Apa itu Search Intent – Ketika mengetikkan kata apa itu search intent pada pencarian Google, maka Anda sedang mencari semua informasi yang berkaitan dengan search intent. Mulai definisi, jenis, dan bisa saja dengan informasi tambahan tentang dampak search intent bagi SEO Web. Inilah yang dimaksud dengan search intent. Bagian penting dalam optimasi SEO Web untuk mempelajari tujuan pengguna menelusuri suatu keyword.
Kita ambil contoh kedua yakni seseorang yang mengetikkan kata Harga Jasa Video TikTok. Keyword yang diketikkan oleh pengguna di pencarian Google ini, bahwa pengguna ingin mendapatkan informasi berjenis transactional untuk mencari jasa video TikTok dari Jogja lengkap dengan keterangan harga.
Lalu apa fungsi mempelajari tujuan pengguna mengetikan keyword tertentu di dalam pencarian Google?
Apa itu Search Intent dan Manfaatnya?
Contoh-contoh yang ada pada bagian intro sebenarnya sudah memberikan Anda definisi yang jelas tentang search intent. SEMrush, memberikan kita pengertian yang jelas, bahwa Search Intent adalah tujuan pengguna ketika mengetikkan keyword tertentu pada pencarian Google.
Bagian ini menjadi penting untuk dipelajari terutama untuk Anda yang ingin melakukan optimasi SEO Web. Anda bisa mempelajari relevansi konten website dengan keyword yang dicari. Tidak hanya membantu dari sisi Anda sebagai pengelola website, tapi juga membantu Google untuk memberikan hasil yang relevan kepada pengguna sesuai keyword – Ahrefs.
Artinya ketika seseorang mengetikkan kata Rekomendasi Jasa Sosial Media Terpercaya, maka Google hanya akan memberikan pengguna halaman website dengan isi konten yang relevan menyangkut search intent-nya.
Dan untuk keyword tadi, search intent-nya bisa berupa “Siapa yang menjadi rekomendasi terpercaya terpercaya untuk jasa sosial media, apa saja layanan mereka, dan juga harga yang ditawarkan”.
Jenis Jenis Search Intent
Untuk dapat memahami lebih dalam tentang search intent, Anda perlu menyadari bahwa search intent dari 4 jenis. 4 jenis search intent itu adalah informational, transactional, navigational, dan juga commercial investigation. MinTiv akan menjelaskan perbedaan 4 jenis search intent secara singkat dan padat
1. Informational
Adalah jenis search intent, yang penggunanya menginginkan jawaban informatif dari keyword yang ia telah berikan. Contoh saja ketika seseorang mengetikkan kata Liverpool vs Real Madrid Final UCL 2022, maka tujuan orang tersebut jelas untuk mendapatkan informasi tentang hasil pertandingan kedua tim. Pencarian ini juga didominasi dengan kalimat pertanyaan, contoh “Apa Dampak Perang Rusia vs Ukraina bagi Indonesia?”.
Tak bisa dipungkiri juga bahwa, jenis search intent inilah yang paling menjadi fokus banyak internet marketer di bidang SEO, karena cakupannya yang begitu luas. Contoh lain;
- Siapa Anak Elon Musk?
- Daftar Situs Belajar Copywriting
- Hasil Pertandingan Piala Presiden 2022
- Situs Belajar Koding untuk Anak
- dll
2. Transactional
Kedua adalah transactional, search intent yang penggunanya menggunakan keyword tertentu untuk mendapatkan informasi mengenai jasa atau produk dan pada akhirnya berakhir dengan pembelian/menghubungi pebisnis. Pengguna sudah mengetahui tujuan mereka ketika membuka mesin pencarian Google dan bisnis sudah mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan pada suatu website.
Contohnya ketika mereka mengetikkan kata Jasa Digital Marketing, maka search intent yang ingin mereka dapatkan adalah detail layanan dan harga dari penyedia jasa digital marketing. Contoh lainnya;
- Jual Laptop Murah
- Jual Samsung Galaxy
- Jual IPhone terbaru
- dll
3. Navigational
Adalah jenis search intent yang penggunanya sudah mengetahui apa yang ia hendak cari. Tetapi ia lebih senang untuk mengetikkan kata kunci tersebut di dalam pencarian Google ketimbang dari address bar. Contoh saja ketika seseorang mengetikkan kata Facebook di pencarian Google, maka yang hendak ia cari adalah website login Facebook.
