi.
Untuk bisa merumuskan SOP dengan baik, Anda harus memperdalam brand knowledge yang dimiliki. Berpikir dan bertindaklah sebagai seorang customer. Dari cara seperti ini, Anda bahkan jadi tahu, apa yang akan calon customer tanyakan terkait bisnis Anda.
Anda juga sudah punya jawaban terbaik untuk menghadapi pertanyaan tersebut.
2. Melayani Pelanggan Sepenuh Hati
Cara kedua dalam upaya mencari customer base terbaik adalah dengan melayani pelanggan sepenuh hati. Untuk cara yang kedua ini, kadang kala Anda harus mengalah atau fleksibel terhadap SOP yang telah ditetapkan.
Barangkali fleksibilitas yang diberikan ini, akan mengarahkan Anda kepada SOP yang jauh lebih bersahabat untuk pelanggan ataupun untuk bisnis Anda sendiri. Tapi, ini bukan berarti Anda bisa seenaknya mengubah SOP yang sudah ada ya.
Apakah ini artinya melayani pelanggan sepenuh hati, berarti harus mengubah SOP?. Tentu saja tidak ya. Itu, bisa Anda pertimbangkan sebagai opsi terakhir. Opsi pertamanya adalah Anda yang melayani mereka dengan senyuman, komunikasi yang ramah dan jelas, memberikan ruang untuk pelanggan berpikir, dan lain sebagainya.
3. Pancing dengan Program Menggiurkan
Cara ketiga adalah memancing customer dengan program-program yang menggiurkan. Ya, untuk bisa mendapatkan customer base tingkatan loyal, maka Anda harus dapat mengubah mereka (pelanggan) dari tingkatan terbawah terlebih dahulu. Anda harus mendapatkan lebih banyak customer base pada tingkatan recurring revenue.
Adapun contoh dari program-program menggiurkan yang bisa Anda jalankan, seperti giveaway, member, reward atau diskon spesial, dan lain sebagainya.
4. Miliki Sebuah Website
Cara mencari customer base berikutnya dari MinTiv adalah dengan memiliki website bisnis tersendiri. Memiliki website bisnis tersendiri, akan memberikan Anda banyak keuntungan. Beberapa di antaranya seperti;
- Meningkatkan kredibilitas bisnis di mata target audience.
- Memudahkan Anda untuk menampung lebih banyak informasi brand knowledge dari berbagai jenis elemen multimedia. Dimulai dari teks, audio, video, gambar dan juga animasi.
- Adanya website, akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai strategi digital marketing lainnya. Seperti website dapat digunakan sebagai tujuan akhir dari Pay Per Click Marketing atau juga platform utama untuk kampanye SEO marketing.
5. Jalankan Elemen Social Proof
Tips dan triknya berikutnya adalah dengan menjalankan atau menampilkan elemen social proof dalam pesan promosi Anda. Social proof adalah istilah untuk menggambarkan fenomena di mana seseorang cenderung akan mengikuti tindakan orang lain. Semisal sebuah barang telah dibeli oleh 100 orang, maka barang ini menjadi lebih menggiurkan untuk calon pelanggan berikutnya, ketimbang sebuah barang yang baru dibeli 5 orang saja.
Social proof sendiri dapat terdiri dari berbagai bentuk, dimulai dari review, testimoni, ratings, case studies dan lain sebagainya. Elemen social proof ini, akan sangat ampuh dijalankan terlebih lagi jika Anda mengombinasikannnya dengan scarcity marketing.
6. Berikan Ruang Khusus untuk Pelanggan Dapat Memberikan Feedback
Masih berhubungan erat dengan cara kelima sebelumnya, sebisa mungkin untuk Anda memberikan ruang khusus kepada pelanggan dapat memberikan feedback. Apabila Anda sudah melakukan integrasi bisnis, dengan Google My Business, maka Anda sudah melakukannya. Di laman profil My Business Anda, terdapat ruang khusus untuk pelanggan dapat memberikan feedback.
Ruang khusus itu, tidak lain dan tidak bukan adalah Google Reviews. Apabila Anda sudah memiliki website bisnis tersendiri, Anda bisa saja menyematkan formulir kepuasan pelanggan khusus. Memang, kebanyakan pelanggan cenderung enggan atau malas mengisi formulir feedback, kecuali jika mereka mendapatkan masalah.
