Apa itu Sustainable SEO – Apa yang pertama kali muncul di dalam benakmu, ketika ditanya tentang kata sustainable?. Hampir semua dari jawaban yang ada pasti akan mengarah bahwa sustainable adalah kata yang berkaitan dengan lingkungan. Jawaban ini tentu saja tidak salah, karena memang sustainable adalah kata yang sangat berkaitan dengan lingkungan, dan industri-industri yang memiliki dampak langsung pada lingkungan.
Tapi, perlu diketahui bahwa sustainable bukanlah kata yang hanya terbatas pada ruang lingkup pembahasan lingkungan saja. Sustainable juga dapat kita maknai dalam berbagai disiplin ilmu. Ya, sustainable atau dalam bahasa Indonesia berarti berkelanjutan, juga dapat kita maknai dalam salah satu proses channel marketing, yakni SEO. SEO sendiri adalah kependekan dari Search Engine Optimization.
Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine melalui keyword tertentu yang ditargetkan. SEO dan kata sustainable sejatinya adalah dua kata yang saling berkaitan. Lantas apa sih itu SEO Sustainable?. MinTiv akan menjelaskannya secara lengkap kepada Anda di dalam artikel ini. Jadi, simak baik-baik ya!.
Apa itu Sustainable SEO?
Sustainable SEO adalah proses Anda dalam menjalankan strategi SEO demi mendapatkan serta mempertahankan peringkat tertinggi di Google. Ya, apa yang telah kita lakukan selama ini sejatinya adalah bagian dari Sustainable SEO. Kita melanjutkan berbagai strategi yang sesuai dengan aturan main Google Guidelines dan jauh dari penerapan metode Black Hat SEO.
Sebuah metode optimasi website yang seluruh langkah-langkah menyalahi aturan Google dan tidak mempertimbangkan faktor penting seperti User Experience atau Page Experience. Ya, Sustainable SEO adalah langkah Anda untuk dapat menjalankan SEO sesuai dengan misi Google. Perlu Anda ketahui bahwa misi Google adalah untuk mengatur informasi dunia dan menjadikannya mudah diakses dan bermanfaat untuk sesama.
Pesan Sekarang: Jasa Desain Konten Online untuk Instagram
Google tentu tidak akan menampilkan informasi tidak berkualitas untuk setiap hasil pencarian yang ditampilkan di laman SERPs-nya. Upaya Google adalah menjalankan misi dapat terlihat dengan jelas melalui berbagai update yang mereka lakukan. Anda dapat menyebut algoritma Panda, Hummingbird, BERT, E-E-A-T sebagai contoh besarnya.
Google akan hanya menampilkan konten yang berkualitas, up to date dan benar-benar bermanfaat sesuai dengan search intent keyword pencarian. Google mengatur kebijakan ini dalam dokumentasi mereka bernama Google Helpful Content Update. Ya, Google melakukannya agar setiap konten yang ada benar-benar memuat poin orisinil dan bermanfaat yang kuat.
Manfaat besar dari penerapan ilmu SEO yang satu ini adalah meningkatknya metrik traffic berjenis organik untuk website. Contohnya seperti gambar di atas. Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat menjalankan Sustainable SEO ini dengan baik?.
Cara Menjalankan Sustainable SEO
Secara garis besar, Anda dapat menjalankan sustainable SEO ini dengan memahami seluruh teknik penerapan yang ada di metode White Hat SEO. Sebuah metode optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya mematuhi aturan Google Guidelines dan juga memberikan user experience atau page experience yang baik.
Tetapi, ada 3 langkah besar yang perlu Anda fokuskan ketika menjalankan sustainable SEO ini. 3 langkah itu adalah;
1. Membuat Cornerstone Content
Cornerstone content adalah konten yang berperan sebagai landasan dari seluruh konten yang ada di dalam website. Anda harus dapat membuat cornerstone content yang benar-benar menarik dan menjadi penghubung jawaban dari setiap pertanyaan yang muncul di konten-konten terbaru. Tentu saja, konten ini juga dapat kita maknai sebagai bagian penerapan teknik evergreen content.
Anda dapat membuat cornerstone content sebagai bagian dari halaman About Us Anda, ataupun halaman jasa atau produk bisnis yang Anda miliki. Karena ini adalah landasan untuk konten baru lainnya, maka optimalkan lah panjang kontennya. Agar pengunjung tidak bosan, maksimalkan konten dengan memberikan elemen multimedia menarik seperti gambar, animasi, dan juga video.
2. Memaksimalkan Penggunaan Internal Link
Tips kedua dalam menjalankan sustainable SEO adalah dengan memaksimalkan penggunaan internal link. Internal link adalah link yang mengarahkan pengunjung ke halaman berbeda tetapi masih dalam 1 domain website yang sama. Internal link ini perlu dimaksimalkan untuk menghindari terjadinya orphaned content. Perlu diketahui bahwa internal link menjadi salah satu alasan mengapa crawler begitu mudah mengindeks konten website Anda.
Sebelumnya, MinTiv telah menuliskan tips dan trik memaksimalkan internal link pada artikel sebelumnya. Buat Anda yang penasaran bisa kepoin melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Memaksimalkan Internal Link
3. Lakukan Riset Kata Kunci Secara Berkala
Terakhir, adalah dengan melakukan riset kata kunci secara berkala. Anda dapat memanfaatkan berbagai tools digital untuk melakukan riset kata kunci lebih cepat. Tetapi untuk Anda yang ingin mempertajam pola pikir terhadap SEO, bisa melakukannya secara manual. Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan baca cara research keyword untuk konten SEO secara manual melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Research Keyword Secara Manual
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu sustainable SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik dengan Layanan Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Menjalankan SEO untuk Landing Page
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.