Cara Menggunakan Commercial Intent – Commercial intent adalah salah satu dari search intent. Apabila Anda sudah membaca artikel MinTiv sebelumnya pastinya Anda sudah tahu tentang apa itu commercial intent. Ya MinTiv sudah membahas secara rinci tentang apa itu commercial intent di bagian search intent. Anda bisa membaca ulang keterangannya di pada artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Search Intent dan Bagaimana Pengaruhnya Pada SEO Website?
Di sana Anda akan mendapatkan keterangan bahwa commercial intent adalah;
Sebuah kata kunci yang dituliskan oleh pengguna Google yang sudah tahu apa tujuan mereka, dan yang mereka butuhkan hanyalah tips atau perbandingan. Semisal ketika seseorang ingin membeli smartphone, dan bingung untuk memilih di antara Samsung Galaxy S22 vs iPhone 13, maka Anda dapat hadir untuk berikan konten tentang spesifikasi perbandingan antara keduanya.
Tentu saja hal ini menyesuaikan niche dari website Anda sendiri. Untuk perumpamaan yang tadi akan cocok diterapkan pada website yang bernada teknologi terutama gadget. Adapun istilah commercial intent sendiri bisa mengacu pada commercial navigational maupun transaksional.
Sebagai informasi, jenis kata kunci yang memanfaatkan konsep ini akan meningkatkan jumlah pengunjung website Anda. Ya, search intent model ini dapat digunakan untuk menjalankan strategi brand positioning yang tepat. Anda bisa menceritakan kelebihan produk Anda dengan produk lain yang sering dijadikan sebagai perbandingan.
Baca Juga: Apa itu Brand Positioning, Contoh, Jenis dan Juga Cara Menggunakannya Pada Bisnis?
Lalu bagaimana cara menggunakan commercial intent ini untuk tingkatkan traffic website?. Berikut adalah penjelasan lengkapnya dari MinTiv untuk Anda;
Cara Menggunakan Commercial Intent untuk SEO Website
1. Menggunakan Kata Kunci Bersifat Saran
Yang pertama adalah dengan menggunakan kata kunci yang bersifat saran. Seseorang yang menggunakan kata-kata kunci bersifat saran ini pada umumnya adalah mereka yang sadar akan merek. Mereka hanya ingin mempelajari lebih dalam tentang merek pilihan mereka. Adapun beberapa jenis kata-kata kunci yang bersifat saran ini adalah;\
- Terbaik
- Terjangkau
- Terpercaya
- Termurah
- Teratas
- Rekomendasi
- Berkualitas
- dan sejenisnya.
Contohnya seperti yang sudah diterapkan oleh jasa agen digital marketing Creativism di bawah ini;
2. Kata Kunci Mengandung Kata Komersial
Cara yang kedua adalah dengan memasang kata kunci berbentuk komersial secara langsung. Ya, kata kunci jenis ini sering kali digunakan oleh para pebisnis untuk membuat halaman konten baru terhadap layanannya. Adapun contoh dari kata kunci jenis ini adalah;
- Beli
- Diskon
- Bebas Ongkir
- Jasa
- Harga
- dan lain-lain yang sejenis.
Creativism juga telah banyak menerapkan strategi ini dan terbilang berhasil karena banyak dari kata kunci yang mereka gunakan dari jenis masuk ke dalam Google Page 1.
3. Persempit Ruang Lingkup dengan Kata Kunci Lokal
Cara yang ketiga adalah dengan mempersempit pencarian dengan menggunakan kata kunci lokal. Sebenarnya cara ini sama dengan kedua cara sebelumnya, hanya saja ada pemberian kata kunci lokal seperti nama daerah. Contohnya;
- Nama Daerah (Jogja)
- Terdekat
- Buka Sekarang
Contohnya seperti apa yang diterapkan oleh Creativism di bawah ini;
4. Memberikan Kata Kunci Produk/Brand Anda
Yang terakhir adalah dengan memanfaatkan kata kunci produk. Kata kunci jenis ini biasanya memiliki conversion rate yang tinggi. Adapun contohnya adalah;
- Nama-nama produk (Samsung, iPhone, Dell)
- Kategori produk (aksesoris, untuk anak-anak, dan lain-lain)
Anda dapat menggunakan kata kunci jenis ini terlebih jika Anda sudah sukses menjalankan brand marketing. Sebagai trik tambahan, Anda bisa menempatkan penggunaan kata kunci ini di dalam artikel bersamaan dengan teknik internal links.
Baca Juga: 9 Cara Membuat Internal Links untuk Tingkatkan SEO
Apabila Anda berminat mendapat jasa SEO Website terpercaya, Anda dapat menghubungi nomor WhatsApp 62812-2222-7920.
Itu adalah nomor WhatsApp dari Creativism.id. Layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda.
[…] Baca Juga: 4 Cara Jitu Menggunakan Commercial Intent untuk Tingkatkan Pengunjung Web/Landing Page […]