Oleh sebab itu, berikan pelanggan motivasi lebih agar mereka mau memberikan feedback, ketika mereka mendapatkan pelayanan terbaik dari Anda.
7. Libatkan Feedback Tersebut dalam Proses Pengembangan Bisnis Anda
Cara mencari customer base yang terakhir, adalah dengan melibatkan feedback yang sebelumnya telah Anda dapatkan, dalam proses pengembangan bisnis yang ada. Anda bisa menggunakan itu sebagai bagian dari kampanye promosi bisnis. Apakah feedback yang digunakan terbatas pada feedback bernada positif saja?.
Tentu saja tidak ya!. Feedback bernada negatif pun bisa Anda gunakan sebagai kampanye promosi bisnis yang brilian. Semisal, Anda pernah mendapatkan ratings buruk dari pelanggan. Pelanggan tersebut mengatakan bahwa pelayanan bisnis yang Anda berikan buruk. Seiring berjalannya waktu, Anda telah memperbaiki SOP yang ada sehingga pelayanan yang diberikan jauh lebih baik.
Nah, Anda bisa menggunakan pengalaman mendapatkan ratings buruk tersebut sebagai bagian dari kampanye promosi bisnis Anda. Anda bisa menggunakan tajuk promosi seperti “Kami Selalu Belajar dari Kesalahan, Kami Selalu Siap Mendengar Keluh Kesah Pelanggan, Saran dan Kritik Anda adalah Nyawa Perubahan Lebih Baik untuk Kami di Masa Depan!”. Anda bisa menggunakan tajuk seperti ini sambil memperlihatkan konten video atau gambar perubahan pelayanan bisnis Anda yang menjadi lebih baik.
FAQ Seputar Konten
- Mengapa penting untuk membangun loyal customer base? Loyal customer base sangat penting karena mereka bukan hanya membeli produk secara teratur, tapi juga lebih cenderung merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain, memberikan feedback positif, dan mendukung pertumbuhan jangka panjang bisnis.
- Mengapa saya perlu memiliki website untuk bisnis saya? Memiliki website tidak hanya meningkatkan kredibilitas bisnis Anda, tetapi juga memberi platform untuk melakukan pemasaran digital yang lebih efektif. Website dapat digunakan untuk menampilkan informasi lebih lengkap tentang produk, layanan, dan sebagai tempat untuk mengoptimalkan kampanye SEO.
- Apakah saya perlu merubah SOP agar dapat melayani pelanggan lebih baik? Tidak perlu mengubah SOP secara besar-besaran, namun Anda bisa mempertimbangkan fleksibilitas dalam beberapa situasi untuk memastikan pengalaman pelanggan tetap positif. Terkadang, sedikit keluwesan dalam SOP dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan lebih puas.
Referensi Bacaan dari Creativism
Setelah membaca artikel cara mencari customer base terbaik ini, MinTiv sarankan kepada Anda untuk membaca beberapa artikel tambahan di bawah ini, untuk menambah wawasan yang ada. Adapun artikel yang dimaksud tersebut, dimulai dari;
- 5 Cara Meningkatkan Penjualan Via Strategi SEO.
- Strategi Menggunakan Diskon untuk Tingkatkan Penjualan.
- Kelebihan dan Kekurangan Iklan Online, Pemula Wajib Tahu!.
- Belajar Branding GoJek.
- Jasa Bikin Video TikTok Profesional.
Referensi dari Luar
Terkait referensi bacaan dari website luar, berikut ini MinTiv berikan beberapa referensi, dimulai dari;
- What is a customer base? 9 strategies to build and grow it. Ditulis oleh Tara Ramroop, staff writer dari Zendesk Blog.
- Customer base: Definition, make-up, strategies for growth. Ditulis oleh Dovetail Editorial Team.
Kesimpulan
Inilah penjelasan lengkap tentang cara mencari customer base terbaik. Intinya, Anda harus dapat mengubah terlebih dahulu pelanggan Anda dari tingkatan customer base terbawah. Jangan terburu-buru dalam menjalankan setiap rencana bisnis yang ada.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi mereka langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!!.