Apa itu Unique Selling Point – Untuk dapat menjalankan bisnis dan memenangkan persaingan dengan kompetitor, maka Anda butuh poin yang unik. Poin tersebut tentunya tidak hanya unik tapi juga menjadi andalan bisnis Anda. Dengan poin inilah Anda akan dengan mudah menentukan strategi marketing apa yang akan digunakan. Lalu apakah poin yang sedari tadi MinTiv maksud?.
Poin yang MinTiv maksud tersebut adalah Unique Selling Point, atau biasa disingkat dengan USP. Lalu apakah yang dimaksud dengan USP tersebut?. MinTiv akan membahasnya lengkap di dalam artikel ini beserta dengan cara menjalankannya.
Apa itu Unique Selling Point?
Menurut laman dari Entrepreneur, Unique Selling Point adalah satu aspek yang dibuat berbeda oleh brand agar produk atau layanannya menjadi lebih menarik dan lebih baik daripada yang dimiliki oleh kompetitor. Poin inilah yang kemudian menjadi alasan kuat konsumen memilih produk atau layanan Anda.
Ada beberapa hal yang memang bisa menjadi poin unik di dalam bisnis Anda. Sebut saja harga, benefit yang ditawarkan, nilai gengsi yang dimiliki pada produk atau layanan Anda, tingkat kepopuleran, kualitas, dan lain-lain.
Apakah Unique Selling Point hanya cukup dengan membedakan hal-hal tersebut?.
Kenyataannya tidak semudah itu. Internet marketer kelas wahid, Neil Patel mengatakan bahwa banyak pebisnis yang hanya fokus untuk memberikan perbedaan pada harga yang murah dengan kualitas yang bagus, justru kalah dari kompetitor.
Mengapa?. Karena pebisnis tersebut tidak melakukan deskripsi yang spesifik terhadap apa yang sebenarnya akan didapatkan oleh konsumen ketika membeli produk atau layanan tertentu.
Melakukan deskripsi produk dan layanan, terutama manfaat yang didapatkan oleh konsumen secara spesifik sangatlah penting. Terlebih di masa digital marketing sekarang ini, deskripsi yang diberikan tentunya akan jauh lebih menarik. Hal ini penting, mengingat persaingan pasar di dalam digital marketing sangatlah ketat.
Cara Menentukan Unique Selling Point pada Bisnis?
Setelah mengetahui betapa pentingnya Unique Selling Point di dalam bisnis, pastinya Anda sudah mulai bertanya-tanya tentang bagaimana cara menentukan USP yang tepat?. MinTiv memiliki 3 cara untuk Anda dapat menemukan USP bisnis yang tepat.
Berikut penjelasan lengkapnya;
1. Bertindak dan Berpikir Layaknya Konsumen
Yang pertama adalah dengan bertindak dan berpikir layaknya konsumen. Seperti yang kita ketahui bersama, konsumen adalah alasan utama bisnis berkelanjutan. MinTiv sendiri sudah sering membahas hal ini pada banyak artikel terdahulu. Sebut saja artikel tentang customer base dan juga defensive marketing.
Baca Juga: Apa itu Defensive Marketing dan Cara Menjalankannya Sesuai dengan Jenis Bisnis
Ketika Anda menawarkan sebuah produk atau layanan, maka Anda harus bertindak dan berpikir selayaknya konsumen yang akan membeli produk tersebut. Catat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, apa saja ekspektasi Anda ketika pertama kali akan menggunakannya, dan apa yang ternyata tidak terwujud sama sekali.
Sebut saja ketika Anda memiliki usaha Jual Beli Bubur Ayam, maka orang-orang yang datang ke tempat Anda pastinya adalah orang-orang yang ingin makan bubur enak. Tapi apakah hanya dengan memberikan bubur yang enak, pelanggan akan kembali?.
Tentu tidak!. Ada banyak aspek penting lainnya yang bisa dioptimalkan. Seperti lokasi jualan bubur yang strategis, harga yang terjangkau, pelayanan yang ramah, tempat makan yang bersih dan rapi, adanya minuman yang enak dan lain-lain.
2. Apa yang Ditawarkan Mampu Memenuhi Ekspektasi Konsumen
Yang kedua adalah dengan memaksimalkan kualitas produk atau layanan, agar ketika konsumen melakukan pembelian, ekspektasi mereka benar-benar dapat terwujud. Mereka mendapatkan rasa kepuasan batin dengan memiliki produk atau menggunakan jasa Anda.
3. Aspek Penting Kepuasan Batin Konsumen
Anda bisa menggunakan 3 hal yang bisa digunakan untuk memenuhi ekspektasi konsumen. 3 hal tersebut adalah gengsi, kesehatan, dan sosial.
Gengsi – Semisal Anda menjalankan bisnis Cafe, dan Anda memberikan USP pada banyak aspek, mulai dari kualitas minuman, pelayanan, dan tempat yang berkualitas.