Contoh lainnya adalah;
- Login Facebook
- Konten SEO Creativism
- Jasa SEO Creativism
- dan lain-lain
4. Commercial Navigational
ketika Anda mengetikkan kata Tips memilih jasa website terpercaya jogja, maka pengguna atau si pencari bertujuan untuk mendapatkan tips memilih jasa website terpercaya yang berada di daerah Jogja. Kata kunci ini menunjukkan bahwa sebenarnya pengguna sudah mengetahui apa yang ia cari, dan yang ia butuhkan hanyalah tips atau perbandingan ketika akan memilih jasa atau produk komersial tertentu.
Contoh lainnya adalah;
- Rekomendasi Jasa Sosial Media Berkualitas
- Google Keyword Planner vs SEMrush
- Samsung Galaxy S22 vs iPhone 13
- dan lain-lain
Bagaimana Cara Mengetahui Search Intent dari Pengguna?
Mengetahui jenis search intent seseorang sebenarnya susah susah gampang. Anda bisa dengan mudah mengetahui search intent dari keyword yang diberikan, contohnya seperti apa yang sudah MinTiv jelaskan sebelumnya di bagian jenis-jenis search intent.
Tetapi MinTiv memiliki cara mudah untuk dapat mengetahui jenis search intent sebuah keyword, dengan kata-kata tertentu. Perhatikan tabel di bawah ini baik-baik, dan Anda akan mendapatkan poinnya..
Dampak Search Intent Bagi SEO Web
Apa dampak search intent bagi SEO Web?. Mempelajari search intent, pastinya akan berdampak pada SEO Web, terlebih lagi di awal MinTiv jelas menjelaskan bahwa search intent menjadi “penolong” Google untuk menampilkan hasil yang relevan dengan keyword yang digunakan untuk pencarian.
Artinya apabila pengguna mengetikkan kata kunci seperti pengertian search intent, dan laman website Anda termasuk di dalam halaman pertama Google, itu artinya konten Anda sudah memenuhi standar relevan Google.
Tentu saja, semakin banyak konten Anda yang memenuhi kriteria ini, akan sangat membantu performa SEO Website untuk terus eksis di halaman pertama Google.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu search intent, contoh dan juga dampaknya bagi seo web. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan jasa SEO yang memahami dengan baik search intent ini untuk optimasi website bisnis segera, maka Anda bisa menghubungi Creativsim.id di nomor 62812- 2222- 7920. Jangan lupa juga untuk kepoin Instagram mereka di @creativism.id
[…] Baca juga: Apa itu Search Intent dan Cara Memahaminya Mudah, Lengkap!! […]
[…] Baca Juga: Apa itu Search Intent dan Bagaimana Pengaruhnya Pada SEO Website? […]
[…] Baca Juga: Apa itu Search Intent dan Manfaatnya untuk SEO Website […]
[…] Baca Juga: Apa itu Search Intent, Jenis dan Bagaimana Cara Memahaminya? […]
[…] Baca Juga: Jenis Jenis Search Intent yang Harus Pebisnis Ketahui […]
[…] Baca Juga: Apa itu Search Intent dan Pengaruhnya untuk SEO? […]
[…] Baca Juga: Apa itu Search Intent dan Manfaatnya untuk SEO? […]
[…] Nilai relevansi konten tersebut tentunya akan meningkat, karena sesuai dengan search intent. […]
[…] Search intent adalah tujuan pengguna ketika mengetikkan keyword tertentu pada pencarian Google. Bagian ini menjadi penting untuk dipelajari terutama untuk Anda yang ingin melakukan optimasi SEO Web. […]
[…] berkualitas artikel sendiri dapat kita pahami apabila memiliki relevansi yang tinggi terhadap search intent keyword yang […]
[…] bekerja memahami keyword dari website berdasarkan relevansinya terhadap search intent. Mereka akan mencari konten yang memiliki nilai relevansi tinggi terhadap search intent keyword […]
[…] Cara keenam adalah membuat daftar keyword dan mengelompokkannya menjadi beberapa topik. Anda bisa mengelompokkan daftar keyword tersebut berdasarkan jenis search intent–nya. […]
[…] Baca Juga: Jenis Jenis Search Intent Pada Keyword […]
[…] Baca Juga: Jenis-Jenis Search Intent yang Wajib Pemula Ketahui!. […]