Apa itu Holistic SEO – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine melalui keyword tertentu yang ditargetkan.
Ilmu ini banyak diterapkan oleh pebisnis sebagai bagian dari penerapan strategi web marketing bisnis. Melalui SEO, visibilitas pencarian website bisnis dapat meningkat dengan drastis. Hal ini dapat Anda lihat dengan jelas melalui metrik penting seperti traffic.
Untuk bisa menjalankan ilmu ini sebagai bagian dari strategi marketing, Anda diharuskan untuk memahami banyak metode penting. 4 di antara banyak metode penting tersebut adalah SEO On Page, SEO Off Page, Local SEO, dan juga Technical SEO. Selain itu, pebisnis yang menjalankan SEO diwajibkan untuk peka terhadap perkembangan terbaru tren konten dan algoritma search engine.
Terlebih lagi untuk search engine terpopuler di dunia, yakni Google.
Ya, ada banyak hal yang perlu kita pelajari ketika menjalankan SEO. Termasuk di dalamnya mempelajari istilah-istilah terkait, salah satunya adalah Holistic SEO. Apa itu Holistic SEO?. MinTiv akan menjelaskannya lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Holistic SEO?
Holistic SEO adalah pendekatan optimasi website yang dilakukan pada seluruh aspek terkait dan bertujuan untuk mengoptimalkan kinerjanya pada pengguna maupun search engine. Pendekatan yang dilakukan ini juga bertujuan untuk memastikan setiap bagian website dioptimalkan secara berimbang, dan bukan hanya fokus pada satu metode SEO saja.
Dari definisi di atas, kita dapat memahami dengan mudah bahwa tujuan umum daripada dijalankannya Holistic SEO adalah untuk memberikan pengalaman terbaik pada pengunjung website. Pengalaman baik yang didapatkan oleh pengunjung website ini tentunya akan memberikan brand perception positif untuk keseluruhan bisnis. Perlahan, brand awareness yang dimiliki bisa merangkak menuju level tertinggi yakni Top of Mind.
Lalu apa saja aspek-aspek penting yang perlu Anda perhatikan ketika menjalankan Holistic SEO?. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya, dimulai dari aspek;
Aspek-Aspek Holistic SEO
Sebenarnya ada banyak aspek-aspek penting yang perlu Anda perhatikan ketika menjalankan Holistic SEO. Tetapi, di sini MinTiv hanya akan menjelaskan 4 aspek pokoknya saja, yakni;
1. Technical SEO
Ya, Technical SEO adalah metode optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada hal-hal teknis website. Metode ini perlu dijalankan untuk memastikan setiap bagian dari fungsi website berjalan dengan baik dan tidak mengganggu kenyamanan pengunjung website serta crawler search engine.
Adapun contoh penerapan daripada metode ini adalah dengan memperhatikan kecepatan loading website, memperhatikan arsitektur website berjalan baik atau tidak, crawling dan indexing, sitemap XML dan HTML dan lain-lain.
2. Kualitas Konten
Aspek penting kedua dalam holistic SEO adalah kualitas konten. Ya, kualitas konten perlu Anda perhatikan demi dapat meningkatkan visibilitas dan authority website. Website yang dipenuhi dengan konten berkualitas tentunya memiliki nilai lebih di mata pengunjung. Mereka jadi lebih mudah untuk merekomendasikannya kepada orang lain yang juga tertarik dengan niche bisnis Anda.
Ya, bisa dibilang bahwa konten yang berkualitas adalah cara terbaik untuk Anda bisa menjalankan word of mouth marketing via website. Karena konten yang berkualitas pula lah, sebuah website dapat ranking di SERPs. Adapun salah satu tips ampuh untuk dapat membuat konten website berkualitas, baik landing page ataupun artikel adalah dengan mempelajari terlebih dahulu search intent dari keyword yang ingin ditargetkan.
