Apa itu LSI Keyword – LSI atau Latent Semantic Indexing Keyword adalah salah satu jenis kata kunci yang sering digunakan pengembangan website. LSI Keyword menjadi senjata andalan digital marketer untuk merajai pasar keyword terhadap topik tertentu. Gampangnya, LSI Keyword bisa dipahami sebagai sinonim dari kata kunci utama. Tetapi perlu digaris bawahi bahwa tidak semu LSI Keyword berbentuk sinonim.
Baca juga: Cara Optimasi Website dengan SEO Agar Ramai Pengunjung
LSI Keyword dapat digunakan untuk mengatasi masalah seperti di bawah ini;
Yakni ketika Anda menggunakan kata kunci “lemari pakaian” namun orang-orang malah mengetikkan kata lain di pencarian seperti “lemari baju”, apakah Google akan otomatis menampilkan konten Anda di hasil pencarian tersebut?.
Jawabannya tidak.
Meskipun memiliki makna yang sama, Google belum tentu akan menampilkan konten Anda di pencarian “lemari baju”.
Untuk mengatasi masalah inilah LSI Keyword hadir. Di sini kita akan mengenal lebih dekat tentang apa itu, cara kerja, manfaat, dan juga cara menggunakan LSI Keyword.
Apa itu LSI Keyword
LSI Keyword adalah kata kunci yang bertindak layaknya sinonim (tidak sepenuhnya) ataupun bertindak sebagai kata kunci yang memiliki konsep serupa dengan keyword utama yang digunakan.
Contoh LSI Keyword sendiri bisa kamu pahami dengan masalah yang tadi MinTiv telah jabarkan.
Neil Patel seorang praktisi SEO Website yang sudah memiliki berjuta-juta pengalaman mengatakan bahwa penggunaan LSI Keyword di dalam konten sangatlah krusial. Semenjak Google menggunakan algoritma Hummingbird, keyword utama bukan lagi penentu kesuksesan untuk meraih peringkat teratas halaman pertama Google.
Anda perlu yang namanya LSI Keyword untuk bantu naikkan keyword utama memenangkan persaingan. LSI punya peran penting untuk menjadikan konten Anda relevan dengan topik tertentu.
Cara Kerja LSI Keyword
Bagaimana cara kerja LSI Keyword?. LSI Keyword dapat bekerja dengan baik tergantung seberapa baik Anda menjelaskan kata kunci Anda di dalam konten. Semisalnya seperti ini;
“FOMO di dalam strategi marketing adalah salah satu strategi jitu untuk cepat menaikkan penjualan. Strategi FOMO ini sering diterapkan dalam ide bisnis diskon terbatas, giveaway, dan juga event-event besar.”
Sebagai informasi, istilah FOMO sebenarnya lebih akrab ditemukan dalam bidang kesehatan mental. Namun apabila Anda mendiskripsikan konten Anda dengan baik, yakni menjelaskan bahwa konten FOMO yang Anda kreasikan hanya berkaitan dengan marketing seperti kalimat di atas, maka Google akan dengan mudah menempatkan konten Anda sebagai hasil pencarian dari keyword FOMO Marketing dan bukan untuk keyword FOMO.
Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memahami gambar di bawah ini;
Apa Manfaat LSI Keyword?
Apa manfaat LSI Keyword?. Manfaat LSI Keyword akan sangat berasa jika Anda menerapkan dengan baik strategi optimasi website menggunakan metode on-page SEO. Secara tersirat kita juga sudah mengetahui manfaat LSI Keyword secara umum. Yakni memudahkan mesin crawling Google untuk menampilkan konten Anda pada keyword yang relevan.
Baca Juga: Apa itu Question Keyword?
Tentu saja ini akan berdampak pada kesempatan besar konten Anda untuk menempati peringkat pertama halaman Google. Anda bisa menggunakan LSI Keyword ini pada banyak lokasi di dalam website seperti di bagian;
- Tittle tags
- Heading
- Meta description
- dan juga pada bagian Image alt text
Berikut adalah 5 manfaat yang akan Anda dapatkan dari penggunaan LSI Keyword ini;
- Kualitas konten yang meningkat dikarenkan banyak istilah yang relevan dengan kata kunci utama.
- Anda bisa terus memaksimalkan kata kunci apa saja terkait topik tertentu tanpa harus was was terkena pinalti Google.
- Konten Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet.
- Anda bisa meraih baris teratas peringkat 1 halaman Google, dan tentu saja..
- traffic pengunjung website Anda akan meningkat secara drastis.
Cara Menggunakan LSI Keyword
Untuk dapat menggunakan LSI Keyword, MinTiv sebenarnya miliki dua cara. Cara yang pertama adalah cara gratis dan praktis, dan cara yang kedua adalah cara berbayar dan lebih prakis. MinTiv akan jelaskan cara yang pertama terlebih dahulu, karena MinTiv yakin, Anda pasti suka yang gratis gratis bukan?.
1. Perhatikan Kata di Meta Description dari Hasil Pencarian yang di-Bold
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah teliti melihat hasil meta description dari kata kunci tertentu yang Anda cari. Contohnya seperti gambar di atas, ketika MinTiv menuliskan kata kunci rekomendasi jasa sosial media. Google menampilkan salah satu konten dari pencarian keyword tersebut dengan sekaligus menampilkan LSI Keyword yang diberi tanda Bold.
