Cara Menjalankan SEO Landing Page – SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu untuk optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Search engine yang menjadi fokus utama ilmu ini sendiri adalah Google. Hal ini wajar mengingat Google adalah search engine terpopuler di dunia.
Untuk bisa menerapkan SEO ini, Anda memerlukan pemahaman yang kuat terhadap 4 metode penting, yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk peka terhadap perkembangan tren konten dan algoritma terbaru dari Google.
Mengingat pentingnya manfaat SEO ini untuk meningkatkan visibilitas pencarian website, menjadikan banyak pebisnis rela menghabiskan banyak waktunya hanya untuk mempelajari SEO secara mendalam. Dapat dikatakan bahwa SEO adalah strategi marketing jangka panjang terbaik dan juga ramah biaya untuk pebisnis pemula.
Ya, jika Anda coba bandingkan dengan Google Ads yang merupakan bagian dari SEM (Search Engine Marketing), maka biaya yang diperlukan untuk SEO jelas lebih kecil dan juga murah. SEO adalah ilmu marketing terbaik untuk Anda yang menjalankan web marketing bisnis. Lalu bagaimana dengan Anda yang tidak memiliki website tetapi memiliki landing page?.
Apakah SEO juga bisa diterapkan untuk keperluan landing page?. Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa landing page adalah halaman website yang berdiri secara mandiri dan tidak terhubung dengan halaman lainnya di domain yang sama sebagai menu navigasi. Halaman ini biasanya ditujukan untuk keperluan promosi atau iklan secara langsung.
Landing page memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan website, dan salah satu kelebihan tersebut adalah tingkat konversi yang didapatkan jauh lebih tinggi atau potensial.
Lantas, jika sebuah landing page sudah memiliki kelebihan seperti ini, bisakah kita melakukan SEO agar landing page tersebut memiliki metrik traffic yang besar atau ramai dikunjungi?. Jawabannya tentu saja bisa!. Bagaimana caranya?, simak baik-baik artikel ini ya!.
5 Cara Menjalankan SEO untuk Landing Page
1. Mengerti Tentang Apa itu SEO Copywriting
Secara garis besar, SEO yang diterapkan pada landing page sama dengan SEO yang kita terapkan pada website-website biasanya. Hanya saja perbedaannya terletak pada jenis SEO yang dijalankan, yakni jenis SEO Copywriting.
SEO Copywriting sendiri adalah teknik optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya bukan hanya memuat kaidah SEO, tapi juga kaidah ilmu copywriting. Ya, copywriting sendiri seperti yang kita ketahui adalah ilmu untuk menulis teks iklan agar keseluruhan iklan jadi tampak lebih menarik dan lebih menjual.
Ada banyak teknik copywriting yang bisa kita terapkan, salah satu yang paling umum tentu saja adalah teknik AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Adapun panduan lengkap mengenai SEO copywriting ini telah MinTiv jabarkan dengan lengkap melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Panduan SEO Copywriting Lengkap untuk Pemula
2. Memasukan Keyword Utama di 5 Bagian Penting
Tips yang kedua adalah memaksimalkan visibilitas keyword yang ditargetkan pada landing page. Hampir sama dengan teknik optimasi keyword di website, Anda juga harus dapat mempertimbangkan keyword density yang pas. Setidaknya Anda harus memuat keyword yang ditargetkan pada 5 bagian penting. Yang 5 bagian penting ini adalah;
Title Tag, Meta Description, Header Tag, Title dan Alt Image dan juga pastinya URL.
Terkhusus bagian Header Tag (Heading 1- Heading 6) dan Title/Alt Image, jumlah pemuatan keyword ditargetkan harus disesuaikan dan jangan sampai memberikan kesan seperti spam.
Untuk dapat mengakali hal ini, Anda bisa menggunakan sinonim dari keyword yang ditargetkan, atau dalam bahasa keren SEO-nya adalah LSI Keyword.
3. Memasukan Informasi yang Penting dan Bersifat Transaksional
Tips ketiga adalah fokus memberikan informasi yang penting dan bersifat transaksional saja di dalam landing page. Ya, hal ini sesuai dengan tujuan penggunaan landing page yang memang ditujukan untuk keperluan promosi atau iklan.
Itu artinya search intent atau tujuan utama dari pengguna Google mencari landing page ini adalah untuk mendapatkan informasi penawaran yang menarik. Mereka tidak perlu lagi penjelasan panjang tentang sesuatu, karena sudah memahaminya.
Baca Juga: 5 Cara Cepat Menjalankan SEO
Contohnya ketika Anda membuat landing page untuk Jasa Bangun Rumah. Maka Anda tidak perlu lagi menjelaskan tentang seperti apa proses bangun rumah yang baik. Mereka yang mencari konten landing page dengan keyword Jasa Bangun Rumah, pastinya sudah tahu tentang apa itu rumah dan seperti apa proses bangun rumah yang baik.
Informasi yang sebaiknya Anda berikan adalah seperti Portofolio Desain atau Rumah Terbangun, Sistem Kerja, Harga, dan lain-lain.
4. Memaksimalkan Long Tail Keyword
Cara menjalankan SEO untuk landing page keempat adalah dengan memaksimalkan penggunaan long-tail keyword. Long-tail keyword sendiri adalah keyword yang memiliki jumlah frasa lebih dari 1, dan terdiri 2-4 frasa kata. Contohnya adalah Jasa Bangun Rumah Jogja.
Menggunakan long-tail keyword adalah pilihan bijak untuk Anda para pebisnis, mengingat persaingan di short-tail yang begitu gila, dan rata-rata sudah dikuasai oleh website-website dari media besar ternama.
Usahakan untuk mencari long-tail keyword dengan search volume yang cukup dan tingkat kompetisinya rendah.
5. Call to Action Menggigit
Terakhir, adalah dengan menuliskan call to action yang benar-benar menggigit atau benar-benar dapat menarik perhatian pengunjung landing page. Agar lebih mudah, libatkan poin scarcity atau kelangkaan, seolah-olah layanan atau produk Anda akan segera ditutup atau habis jika tidak segera dipesan.
Teknik seperti ini sangat ampuh dijalankan berbarengan dengan strategi FOMO Marketing.
Inilah penjelasan lengkap tentang 5 cara menjalankan SEO untuk landing page. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Pembuatan Landing Page sesuai dengan kaidah SEO Copywriting, hubungi saja Creativism.id
Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Alt Image SEO
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Cara Menjalankan SEO untuk Landing Page […]