3. User Experience
Aspek penting ketiga dalam holistic SEO adalah user experience. User experience adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengalaman pengguna ketika menggunakan software, hardware, aplikasi ataupun website tertentu. Tentu saja sebagai webmaster kita mengharapkan pengunjung yang datang ke website mendapatkan pengalaman yang baik. Baik itu dalam hal menjelajah website ataupun dari pengalaman kualitas informasi yang kita sajikan.
Untuk dapat memaksimalkan aspek penting yang ketiga ini, Anda harus menjauhi segala bentuk teknik dari metode Black Hat SEO. Sebuah metode optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya menyalahi aturan Google.
4. Keamanan Website
Terakhir, adalah keamanan website. Ya, sebagai pemilik website atau webmaster kita wajib memastikan rasa aman pengunjung ketika berada di dalam website.
Baca Juga: Manfaat SSL untuk SEO
Terlebih untuk website yang juga memiliki fungsi sebagai media penyimpanan data pengunjung, contoh saja seperti website online shop, ataupun e-commerce. Salah satu cara mudah untuk bisa memaksimalkan aspek holistic SEO adalah dengan menginstall sertifikat SSL di URL domain website.
Cara Menjalankan Holistic SEO
Ada banyak cara yang bisa kita jalankan untuk holistic SEO ini. Secara garis besar kita dapat memahami bahwa holistic SEO adalah menjalankan keseluruhan dari 4 metode penting SEO.
Dimulai dari metode On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO. Tetapi kita bisa memperluas ruang lingkup penerapannya pada channel digital lainnya, seperti di, media sosial, email, dan juga dengan menjalankan PPC (Pay Per Click) untuk bantu tingkatkan traffic website dalam jangka pendek.
Cara Menjalankan On Page SEO
On Page SEO adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website utama. Adapun contoh teknik penerapan daripada metode ini adalah;
- Menyertakan kata kunci target di dalam judul konten website.
- Menggunakan url yang singkat dan memuat kata kunci.
- Mengoptimalkan penggunaan title tag.
- Menuliskan kata kunci di meta description.
- Menjalankan SEO image.
- Memaksimalkan penggunaan internal dan external link.
- Menggunakan tema website yang responsive dan mobile friendly.
- Membuat konten artikel yang menarik dan berkualitas.
- Dan lain-lain.
Cara Menjalankan Off Page SEO
Off Page SEO adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya sama dengan On Page SEO, hanya saja dilakukan di website alternatif atau platform yang berbeda. Website atau platform berbeda tersebut kemudian memberikan backlink pada website utama. Adapun contoh teknik penerapan daripada metode ini adalah;
- Link building.
- Brand building.
- Sharing di media sosial.
- Menulis guest post di website partner atau UGC (User Generated Content).
- Menggunakan jasa influencer untuk promosi.
Cara Menjalankan Local SEO
Local SEO adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal terdekat dengan lokasi fisik bisnis Anda. Metode inilah yang banyak dijalankan oleh ahli SEO untuk memaksimalkan website sebagai tool konversi. Adapun contoh teknik penerapan daripada metode ini adalah;
- Optimalkan Google My Business.
- Riset keyword lokal.
- Menerapkan NAP Citations.
- Memaksimalkan Google Reviews.
Cara Menjalankan Technical SEO
Terakhir, untuk bisa menjalankan holistic SEO adalah dengan memahami Technical SEO. Technical SEO adalah metode optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada hal-hal teknis website. Adapun contoh teknik penerapan daripada metode ini adalah;
- Menggunakan SSL.
- Membuat sitemap XML dan HTML.
- Mendaftar di Google Search Console dan Google Analytics.
- Melakukan audit website.
- Memperhatikan structured data markup.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu holistic SEO dan bagaimana cara menjalankannya. Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan Jasa Kelola Website dengan layanan SEO lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Apa itu Sustainable SEO dan Bagaimana Cara Menjalankannya?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa itu Holistic SEO? […]