Jenis-Jenis Loyalitas Pelanggan – Pebisnis hebat adalah pebisnis yang mampu mempertahankan konsumen serta mendapatkan konsumen baru yang lebih banyak lagi. Pebisnis hebat pasti tahu, bahwa bisnis yang berkelanjutan adalah bisnis yang sistemnya berbasis pelanggan (customer base). Ya, apabila Anda termasuk ke dalam kategori pebisnis hebat, pastinya Anda juga akan melakukan hal yang sama. Yakni menjalankan yang namanya defensive marketing.
Menurut Indeed, defensive marketing adalah upaya pemasaran yang dilakukan oleh sebuah brand untuk menjaga target pasar, keuntungan, hingga posisi brand di mata konsumen dari kompetitor. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang apa itu defensive marketing pada link di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Defensive Marketing & Cara Melakukannya
Ketika sudah membaca artikel di atas, pastinya Anda akan setuju bahwa salah satu tujuan dari defensive marketing adalah untuk mendapatkan konsumen/pelanggan yang loyal. Berbicara tentang pelanggan yang loyal sendiri, terdapat 4 klasifikasi yang menyertainya.
MinTiv akan menjelaskan 4 klasifikasi tersebut kepada Anda. Tapi sebelum itu, Ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu loyalitas pelanggan dari penjelasan para ahli.
Apa itu Loyalitas Pelanggan Menurut Para Ahli
Di sini MinTiv akan mengambil definisi loyalitas pelanggan dari 3 ahli, yakni Tjiptono, Sutisna, dan juga Wahyu Nugroho. Berikut penjelasan masing-masing loyalitas pelanggan menurut 3 orang ahli ini;
- Tjiptono (2000: 110)
Menurut Tjiptono, loyalitas pelanggan adalah suatu perjanjian pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok yang didasarkan oleh sifat yang sangat positif dalam jumlah pembelian jangka panjang.
- Sutisna (2001: 41)
Menurut Sutisna, loyalitas pelanggan adalah sikap menyenangi terhadap suatu merek yang direpresentasikan dalam pembelian yang konsisten terhadap merek itu sepanjang waktu.
- Wahyu Nugroho (2005: 11)
Ketiga, yakni menurut Wahyu Nugroho, suatu ukuran kesetiaan dari pelanggan dalam menggunakan suatu merek produk atau merek jasa pada kurun waktu tertentu pada situasi dimana banyak pilihan produk ataupun jasa yang dapat memenuhi kebutuhannya dan pelanggan memiliki kemampuan mendapatkannya.
Jenis-Jenis Loyalitas Pelanggan
Sama hal dengan definisi loyalitas pelanggan yang tidak sedikit, jenis-jenis loyalitas pelanggan pun dapat diklasifikasikan berdasarkan masing-masing penjelasan para ahli. Di sini, MinTiv akan mengambil penjelasan jenis-jenis loyalitas pelanggan dari Tjiptono.
Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Klasifikasi Tjiptono
Menurut Tjiptono, loyalitas pelanggan dapat dibagi menjadi 4 bagian, yakni; No Loyalty, Spurious Loyalty, Latent Loyalty, dan Loyalty. Mari kita bahas satu per satu klasifikasi ini;
1. No Loyalty
Yang pertama adalah No Loyalty, atau tidak ada loyalitas sama sekali dari pelanggan. Hal ini bisa saja terjadi apabila sikap dan perilaku daripada penjual kepada pembeli kurang berkualitas, dan berulang-ulang. Tidak ada variasi strategi yang digunakan untuk menawarkan produk/mendeskripsikan suatu produk.
2. Spurious Loyalitas
Loyalitas jenis ini terjadi karena konsumen masih bingung untuk membedakan kategori produk yang ia butuhkan. Pembelian dilakukan atas dasar pertimbangan situasional, seperti membeli sesuatu produk yang bisa melengkapi fungsi produk pertama. Membeli satu produk untuk kemudian dibandingkan dengan produk yang sejenis.
3. Latent Loyalty
Yang ketiga adalah latent loyalty. Situasi di mana pelanggan membeli keinginan yang terpendam dan kuat untuk membeli, namun pola aksi pembeliannya sangat lemah. Situasi seperti ini bisa terjadi karena kurangnya dorongan motivasi pelanggan untuk membeli produk Anda.
4. Loyalty
Yang terakhir, adalah loyalty. Situasi dimana pelanggan sudah melakukan pembelian berulang-ulang, dan pelanggan dengan sukarela memberikan feedback positif. Salah satu contoh feedback yang mungkin bisa Anda dapatkan adalah, pelanggan tersebut menulis hal positif tentang bisnis Anda di Google Review.
Sebenarnya, terdapat klasifikasi pelanggan dari ahli lain bernama Tandjung. Namun penjelasan yang beliau berikan kurang lebih sama dengan apa yang dijelaskan oleh Tjiptono.
Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan
Setelah mengetahui 4 jenis loyalitas pelanggan, MinTiv akan membagikan beberapa faktor penting yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan. Berbagai faktor yang ada di bawah ini tentunya akan membantu Anda dalam perencanaan strategi marketing yang lebih baik lagi. Faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan antara lain adalah;
- Harga
- Emosional
- Kualitas Produk
- Biaya
- Kualitas Pelayanan
Semua hal ini sebenarnya sudah MinTiv bahas pada artikel Unique Selling Point. Anda bisa membaca artikelnya pada link di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Unique Selling Point dan Cara Menentukannya
Jika Anda berminat untuk mencari agen digital marketing guna meningkatkan persentase Anda mendapatkan pelanggan yang loyal, hubungilah Creativism.id.
Creativism.id menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Jenis-Jenis Loyalitas Pelanggan yang Harus Diketahui […]
[…] Baca Juga: Jenis Jenis Loyalitas Pelanggan […]
[…] Local SEO membantu Anda untuk meningkatkan customer loyalty. […]