2. Melihat Saran Pencarian di Search Box Google
Berikutnya adalah dengan menggunakan saran pencarian yang dilakukan oleh search box Google. Seperti saat MinTiv menuliskan kata pencarian film indonesia terbaru, akan keluar beberapa kata kunci tambahan sebagai saran pencarian menjadi lebih spesifik.
Saran pencarian dari search box Google inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk LSI Keyword.
3. Mencari Keyword Relevan di Fitur People Also Ask Google
Selanjutnya adalah dengan melalui fitur Google yakni People also ask atau Orang juga bertanya. Fitur ini bisa menjadi ide Anda untuk digunakan pada LSI Keyword atau pada konten baru dengan LSI Keyword tetapi masih dalam 1 topik pembahasan.
4. Mencari LSI Keyword di Related Search
Selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur Related Search. Fitur ini bisa Anda jumpai pada halaman berapa saja di Google, mulai dari Page 1, hingga Page 10 sekalipun. Sama seperti fitur Google sebelumnya, Related Search dimunculkan sebagai pencarian paling banyak terkait kata kunci yang telah dituliskan.
Semisal MinTiv menuliskan “aktor film Indonesia”, akan muncul related search seperti aktor pria Indonesia, aktor Indonesia terbaik, aktor Indonesia ganteng, aktor ftv Indonesia, dan lain-lain.
Yang terakhir, Anda bisa gunakan Google Trends untuk melihat yang kata kunci yang sering dicari di Google, baik dalam jangka waktu 1 bulan terakhir ataupun dalam jangka waktu 1 tahun terakhir.
5. Mencari Kata Kunci Relevan Menggunakan LSIGraph
Selanjutnya adalah dengan menggunakan cara yang kedua yakni cara yang berbayar dan lebih praktis. Dimulai dari tools LSIGraph. Sesuai dengan namanya, Anda bisa mencari LSI Keyword dari keyword tertentu dalam bentuk grafik. Hebatnya lagi, Anda bisa melihat hasil pencarian tersebut lengkap dengan variabel Trend, Volume, CPC, Competition, dan lain-lain.
Untuk bisa menggunakan layanan ini secara premium lifetime, Anda diharuskan untuk membayar sekitar $199 atau sekitar Rp. 2.900.000
6. Mencari Kata Kunci Relevan Menggunakan Keyword Tool
Sama seperti sebelumnya, untuk dapat menggunakan tools ini secara lebih leluasa Anda diharuskan untuk membayar sekitar $159 perbulan untuk paket Pro Business. Jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp. 2.400.000.
Fitur yang akan dapatkan sangat lengkap, Anda bisa mengetahui keyword Suggestions, pertanyaan yang sering ditanyakan terhadap keyword tersebut, dan juga related keywords. Anda juga bisa dengan mudah melihat search volume, trends, CPR dan juga Competition dari sebuah keyword yang coba Anda targetkan.
7. Mencari Kata Kunci Relevan Menggunakan Keyword Revealer
Ketujuh ada Keyword Revealer. Bisa dibilang tools ini adalah versi premiumnya dari Google Keyword Planner. Dashboard hasil analisa data keyword juga disajikan lebih enak untuk dipandang. Anda bisa mengetahui volume, trend, CPC dan bahkan PPC dari sebuah keyword yang coba Anda targetkan.
Untuk mendapatkan layanan ini secara bebas atau paket elitenya, Anda diharuskan untuk membayar $29.50 atau sekitar Rp. 430.000 per tahun. Angka yang cukup lumayan bagi pebisnis yang baru memulai karirnya.
8. Mencari Kata Kunci Relevan Menggunakan Semrush
Yang terakhir adalah Semrush. Tools ini menjadi salah satu andalan jasa SEO profesional rekomendasi Creativism.id untuk optimasi website bersamaan dengan 3 layanan sebelumnya. Semrush menyediakan banyak informasi mengenai persaingan keyword, SERP dan juga memudahkan webmaster untuk mengontrol perkembangan SEO Website bisnisnya.
Baca juga: Cara Membuat Artikel SEO dengan Mudah
Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu, cara kerja, manfaat, dan juga cara menggunakan LSI Keyword.
Apabila Anda berminat untuk langsung mengoptimasikan website Anda tanpa harus buang-buang waktu harus mempelajari SEO dari awal, Anda bisa menghubungi nomor Creativism.id di 6281 22222 7920. Jangan lupa untuk kepoin Instagram mereka di @creativism.id
[…] Baca Juga: Apa itu LSI Keyword dan Cara Mengoptimalkannya? […]
[…] Cutts menyarankan untuk menggunakan LSI Keyword agar artikel yang ditulis lebih natural. Penggunaan LSI Keyword atau gampangnya sinonim dari […]
[…] Baca Juga: Cara Menggunakan LSI Keyword […]
[…] Baca Juga: Cara Menggunakan LSI Keyword […]
[…] Baca Juga: Apa itu LSI Keyword Lengkap? […]
[…] bisa lakukan kombinasi dengan menerapkan konsep LSI Keyword ataupun Question […]