Apa itu Brand Positioning – Salah satu cara untuk memperkenalkan bisnis adalah dengan melakukan brand awareness. Menurut Investopedia, brand awareness adalah istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat pengenalan konsumen terhadap suatu produk dengan namanya. Lebih jauh lagi tentang brand awareness, Anda akan menemukan banyak istilah yang semakna dengan brand awareness.
Hanya saja memang pendekatannya berbeda. Salah satu istilah yang semakna dengan istilah marketing brand awareness adalah brand positioning. Menurut The Branding Journal, brand positioning adalah cara pebisnis untuk menggambarkan seberapa besar brand menguntungkan, berbeda dan kredibel di benak konsumen.
Konsep brand positioning ini banyak digunakan oleh pebisnis terutama yang ingin Go Digital untuk terapkan sistem berbasis pelanggan. Sistem ini sering juga disebut dengan customer base. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang apa itu customer base pada link di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Customer Base dan Pengaruhnya untuk Kelangsungan Bisnis?
Mudahnya, brand positioning adalah cara pebisnis untuk memposisikan merek mereka dengan cara yang berbeda dan unik dibandingkan dengan kompetitor di niche bisnis yang sama.Strategi ini memiliki banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Berikut penjelasannya untuk Anda;
Apa Saja Manfaat Brand Positioning?
1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Pertama, strategi brand positioning mampu meningkatkan pelayanan Anda untuk dapatkan loyalitas pelanggan. Anda akan dengan mudah mendapatkan data-data yang diperlukan untuk peningkatan kualitas. Karena sejatinya brand positioning ini berkaitan erat dengan cara Anda melakukan analisa kompetitor.
Baca Juga: Cara Mudah untuk Lakukan Analisa Kompetitor
Data-data hasil riset tersebut tentunya akan membantu Anda untuk berikan inovasi terbaru dalam produk dan jasa Anda. Anda jadi lebih tahu data mana yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan mana yang tidak. Pada akhirnya loyalitas dari pelanggan akan segera Anda dapatkan bersamaan dengan feedback positif.!
2. Anda Lebih Mudah Bangun Perencanaan Bisnis
Manfaat kedua adalah Anda bisa dengan mudah membangun perencanaan bisnis yang tepat sasaran. Perencanaan bisnis yang tepat sasaran inilah yang nantinya membantu Anda mencapai goals di dalam bisnis. Anda jadi lebih bisa melakukan kreasi terbaru dari kelemahan pada produk atau jasa rival bisnis di niche bisnis yang sama.
3. Jangkauan Pelanggan yang Didapatkan Jauh Lebih Luas
Ketiga adalah jangkauan pelanggan yang didapatkan akan jauh lebih luas. Ya, terlebih jika Anda sudah mengetahui S.W.O.T dari bisnis Anda dan bisnis rival. Anda bisa gunakan untuk bangun citra brand yang lebih kuat, dengan produk yang lebih berkualitas.
4. Memudahkan Anda untuk Menentukan Harga Produk
Keempat adalah Anda bisa dengan mudah menetapkan harga produk Anda. Pengenalan produk yang berbeda, fitur yang lebih lengkap, serta penawaran yang menarik, tentunya menjadikan Anda leluasa menentukan harga. Terlebih jika produk Anda memang menang banyak dari produk sebelah (rival). Calon calon pelanggan tentunya akan maklum dengan harga yang Anda tetapkan karena memang lebih unggul dan berbeda dari produk sejenis.
Hal yang sama juga berlaku untuk Anda yang bergerak di bidang penawaran jasa.
Apa Saja Jenis Jenis Brand Positioning?
Ada 4 jenis brand positioning yang wajib Anda ketahui. 4 jenis brand positioning tersebut adalah;
1. Consumer-Based Positioning
Yang pertama adalah consumer-bases positioning. Sebuah sistem brand awareness yang branding-nya fokus pada audiens tertentu. Semisal ketika Anda fokus memasarkan produk Anda pada gender wanita, lalu Anda banyak melakukan strategi dengan pendekatan yang lebih feminim. Maka audiens tersebut akan merasa sangat spesial dan juga produk Anda dapat mewakilkan persona mereka.
2. Competitor-Based Positioning
Kedua adalah competitor-based positioning. Strategi ini berfokus untuk pelajari kekurangan kompetitor untuk kemudian menjadikannya sebagai kelebihan pada brand Anda. Semisal ketika kompetitor Anda menawarkan menawarkan jasa cuci sepatu tapi tidak dengan semir, maka Anda bisa mengunggulinya di bagian tersebut.
3. Quality-Based Positioning
Berbeda dengan sebelumnya yang lebih berfokus pada subjek lain, maka subjek yang akan dipelajari di bagian ini adalah produk atau Anda sendiri. Di sini Anda akan lebih banyak mengupas hal-hal yang bisa menambah nilai jual serta kualitas brand Anda.
4. Prestige Positioning
Selanjutnya adalah dengan membangun rasa bangga terhadap suatu produk. Mirip-mirip dengan jenis brand positioning yang pertama, hanya saja yang Anda jual bukan hanya produk tapi juga nilai prestisius di dalamnya. Semisal ketika Anda menjual produk iPhone atau smartphone lain di toko Anda, dan Anda dengan “cerdiknya” mendesain toko Anda dengan lukisan dinding yang menarik.
Otomatis setelah pelanggan membeli iPhone, maka mereka langsung tersugesti untuk foto di sana. Ini adalah contoh kecilnya saja.
Cara Menjalankan Brand Positioning
Selanjutnya di dalam artikel Apa itu Brand Positioning, MinTiv akan membahas tentang bagaimana cara menjalankannya. Sebenarnya, apabila Anda sudah membaca dengan baik artikel ini dari awal sampai akhir, Anda bisa mendefinisikan sendiri langkah-langkah tepat menjalankan brand positioning.
Berikut penjelasannya dari MinTiv
- Menentukan Posisi Merek Anda.
- Melakukan Identifikasi Terhadap Pesaing Anda.
- Menganalisa SWOT merek Anda dan juga Pesaing.
- Memberikan Ciri Khusus yang Buat Brand Anda Unik.
- Lakukan Pemasaran dengan Memasang Statement Menarik.
- Bangun Hubungan Emosional yang Baik dengan Pelanggan.
- Gunakan Strategi PPC (Pay Per Click)
- Konsisten.
Inilah penjelasan singkat namun padat dari apa itu brand positioning. Pada artikel berikutnya, MinTiv akan menjelaskan secara lebih rinci lagi tentang cara menjalankan brand positioning. Untuk Anda yang berminat melakukan kerjasama bisnis dengan agen digital marketing terpercaya, Anda bisa menghubungi Creativism.id.
Hubungi mereka di nomor WhatsApp ini 62812-2222-7920
[…] Baca Juga: Apa itu Brand Positioning dan Pengaruhnya untuk Bisnis? […]
[…] Point dari produk atau layanan Anda. Pastikan bahwa yang Anda tawarkan benar-benar memenuhi prinsip brand positioning sehingga produk Anda bisa lebih unggul dari […]