Kesalahan Keyword Research – Ada banyak kesalahan riset keyword yang sebenarnya sering dilakukan oleh pebisnis digital, namun tidak mereka sadari. Kesalahan-kesalahan yang tidak disadari inilah yang akan membuat optimasi SEO website menjadi kurang tertarget. Waktu yang digunakan, serta konten yang telah Anda kreasikan menjadi terbuang begitu saja. Lalu apa saja kesalahan-kesalahan keyword research yang sering dilakukan namun jarang disadari?.
Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda;
1. Tidak Mengerti dengan Baik Konsep Search Intent
Yang pertama adalah tidak mengerti dengan baik konsep search intent. Search intent sendiri adalah tujuan seseorang ketika akan mengetikkan kata kunci tertentu. Semisal ketika Anda mengetikkan kata tentang Jasa SEO Terbaik, maka yang Anda pasti cari adalah agen digital marketing profesional terbaik. Mencari siapa yang menawarkan jasa tersebut, dan apa saja fitur serta berapa harga yang ditawarkan.
Baca juga: Apa itu Search Intent dan Cara Memahaminya Mudah, Lengkap!!
Maka relevan jika Anda menuliskan konten artikel yang memuat kata kunci seperti “Rekomendasi Jasa Seo Terbaik, Harga Jasa SEO Terbaik, dan lain-lain”. Orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci Jasa SEO Terbaik, pastinya sudah mengerti tentang manfaat SEO. Jadi kurang pas dan tidak relevan jika Anda terlalu banyak memasukan poin-poin fundamental yang bertele-tele di dalam artikel tersebut, mulai dari manfaat SEO, apa itu SEO, perbedaan SEO dengan SEM, dan lain-lain.
Gunakan keterangan tadi secukupnya, dan jika tidak pengunjung akan merasa bosan dan segera beralih dari halaman website Anda. Bounce rate yang dihasilkan juga akan meningkat. Jika sudah begitu Anda butuh cara jitu untuk menurunkan bounce rate.
2. Melupakan SERPs
Kesalahan yang sering dilakukan berikutnya adalah melupakan SERPs. SERPs adalah kependekan dari Search Engine Result Page. Singkatnya SERPs adalah halaman berisi informasi yang dicari seseorang lewat mesin pencari. Dengan melihat informasi yang ada tersebut, Anda akan jadi lebih mudah untuk menentukan search intent dari sebuah kata kunci. Tentu saja, inspirasi yang Anda cari haruslah dari halaman pertama Google.
Sumber: Ahrefs
Gambar di atas juga mendukung statement sebelumnya, di mana jika konten Anda berada di halaman kedua, maka konten Anda tidak akan terlihat sama sekali.
3. Tidak Melihat Metrik Volume Terdahulu
Ketiga adalah dengan tidak melihat volume matriks dari kata kunci yang ingin ditargetkan terlebih dahulu. Contohnya adalah sembarang menargetkan kata kunci yang volume pencariannya rendah, dan kurang mendapatkan perhatian user. Selain memperhatikan banyak volume matriks seperti tingkat pencarian, Anda juga bisa menimbulkan volume lain seperti tingkat kesulitan atau kompetisi keyword.
Baca juga: 10 SEO Tools Gratis untuk Tingkatkan Jumlah Pengunjung
Gunakan SEO Tools untuk mempermudah pencarian data-data tersebut.
4. Kurang Optimal Menggunakan Long Tail Keywords
Kesalahan keempat adalah kurang optimal menggunakan long tail keywords. Masih adanya anggapan bahwa short tail keyword adalah cara tepat untuk optimasi website menjadikan banyak pebisnis digital kurang optimalkan long tail keywords. Belum lagi fakta bahwa short tail keywords memiliki persaingan yang ketat dengan domain besar seperti Detik, Kompas, dan Tirto.
