Cara Optimasi Website – Sesi belajar SEO dari MinTiv telah mencapai seri ketiga. Di seri ketiga ini kita akan mempelajari kita tentang bagaimana caranya melakukan optimasi website. Sebelum lanjut, Anda bisa terlebih dahulu membaca seri sebelumnya yang membahas tentang mitos mitos SEO yang sampai saat ini masih dipercaya.
Mengetahuinya sangat penting bagi Anda, agar tidak terjebak dengan cara optimasi website yang katanya bisa menaikkan nilai SEO, yang justru tidak berpengaruh sama sekali.
Kembali ke akar permasalahan, metode optimasi website yang akan MinTiv bagikan kepada Anda ini, banyak dikupas dari sisi SEO On-Page. Berikut adalah 10 cara optimasi website yang bisa Anda lakukan;
8 Teknik Optimasi Website Agar Ramai Pengunjung
1. Memastikan Website Sudah Responsive/Mobile-friendly
Untuk tips yang pertama ini, Anda bisa mulai dengan mengecek terlebih dahulu apakah website Anda sudah responsive ataupun mobile-friendly. Ini jadi syarat utama ketika Anda ingin mengoptimasi website Anda. Website yang sudah responsive akan memudahkan pengunjung untuk membaca konten Anda di platform manapun, baik itu platform desktop seperti laptop/komputer, mobile, tab dan platform lainnya.
Faktanya, hampir seluruh traffic yang datang ke dalam website didominasi oleh perangkat selain desktop, yakni mobile. Fakta ini kemudian menjadi pertimbangan Google untuk memprioritaskan proses crawling, indexing, dan ranking pada website-website yang sudah mobile-friendly.
Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan untuk memenuhi syarat optimasi website yang pertama ini, yakni;
- Gunakan template atau tema yang sudah teroptimasi mobile-friendly.
- Usahakan untuk menghindari iklan pop-up yang sangat kenyamanan pengunjung ketika membaca konten Anda.
- Jika Anda Yoast-SEO, pastikan Anda memilih judul meta yang pendek dan mudah terlihat di tampilan seluler.
2. Pastikan Kecepatan Akses Website Anda Tidak Lebih dari 3 Detik
Yang kedua adalah memastikan bahwa website Anda dapat diakses tidak lebih dari 3 detik. Mengapa patokannya adalah 3 detik?.
Dari Blog Wowrack.co.id, dijelaskan hasil survei dari Nielsen, ahli Digital Marketing, menjelaskan bahwa 47% calon pengunjung mengharapkan halaman yang ia buka bisa dimuat kurang dari 2-3 detik. 40% calon pengunjung akan beralih dari website, jika halaman yang ia ingin muat tidak bisa diakses lebih dari 3 detik atau lebih.
Jika website Anda tidak memenuhi kriteria ini, maka bersiaplah untuk kehilangan banyak calon pengunjung hanya dalam hitungan detik.
Untuk mengakalinya, Ada beberapa yang bisa Anda lakukan seperti:
- Melakukan kompres pada gambar, sebagai informasi tambahan, gunakan gambar dengan tipe file jpeg dan size-nya yang diusahakan 100 KB.
- Tipe jpeg/jpg sendiri lebih disukai oleh web browser karena memiliki detail pixel yang tidak serumit tipe .png. Atau Anda bisa gunakan tipe .png, tapi dengan mengompres gambarnya terlebih dahulu.
- Gunakan efek dan grafis desain secukupnya.
- Anda bisa gunakan GTMetrix ataupun Google’s Page Insights untuk mengecek kecepatan akses website Anda.
3. Judul Artikel yang Menarik
Tidak bisa dipungkiri, seseorang menjadi tertarik dengan konten website Anda salah satunya karena judul artikel. Elemen ini memang jadi elemen yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Sayangnya, beberapa website menggunakan metode optimasi website ini secara berlebihan, dan justru cenderung clickbait.
MinTiv menyarankan kepada Anda untuk tidak menggunakan mode penulisan clickbait ini. Memang cara ini terbukti ampuh untuk datangkan banyak pengunjug, tapi website rentan mengalami bounce rate yang tinggi.
Bounce rate sendiri adalah persentase pengunjung yang langsung meninggalkan website hanya dari satu halaman saja. Selain kecepatan akses website, salah satu pemicu bounce rate adalah judul artikel yang clickbait dan tidak relevan dengan isi konten, ataupun tidak menjawab permasalahan pengunjung.
Sebagai contoh amannya, Anda bisa mengkreasikan judul-judul di bawah ini:
- 10 Contoh Logo Perusahaan Simple yang “Gitu Doang” Tapi Bermakna Dalam
- Rekomendasi Jasa Sosial Media Terbaik dan Terpercaya
- 5 Social Media Management Tools, Sukseskan Branding Bisnis
4. Cara Optimasi Website dengan Optimasi Gambar
Keempat adalah dengan mengoptimasi konten website dengan gambar. Sebagaimana yang kita tahu bersama, konten artikel yang dilengkapi dengan visual memang lebih menarik, ketimbang tidak sama sekali. Tentunya porsi gambar pada konten artikel perlu Anda pikirkan matang-matang.
