Cara Mengukur Brand Perception – Sebutkan salah satu tujuan utama dilakukannya branding?. Jawaban dari pertanyaan ini tentunya akan beragam. Terlebih jika ditanyakan kepada mereka pebisnis berpengalaman. Salah satu yang menjadi jawaban dari pertanyaan ini adalah untuk meningkatkan brand perception.
Ya, brand perception menjadi salah satu tujuan penting yang harus dapat diraih oleh pebisnis. Jika tidak, maka pelanggan tidak akan memahami brand Anda sama sekali, dan pada akhirnya, bisnis Anda menjadi rungkad. Brand perception sangatlah penting untuk bisnis, terutama dalam proses pengembangan.
Baca Juga: Cara Mengukur ROI Sosial Media
Di sini, MinTiv akan membahas lengkap tentang pengertian dan cara mengukur brand perception. Jadi, simak baik-baik ya!.
Apa itu Brand Perception?
Neil Patel, internet marketer kelas atas, mengatakan bahwa brand perception adalah bagaimana pelanggan melihat dan merasakan brand Anda.
Brand perception adalah pesan yang ada pada isi kepala pelanggan ketika menerima informasi brand Anda. Baik itu informasi berupa promosi, informasi berupa pengalaman penggunaan produk, dan interaksi dengan Anda si pemilik produk.
Baca Juga: Apa itu Public Marketing Relations dan Strategi Terbaik untuk Menjalankannya?
Tentu saja di sini kita berusaha agar brand perception yang tercipta sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan kualitas produk serta first impression terhadap pelanggan.
Mengapa Brand Perception ini Begitu Penting?
Ada banyak alasan mengapa Anda harus memperhatikan brand perception ini. 6 di antara banyak alasan tersebut adalah;
- Membantu Anda untuk bangun kepercayaan bisnis sekaligus brand loyalty.
- Anda bisa dengan mudah menemukan unique selling point dari bisnis Anda. Anda jadi paham persaingan pasar yang ada pada niche bisnis Anda.
- Brand identity menjadi lebih mudah diterapkan. Anda bisa menjalankan marketing plan dengan terapkan banyak brand image.
- Meningkatkan keuntungan. Ya, dengan nama brand yang sudah tercitra baik, tentunya pelanggan tidak akan segan memberikan Anda nilai yang lebih.
- Customer loyalty menjadi meningkat, dan mereka dengan mudah memutuskan untuk lakukan pembelian berulang kali.
- Anda bisa mengembangkan bisnis ke ranah yang sedikit berbeda dari bisnis sebelumnya.
Cara Mengukur Brand Perception
Ada banyak metode yang bisa Anda gunakan untuk mengukur brand perception.
Terlebih lagi sekarang era digital, di mana Anda bisa mendapatkan data-data pelanggan terkait brand Anda hanya dari rumah. Tidak perlu lagi memerlukan effort yang besar seperti melakukan survei secara tatap muka.
“Jadi, survei dengan tatap muka termasuk cara mengukur brand perception ya MinTiv?”.
Ya, benar, tetapi butuh effort yang lebih, dan pastikan Anda menggunakan tata bahasa yang menarik dengan pelanggan langsung. Meskipun effort yang dibutuhkan lebih sulit, tapi cara ini terbukti ampuh untuk dapatkan data keinginan pelanggan yang sesungguhnya dari brand Anda.
Mereka akan merasa lebih dihargai, dan tentunya tidak sungkan berikan kritik & saran terhadap brand Anda.
Baca Juga: Apa itu Brand Fatigue dan Mengapa Berbahaya untuk Perusahaan?
Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan layanan teknologi, seperti email yang berisikan link survei kepuasaan brand. Anda bisa menggunakan media lain seperti sosial media yang lebih efektif. Terlebih lagi fakta bahwa di Indonesia, pengguna sosial media di Indonesia terus bertambah tiap tahunnya.
Baca Juga: Apa itu Public Relations?
Awal tahun 2023 saja, jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia saja sudah mencapai angka 167 juta jiwa. Jumlah ini setara dengan 60,4% dari populasi di dalam negeri. Waktu yang dihabiskan di sosial media dari masyarakat Indonesia mencapai 3 jam 18 menit setiap harinya!.
Baca Juga: Metrik-Metrik Penting untuk Mengukur Customer Experience
Metode Menghitung Brand Perception
Adapun metode yang bisa digunakan untuk menghitung brand perception ini adalah;
- Net Promoter Score.
- Customer Satisfaction Score.
- Customer Effort Score.
- Customer Churn Rate.
- Customer Lifetime Value.
- dan lain-lain.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu brand perception. Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa Digital Marketing yang mampu tingkatkan brand perception menuju ke arah yang lebih baik, hubungi Creativism.
Baca Juga: 10 Daftar Website Blog SEO Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Cara Mengukur Brand Perception […]
[…] yang baik. Anda bahkan dapat menggunakan interaksi yang ada dari audiens selama live untuk mengukur brand perception bisnis […]
[…] langsung dari pelanggan. Anda bisa menggunakan feedback tersebut sebagai bahan untuk bangun brand perception ke arah yang lebih […]
[…] Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Yang sekiranya mampu menciptakan brand perception yang baik dari audiens terhadap bisnis […]
[…] Baca Juga: Cara Menciptakan Brand Perception yang Baik […]
[…] website. Pengalaman baik yang didapatkan oleh pengunjung website ini tentunya akan memberikan brand perception positif untuk keseluruhan bisnis. Perlahan, brand awareness yang dimiliki bisa merangkak menuju […]