Panduan SEO Copywriting – Bagi Anda yang menjalankan web marketing sebagai senjata utama untuk branding bisnisnya, maka Anda wajib mempelajari tentang apa itu SEO.
SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama Google melalui keyword tertentu. Ilmu ini mengharuskan Anda untuk mempelajari keempat metode penting SEO. Mulai dari Local SEO, Technical SEO, On Page SEO dan juga Off Page SEO.
Namun, tahukah Anda bahwa banyak pebisnis yang merasa bahwa teknik marketing ini sia-sia. Penyebabnya adalah keyword yang mereka optimalkan tidak kunjung tampil di halaman pertama Google.
Atau keyword sudah yang dioptimalkan sudah tampil di halaman pertama Google, membantu website dapatkan banyak traffic. TAPI tidak mampu memberikan mereka konversi yang maksimal.
Bagaimana bisa?. Ingat konten SEO Friendly belum tentu bisa menarik perhatian pengunjung untuk membeli atau menggunakan jasa Anda. Anda butuh pemahaman yang kuat terhadap apa itu SEO Copywriting.
SEO Copywriting adalah proses pembuatan konten website yang tidak hanya memenuhi search intent keyword yang ditargetkan, tapi juga memenuhi nilai-nilai daripada copywriting.
Baca Juga: 5 Strategi ini Ternyata Masuk Kategori Gray Hat SEO, Apa Saja?
Copywriting sendiri cara menuliskan teks untuk keperluan iklan agar mampu menarik perhatian atau interaksi orang yang melihatnya. Interaksi yang dimaksud adalah interaksi yang diinginkan terjadi oleh si pembuat teks, semisal interaksi pembelian.
Output dari penerapan SEO Copywriting ini adalah konten website yang mudah dipahami oleh crawler tapi tidak monoton dan enak dibaca oleh pengunjung (manusia).
Mempelajari SEO Copywriting bukanlah perkara yang mudah. Selain diharuskan punya pemahaman SEO yang kuat, Anda harus bisa memahami berbagai teknik copywriting yang mumpuni. Yang paling dasar tentu saja dengan memahami teknik AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action).
Nah, untuk mempermudah Anda mempelajarinya, berikut ini adalah panduan SEO Copywriting lengkap cocok untuk pemula. Simak artikel ini baik-baik ya!.
Panduan SEO Copywriting Lengkap!
1. Melakukan Riset Kata Kunci yang Relevan
Yang pertama adalah dengan mempelajari cara riset kunci yang relevan dengan niche konten website Anda. Pastikan bahwa Anda menargetkan kata kunci yang memiliki search volume yang cukup.
Untuk permudah proses, hindari terlebih dahulu kata kunci dengan persaingan yang ketat atau tinggi. Anda bisa terapkan low-hanging fruit keyword.
2. Mempelajari Search Intent
Search intent adalah tujuan utama pengguna Google ketika mengetikkan kata kunci tertentu. Semisal jika pengguna mencari informasi dengan kata kunci Jasa Kelola Instagram Jogja, maka tujuannya adalah untuk dapatkan informasi komersial dan bersifat lokal di Jogja.
MinTiv telah membahas tentang apa saja jenis-jenis search intent keyword pada link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Jenis Jenis Search Intent Keyword
3. Memperhatikan Keyword Density
Keyword density adalah frekuensi munculnya keyword utama di dalam konten website. Anda harus mempertimbangkan jumlah tampilnya keyword utama di dalam konten website agar tidak terasa seperti spam keyword.
Bagian-bagian penting yang keyword utama harus ada di dalamnya adalah bagian alt image, description, url, title, heading dan subheading.
Agar kesan spam bisa lebih tersamarkan, Anda bisa memaksimalkan penggunaan kata kunci lain yang sejenis atau semakna dengan keyword utama.
4. Mulai Mencari Judul yang Menarik
Selanjutnya adalah dengan mulai mencari judul konten yang menarik.
Ada banyak tips untuk Anda mudah mencari judul menarik ini di dalam konten website. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknik penulisan judul yang membuat pengunjung penasaran. Contohnya seperti;
- Jangan Lakukan Ini Jika Tidak Mau Akun IG Kamu Kena Ban
- Inilah Kesalahan yang Sering Dilakukan Pebisnis Tapi Jarang Disadari
- Fakta-Fakta Tersembunyi Tentang Indonesia di Era 90an.
- Mengharukan!!. Inilah Alasan Mengapa Lesti Mencabut Laporan KDRT Suaminya
5. Menuliskan Outline Konten
Kelima adalah dengan menuliskan outline konten.
Outline konten adalah kerangka daripada konten itu sendiri. Bagian ini harus Anda rumuskan setelah judul. Mengapa? karena ketika judul telah didapatkan, maka Anda bisa dengan mudah mencari topik-topik terkait judul tersebut.
Penentuan outline konten akan semakin mudah dilakukan apabila Anda memahami FAQ dari judul yang coba Anda angkat menjadi konten.
Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di atas.
6. Mempelajari Teknik Copywriting Dasar
Selanjutnya adalah dengan mempelajari berbagai teknik copywriting dasar.
Ingat bahwa copywriting bertujuan untuk mendapatkan perhatian lebih pengunjung website dan mereka bisa berikan interaksi yang diharapkan terjadi.
Anda perlu paham penerapan daripada teknik persuasif di dalam iklan. Ya, jauh sebelum Anda mempelajari AIDA, Anda bisa terapkan konsep sederhana iklan melibatkan 4 pertanyaan penting. 4 pertanyaan penting adalah;
- Apa yang Anda punya dan bisa berikan kepada klien?
- Apa yang bisa Anda lakukan untuk klien?
- Siapa Anda?
- Apa yang perlu klien lakukan berikutnya?
7. Mulai Upgrade Kemampuan Copywriting
Setelah memahami bagaimana caranya menulis konten yang menarik dengan teknik copywriting sederhana.
Maka langkah selanjutnya yang harus Anda pahami adalah mengerti berbagai teknik copywriting yang lebih powerful. Anda bisa mulai mempelajari teknik copywriting seperti AIDA, QUEST, AIDPPC, SSS dan lain-lain.
Anda bisa membaca lebih lengkap tentang apa saja teknik copywriting pada link artikel di bawah ini.
Baca Juga: Inilah Berbagai Teknik Copywriting yang Sering Digunakan oleh Copywriter Kelas Atas!
Inilah penjelasan lengkap mengenai panduan SEO Copywriting.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Website Terbaik, hubungi Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Website Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Panduan SEO Copywriting Lengkap untuk Pemula […]
[…] Anda diharuskan untuk bisa membuat konten yang berkualitas. Bukan hanya memenuhi kriteria SEO friendly, tapi juga enak untuk dibaca oleh pengunjung (SEO Copywriting). […]
[…] Buatlah konten yang tidak hanya fokus adalah sesuai dengan kriteria SEO friendly, namun juga enak dibaca oleh manusia. Pelajari lebih lanjut tentang apa itu SEO copywriting. […]
[…] Baca Juga: Panduan SEO Copywriting Lengkap untuk Pemula […]