Panduan Lengkap Local SEO – Local SEO adalah teknik optimasi SEO yang digunakan agar website mendapatkan peringkat tertinggi di SERP pencarian lokal. Local SEO memiliki manfaat besar untuk menjadikan website Anda memiliki nilai visibilitas dan kredibilitas yang tinggi terutama pada area lokal bisnis Anda.
Mengenai manfaat daripada Local SEO, sudah MinTiv jelaskan pada artikel sebelumnya. Anda bisa membacanya pada link artikel di bawah ini.
Baca Juga: Apa itu Local SEO dan Manfaatnya untuk Bisnis?
Di artikel sebelumnya, MinTiv memang sudah membahas 4 langkah yang diperlukan untuk optimasi Local SEO. Di sini MinTiv akan membahas lengkap dengan tambahan 3 langkah dalam panduan lengkap Local SEO. Apa saja?. Simak baik-baik artikel ini sampai habis.
Panduan Lengkap Local SEO
1. Optimalkan Google My Business

Sumber: Google Maps
Yang pertama adalah dengan mengoptimalkan Google My Business. Anda bisa mendaftarkan bisnis dan website Anda di Google My Business. Lengkapi profil bisnis yang Anda miliki di Google My Business. Buatlah informasi tersebut sejelas mungkin dan juga mudah dibaca.
Ingat, bahwa Google My Business akan melakukan review terlebih dahulu terhadap bisnis Anda sebelum Anda bisa menemukan konten Anda di pencarian lokal. Tahap reviews yang dilakukan oleh Google dalam jangka waktu 1×24 jam.
2. Tautkan Profil dengan Sosial Media

Sumber: Google
Kedua adalah dengan menautkan profil Google My Business dengan sosial media Anda.
Cara ini selain ampuh untuk meningkatkan nilai visibilitas website Anda, juga ampuh untuk meningkatkan engagement sosial media yang didapatkan dari Google. Cara inilah yang juga digunakan oleh tim Creativism.id.
Jasa Digital Marketing Agency Jogja itu menautkan dua sosial media, yakni Instagram dan LinkedIn mereka di Google My Business.
3. Riset Keyword

Sumber: Google Ads
Ketiga adalah dengan melakukan riset keyword. Sesuai dengan namanya yakni Local SEO, maka jenis keyword yang akan kita riset adalah jenis keyword long tail yang bersifat spesifik. Ambil contoh jika Anda memiliki fotografi dengan nama Marvelous Photo.
Maka Anda tidak bisa serta merta hanya mengandalkan kata Marvelous Photo sebagai keyword Anda.
Butuh keyword yang lebih spesifik lagi, seperti Marvelous Photo – Jasa Fotografi Profesional. Dan anggaplah bisnis Anda ini berada di Jakarta, maka Anda menambah kata Jakarta sebagai tambahan long tail keyword sebelumnya, menjadi Jasa Fotografi Profesional Jakarta.
4. Tulis Konten yang Spesifik
Berkaitan erat dengan langkah sebelumnya, adalah dengan menuliskan konten yang spesifik. Contohnya ketika Anda sudah memilih Jasa Fotografi Profesional Jakarta sebagai keyword maka Anda bisa menempatkan hal-hal terkait dengan fotografi maupun jakarta pada konten website Anda.
Semisal Anda ingin menuliskan artikel hardselling dengan keyword Jasa Fotografi Profesional Jakarta. Maka di dalam artikel tersebut Anda bisa memberikan informasi tambahan tentang kondisi kualitas fotografer di Jakarta pada umumnya. Memberikan gambaran tentang Unique Selling Point Anda dibandingkan dengan Jasa Fotografer lain yang ada di Jakarta.
5. Mengoptimalkan Schema Markup

Sumber: Technical SEO
Kelima, mengoptimalkan penggunaan Schema Markup. Teknik yang satu ini bisa dikatakan juga sebagai salah satu teknik SEO yang bersifat teknis atau technical SEO. Schema markup sendiri berguna untuk memudahkan mesin Google memahami konten Anda dan kemudian menampilkannya dalam bentuk singkat tetapi informatif di SERP.
Dahulu, Anda harus bisa memahami coding terlebih dahulu sebelum bisa memasang tools yang satu ini. Tapi sekarang Anda hanya cukup memanfaatkan Schema Markup Generator. Dengan generator ini Anda bisa membuat schema markup dengan cepat.
6. NAP Citations
Panduan berikutnya adalah membuat NAP Citations. NAP sendiri adalah akronim dari Name, Address dan Phone Number. Penggunaan NAP ini dapat meningkatkan nilai DA PA website Anda. Berikut ini adalah contoh penulisan NAP Citations yang benar.
Creativism
Jl. Perumahan Kenari Asri No.C7b,
Losari, Sukoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
0812-2222-7920
7. Maksimalkan Google Reviews
Gambar
Terakhir adalah dengan memaksimalkan penggunaan Google Reviews. Sebenarnya untuk mendapatkan bintang terbaik di Google Reviews seperti yang didapatkan oleh Creativism, Anda perlu mengecek terlebih dahulu Customer Journey.
Apabila Customer Journey Anda benar-benar memudahkan pelanggan, maka mereka akan dengan sukarela memberikan feedback mereka kepada Anda. Anda bahkan meminta pelanggan Anda untuk menuliskan reviews mereka di Google Reviews ketika proses follow up.
Baca Juga: Cara Jitu untuk Follow Up dengan Pelanggan yang Tidak Menganggu
Inilah 7 panduan lengkap tentang cara mengoptimalkan penggunaan Local SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik yang bisa membantu website bisnis Anda lebih optimal lagi di pencarian lokal, hubungi Creativism.id
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] 4. Belajar Local SEO. […]
[…] Anda bisa melakukan berbagai macam teknik, mulai dari menerapkan On-Page, Off-Page, Technical, dan juga Local SEO. […]
[…] Hampir semua ranah bisnis sekarang ini mulai beralih ke proses digital. Bahkan untuk kategori bisnis rumahan seperti warung makan saja sudah mulai beralih ke sistem digital. Contohnya adalah dengan menggunakan Google My Business untuk memaksimalkan Local SEO. […]
[…] pastinya sudah tahu bahwa white hat SEO meliputi segala teknik sah dari On-Page SEO, Off-Page SEO, Local SEO dan juga Technical […]
[…] proses penting tersebut adalah Local SEO, Technical SEO, On Page SEO, dan juga Off Page SEO. Untuk pemula, materi yang biasanya akan […]
[…] Local SEO. […]
[…] Local SEO. […]
[…] Local SEO. […]
[…] bagian-bagian penting di dalam SEO. Terlebih yang berkaitan dengan 4 metode penting SEO, yakni Local SEO, Technical SEO, On Page & Off Page […]
[…] metode tersebut adalah Local SEO, Technical SEO, On Page SEO, dan Off Page SEO. Selain memahami keempat metode tersebut pebisnis […]
[…] untuk selalu memberikan optimasi terbaik pada 4 bagian penting SEO. 4 bagian penting itu adalah Local SEO, Technical SEO, On Page & Off Page […]
[…] Baca Juga: Panduan Local SEO Terlengkap […]
[…] metode tersebut adalah Local SEO, Technical SEO, On Page SEO, dan Off Page SEO. Selain memahami keempat metode tersebut […]
[…] optimasi ini melibatkan banyak metode penting, dimulai dari On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO dan juga Technical […]
[…] optimasi ini melibatkan banyak metode penting, dimulai dari On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO dan juga Technical […]
[…] Baca Juga: Panduan Lengkap Local SEO untuk Pemula […]