Jangan sampai Anda berlebihan dalam menggunakan elemen yang satu ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk optimasi gambar di dalam website:
- Beri nama file gambar sesuai dengan isi konten. Sebagai contoh MinTiv memberikan nama gambar untuk konten artikel Cara Menggunakan Hashtag untuk Branding Media:
- Pemberian nama file ini dengan nama yang mudah dibaca oleh manusia akan membantu mesin crawling untuk membaca keyword yang Anda targetkan. Ingat, jangan hanya dilakukan pada featured images saja, tapi juga untuk seluruh gambar yang digunakan dalam website.
- Isi bagian alt image, description dan juga caption sesuai dengan keterangan pada gambar, atau sesuai dengan keyword yang ditargetkan.
5. Gunakan Heading dan Subheading
Struktur konten adalah bagian penting untuk memudahkan pengunjung membaca dan juga mesin crawling Google memahami keyword konten Anda. Anda bisa membuat struktur konten yang memenuhi standar itu dengan menggunakan Heading dan subheading.
Apabila Anda menggunakan WordPress, Heading 1 digunakan untuk judul, dan jarang digunakan lagi untuk menandakan bab baru dalam konten artikel. Heading 2 digunakan untuk subjudul dalam artikel, dan heading 3 untuk bagian subjudul heading 2.
Untuk heading 4, hingga 6 jarang digunakan. MinTiv merekomendasikan untuk menggunakan heading 2 dan heading 3. Anda juga menyematkan kata kunci di bagian heading.
6. Berikan Internal Link dan Outbound Link
Internal link adalah link yang tujuannya mengarahnya pada konten lainnya di dalam website Anda. Sedangkan outbound link adalah link yang tujuannya mengarah pada konten lain pada website yang berbeda. Ada sedikit tips untuk menggunakan internal link.
Teknik optimasi website ini sangat efektif digunakan untuk menyambungkan 1 konten dengan konten lain yang masih relevan secara tema. Contohnya, saat ini artikel kamu berjudul Harga Jasa Maintenance Website Paket Lengkap, dan didalamnya kamu memberikan internal link pada konten sebelumnya yakni 12 Tips Memilih Jasa Buat Website Terpercaya.
Trik seperti ini juga sering digunakan oleh website-website besar agar pengunjungnya betah berada lebih lama di website Anda, demi menggali informasi yang ia cari lebih dalam.
Untuk outbound link, Anda bisa gunakan teknik referensi. Ya MinTiv menyebutnya teknik referensi, sebagai contoh ketika Anda membuat artikel yang berkaitan dengan Teknik Elektro lengkap dengan data-data. Maka Anda memberikan referensi dari mana sumber data yang Anda dapatkan dari website yang sudah kredibel untuk masalah Teknik Elektro sejenis, seperti IEEE.org.
Ingat!, untuk jangan berlebihan menggunakan internal link maupun outbound link.
7. Cara Optimasi Website dengan Link Building
Keenam adalah link building. Bisa dibilang ini adalah kebalikan dari outbound link, yakni website Anda yang menjadi referensi dari konten website milik orang lain. Anda bisa gunakan cara ini dengan mulai membangun relationship yang baik antara pebisnis.
Link building atau backlink sendiri adalah metode optimasi SEO-Off Page yang efeknya paling legit untuk tingkatkan nilai SEO. Tentunya Anda harus memperhatikan relevansi konten website partner jika mereka ingin mengaitkannya dengan konten website yang Anda miliki.
8. LSI Keyword
Yang terakhir adalah dengan menggunakan LSI Keyword. LSI Keyword adalah kata kunci yang masih punya makna mirip dengan keyword yang sudah Anda targetkan. Teknik optimasi website ini efektif digunakan untuk fokus keyword pada satu konten atau untuk judul konten terbaru.
Kedepannya MinTiv akan membahas khusus tentang penggunaan LSI Keyword ini untuk metode optimasi website tersendiri dalam 1 artikel mendatang.
Inilah 8 metode optimasi website dengan SEO agar website Anda ramai dikunjungi pengunjung. Apabila berminat untuk mendapatkan jasa SEO Profesional, yang sudah mahir menjalankan 8 teknik ini, Anda bisa menghubungi Creativism.id. Anda bisa menghubungi Creativism di nomor 0812 2222 7920.
Kepoin juga Instagram mereka di @creativism.id. Semoga artikel ini bermanfaat
[…] Baca juga: Cara Optimasi Website dengan SEO Agar Ramai Pengunjung […]
[…] Baca juga: Cara Optimasi Website dengan SEO Agar Ramai Pengunjung […]
[…] Cara Optimasi Website […]