Tidak hanya itu, Anda juga dengan cerdik menyediakan ruang khusus dengan wallpaper yang keren untuk konsumen melakukan selfie ataupun groufie bersama keluarga dan teman-teman. Apa yang Anda lakukan ini adalah salah satu cara tepat untuk menempatkan USP berbasis kepuasan batin pada aspek gengsi.
Pelanggan secara tidak sadar akan mempromosikan produk Anda dengan memajang hasil jepretan tersebut sosial media mereka. Contoh Cafe yang berhasil strategi ini adalah Cafe Silol yang ada di Yogyakarta.
Kesehatan – Yang kedua adalah aspek kesehatan. Meskipun aspek ini masih kalah dibanding aspek yang pertama, tetapi manfaat yang diberikan pada konsumen jauh lebih besar. Semisal Anda memiliki bisnis jual beli alat fitness. Anda memberikan penawaran spesial kepada 5 orang yang pertama yang membeli alat fitness Anda akan mendapatkan suplemen kesehatan secara gratis.
Anda memasang headline;
Beli Alat Fitness mu Sekarang, Bisa Dapat Suplemen Sehat Gratis,
Mari Jadi Sehat Bersama.
Sosial – Yang terakhir adalah aspek sosial. Anda bisa memanfaatkan aspek dengan mengatakan kepada pembeli bahwa ketika mereka membeli produk ini, maka pembeli telah membantu 1000 anak yatim piatu yang di panti asuhan. Mengapa?. karena sekitar 20% keuntungan yang didapatkan dari produk yang Anda jual akan disalurkan kepada mereka.
Strategi ini, selain bagus untuk membangun citra baik perusahaan, juga bagus untuk pengembangan bisnis karena memudahkan Anda untuk dapatkan banyak partner bisnis.
Strategi seperti ini sendiri sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti yang dilakukan oleh Unilever melalui Pepsodent. Tentunya poin keterbukaan menjadi penting di sini.
4. Melakukan Analisa Kompetitor
Yang terakhir adalah dengan melakukan analisa kompetitor. Ada banyak metode analisis yang bisa digunakan, dan salah satunya adalah SWOT bisnis. Tapi jauh sebelum melakukan analisis berbasis SWOT, Anda terlebih dahulu harus memahami riset pasar secara detail. Anda bisa membaca lengkap tentang cara melakukan riset pasar yang tepat pada artikel di bawah ini;
Baca Juga: 10 Cara Melakukan Riset Pasar yang Tepat Sasaran
Inilah penjelasan rinci tentang apa itu Unique Selling Point di dalam bisnis. Apabila Anda ingin mencari tahu lebih detail tentang USP bisnis Anda sekaligus ingin mendapatkan agen digital marketing untuk bantu proses pemasaran, hubungi Creativism.id di nomor 6281 22222 7920.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda.
[…] bisa dengan mudah mencari unique selling point dari bisnis Anda. Kemudian […]
[…] adalah dengan meningkatkan pemahaman Anda terhadap Unique Selling Point dari produk yang jual. Ada banyak faktor yang bisa Anda jadikan poin unik dari produk Anda, mulai […]
[…] itu, Anda perlu meningkatkan terlebih dahulu Unique Selling Point dari produk atau layanan Anda. Pastikan bahwa yang Anda tawarkan benar-benar memenuhi prinsip brand […]
[…] akan mempermudah Anda untuk melakukan product branding. Anda akan lebih optimal memaksimalkan Unique Selling Point yang Anda miliki. Bahkan, Anda bisa saja melakukan product branding Anda kepada pelanggan secara […]
[…] memahami consumer behavior audiens Anda. Anda harus dapat mempelajari lebih dalam lagi tentang Unique Selling Point produk Anda agar benar-benar bisa memenuhi kebutuhan dan juga memenuhi ekspektasi […]
[…] adalah dengan mempelajari lebih dalam tentang Unique Selling Point Anda. Unique Selling Point adalah aspek yang dibuat berbeda oleh brand agar produk atau layanannya menjadi lebih menarik dan […]
[…] yang terlalu keras. Sampaikan bagian paling menarik dari produk Anda. Pelajari lebih lanjut tentang Unique Selling Point apa yang coba Anda tonjolkan di dalam […]
[…] yang dalam ini jugalah yang akan memudahkan Anda untuk menentukan Unique Selling Point tertentu yang ingin ditonjolkan pada audiens. Pelajari dengan seksama voice of […]
[…] bisa dengan mudah menemukan unique selling point dari bisnis Anda. Anda jadi paham persaingan pasar yang ada pada niche bisnis […]
[…] Strategi Brand Produk – Ada banyak hal penting yang mesti Anda kuasai ketika memasarkan produk. Salah satunya adalah dengan mempertajam brand knowledge yang dimiliki. Ketika brand knowledge yang dimiliki sudah cukup, maka Anda akan lebih mudah jalankan strategi brand positioning dan juga tentukan Unique Selling Point. […]
[…] SEO ini dalam strategi marketing bisnis. Tentu saja, artikel yang dikreasikan harus dapat memuat Unique Selling Point dari niche bisnis yang dijalankan. Artikel yang dikreasikan juga harus dapat memenuhi atau sesuai […]