Cara Menggunakan Bot Marketing – Perkembangan teknologi semakin memudahkan pebisnis untuk lakukan banyak inovasi terutama di bidang marketing. Saking banyaknya, banyak dari pebisnis yang bingung untuk memilih tools yang tepat menjalankan strategi marketing mereka. Terlebih di era serba digital sekarang ini, banjir informasi tentunya bukan hal yang baik, meskipun hal tersebut tidak bisa disalahkan sepenuhnya.
Baca Juga: 5 Aplikasi yang Cocok untuk Tingkatkan Produktivitas Kinerja Admin
Anda sebagai pebisnis harus cerdas memilih strategi mana yang cocok dengan marketing funnels Anda. Ada banyak pilihan memang untuk jalankan marketing. Anda bisa saja mulai dari menjalankan content marketing, affiliate marketing, dan juga bot marketing.
2 jenis marketing sebelumnya telah MinTiv secara lengkap, tapi bagaimana dengan bot marketing?. MinTiv akan menjelaskan secara rinci tentang apa itu bot marketing, manfaat dan juga cara menjalankan bot marketing. Jadi simak baik baik penjelasan di bawah ini ya;
Apa itu Bot Marketing?
Bot Marketing adalah proses integrasi bot (robot) dalam digital marketing, dan umumnya dilakukan pada website. Adanya bot ini akan membantu Anda untuk otomatisasi jalannya marketing, tanpa harus dipantau setiap saat.
Penggunaan bot untuk otomatisasi kinerja marketing sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. Bahkan jauh sebelum istilah artificial intelligence sekarang. Sejarah dimulai dari terciptanya Bot pertama di dunia bernama ELIZA. Bot ini hadir di tahun 1966 dan memiliki 200 baris kode program yang memudahkannya untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.
Konsep ELIZA ini terus berlanjut hingga pada akhirnya kita mengenal Google Assistant milik Google dan juga SIRI dari Apple. Bahkan kedua bot yang diciptakan oleh kedua perusahaan teknologi terbesar di dunia tersebut, mampu menjawab berbagai pertanyaan yang tidak hanya berkaitan dengan proses marketing, tapi mampu menjawab pertanyaan layaknya teman.
Manfaat Bot Marketing Dalam Bisnis
Secara garis besar manfaat bot marketing adalah untuk otomatisasi jalannya proses bisnis.Tetapi kita dapat melakukan klasifikasi manfaat tersebut menjadi 3 bagian yang lebih rinci, yakni;
1. Memudahkan Anda untuk Memandu Pelanggan
Manfaat yang pertama adalah bot dapat memudahkan Anda dalam memandu pelanggan untuk membeli produk Anda atau tidak. Panduan seperti ini tentunya sangat diperlukan terlebih jika bisnis Anda berbasis e-commerce. Pelanggan wajib tahu seperti apa petunjuk pemakaian dari e-commerce Anda tersebut.
Anda tak perlu lagi lelah untuk selalu memberikan panduan terhadap pengunjung website Anda. Adapun penerapannya akan sering Anda lihat dengan adanya widget atau tombol chat melayang di bagian sisi kanan atau kiri website.
2. Memudahkan Anda untuk Mendapatkan Data Persona Pelanggan
Manfaat kedua adalah bot memudahkan Anda untuk dapatkan data persona pelanggan. Hanya dengan beberapa pertanyaan yang umumnya ditanyakan pada bisnis Anda atau FAQ (Frequently Asked Questions) mana Anda bisa mendapatkan data data tersebut dengan mudah. Data-data seperti ini nantinya bisa membantu Anda untuk bangun sistem berbasis pelanggan.
Baca Juga: Apa itu Customer Base dan Manfaatnya Dalam Bisnis
3. Bot Bisa Membantu Anda Tingkatkan Konversi
Manfaat yang terakhir adalah bot mampu membantu Anda untuk tingkatkan konversi.
Cara Menggunakan Bot Marketing
Berikut adalah 4 cara menjalankan bot marketing, simak baik-baik penjelasannya hingga akhir.
1. Memberitahukan Terlebih Dahulu Bot Anda
Yang pertama adalah memberitahukan terlebih dahulu bot Anda. Tentang nama, cara kerja dan bahkan memberitahukan tentang kelemahan bot tersebut. Karena secanggih apapun bot pasti memiliki kelemahan di dalamnya. Bot pada umumnya dirancang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan FAQ atau yang sering ditanyakan pada bisnis Anda.
Bot efektif digunakan jika Anda bergerak di bidang pelayanan produk seperti baju, tas ataupun sepatu. Pertanyaannya pasti hanya akan seputar harganya berapa dan juga berapa harga ongkirnya. Nah hal-hal seperti ini dapat diprogram jawabannya secara otomatis melalui bot.
2. Sediakan Opsi untuk Dapat Menghubungi Manusia
Cara yang kedua adalah dengan menyediakan opsi untuk dapat menghubungi manusia. Ya, inilah efek domino dari cara yang pertama. Kita harus mengakui bahwa sistem bot tidak bisa selamanya diandalkan untuk menjawab pertanyaan calon pelanggan. Ada kalanya pelanggan harus dilayani dengan manusia, terlebih untuk pertanyaan-pertanyaan anti mainstream, ataupun yang berbentuk keluhan.
Adanya opsi ini tentunya akan sangat menggambarkan citra bisnis Anda yang penuh dengan rasa simpati kepada pelanggan. Dan ini sangat diperlukan untuk kelangsungan bisnis.
3. Jangan Membuatnya Terlalu Menonjol
Terakhir untuk mereka yang gunakan strategi ini melalui website, maka Anda dapat mempertimbangkan posisi yang tepat. Jangan sampai membuatnya begitu menonjol sehingga mengganggu perhatian pengunjung website dalam melihat konten Anda.
Memberikan pilihan pop up yang tiba-tiba muncul ketika pengunjung membuka website Anda?. Anda dapat berpikir ulang 1000x sebelum melakukan hal tersebut, karena faktanya banyak pengunjung yang terganggu. Terlebih jika menu pop up tersebut disertai dengan pilihan close yang sulit untuk dicari.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu bot marketing, manfaat dan juga cara menggunakannya di dalam bisnis. Apabila Anda bermanfaat untuk mendapatkan otomatisasi bisnis bersama dengan agen digital marketing terpercaya, Anda dapat menghubungi Creativism.id.
Layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Cara Menjalankan Chatbot Marketing […]