Anda butuh optimasi long tail keywords. Anda bisa membaca perbedaan antara short tail keyword dan juga long tail keyword ini pada link di bawah ini;
Baca juga: Mana yang Lebih Efektif Short Tail Keyword vs Long Tail Keyword
5. Menentukkan Kata Kunci Setelah Artikel Ditulis
Berikut dan yang paling sering dilakukan adalah baru menargetkan kata kunci setelah artikel ditulis. Menentukan kata kunci setelah artikel ditulis tentu akan menyulitkan Anda untuk mencari kata kunci apa yang tepat setelah artikel selesai ditulis.
Beda ceritanya jika Anda dari awal sudah menempatkan kata kunci tertentu, Anda jadi lebih mudah untuk menaruh kata kunci pada bagian-bagian relevan di dalam artikel. Anda bisa gunakan Yoast SEO untuk permudah langkah ini
6. Berlebihan Menggunakan Kata Kunci
Berikutnya adalah berlebihan menggunakan kata kunci. Untuk yang satu ini, akan sering Anda lakukan terlebih jika Anda “termakan” mitos SEO jadul. Beruntungnya MinTiv telah membahas mitos-mitos SEO ini secara lengkap. Anda bisa membacanya pada link di bawah ini;
Baca juga: Mitos SEO Lengkap yang Sampai Saat Ini Masih Dipercaya
7. Mengabaikan Keyword Local
Kesalahan nomor 7 adalah sering mengabaikan kekuatan kata kunci lokal. Banyak pebisnis digital yang meremehkan hal ini karena ini langsung memenangkan persaingan kata kunci dengan volume pencarian yang lebih besar. Padahal dengan kata kunci lokal atau tertarget akan memudahkan Anda tetap mendapatkan konversi tinggi dengan tingkat persaingan yang lebih rendah.
Contoh keyword lokal adalah; Jual Sepeda Bekas Jogja, Jual Sepeda Bekas Bekasi, dan lain-lain.
8. Tidak Melakukan Analisa Kompetitor Bisnis/Sumber Lain
Kesalahan keyword research nomor 8 adalah tidak memperhatikan sumber lain. Tidak bisa dipungkiri memang bahwa salah satu teknik ampuh untuk memenangkan persaingan adalah dengan melakukan ATM. ATM sendiri adalah kependekkan dari Amati Tiru dan Modifikasi.
Lakukan evaluasi dan tetapkan kata kunci yang sama dengan mereka dengan konten yang lebih berkualitas.
9. Jarang Lakukan Evaluasi Kata Kunci
Kesembilan adalah dengan jarang melakukan evaluasi kata kunci setelah kata kunci digunakan. Inilah kesalahan yang mungkin sering Anda lakukan. Ketika artikel telah terbit dengan kata kunci tertentu, Anda cenderung malas untuk mengevaluasi apakah kata kunci tersebut berhasil atau tidak.
Baca Juga: 7 Langkah Optimasi SEO Penting yang Sering Terlupakan
Anda hanya berharap bahwa kata kunci tersebut bisa berada di halaman pertama Google, tapi tidak pernah memperhatikan perkembangannya..
10. Tidak Gunakan LSI Keyword
Latent Semantic Indexing Keyword adalah salah satu jenis kata kunci yang sering digunakan pengembangan website. LSI Keyword menjadi senjata andalan digital marketer untuk merajai pasar keyword terhadap topik tertentu. Gampangnya, LSI Keyword bisa dipahami sebagai sinonim dari kata kunci utama.
Pesan Juga: Jasa SEO Profesional Terbaik, Ada Garansi!
Inilah kesalahan-kesalahan Keyword Research SEO yang tanpa disadari sering dilakukan. Apabila Anda ingin mendapatkan jasa SEO terbaik untuk optimalkan kata kunci bisnis Anda, maka Anda cukup Creativism.id. Hubungi mereka di nomor 62812-2222-7920.
[…] Baca juga: 10 Kesalahan Keyword Research SEO yang Tidak Disadari Sering Dilakukan […]