Cara Membuat Landing Page – Apabila Anda sudah membaca artikel sebelumnya, pastinya Anda sudah tahu apa itu Landing Page?. Landing Page adalah sebuah halaman khusus yang dirancang untuk dapat membuat satu informasi mengenai produk atau jasa kepada konsumen. Konsep halaman ini sangat berbeda dengan website, meskipun punya tujuan yang sama, yakni branding.
Anda bisa membaca artikel di bawah ini, untuk tahu persis perbedaan di antara landing page dan juga website.
Baca juga: Perbedaan Antara Landing Page dan Website
Di bagian akhir dari artikel MinTiv berjanji untuk memberikan tips keren bagaimana untuk membuat landing page yang menarik.
5 Tools yang Digunakan untuk Membuat Landing Page
Sebelum ke inti artikel, yakni bagaimana cara membuat landing page agar menarik, MinTiv ingin terlebih dahulu berbagi tentang 5 tools wajib diketahui dalam pembuatan landing page.
1. Elementor Pro
Tools yang pertama adalah tools yang diperuntukkan khusus untuk membuat landing page dan terintegrasi dengan WordPress. Tools ini mampu memudahkan kita untuk membuat landing page hanya dengan drag and drop object.
Dibandingkan Divi dan Beaver Builder, elementor punya banyak kelebihan, terutama untuk:
- in-line editing, atau mengedit teks tepat di halaman.
- Memuat banyak element canggih dan pilihan yang beragam.
- Tampilan template website mode pre-made.
Untuk opsi lainnya, Anda bisa saja menggunakan NicePage App, Wix, GoDaddy, Squarespace, Weebly, dan lain-lain. Hanya saja, kesemua opsi ini tidak dapat langsung terintegrasi dengan WordPress.
2. MailChimp
MailChimp adalah tools yang digunakan untuk mengkonversikan jumlah pengunjung menjadi subscriber dan juga customer. Adanya mailchimp di dalam landing page Anda, akan sangat membantu proses email marketing kedepannya.
3. Google Analytics
Ketiga ada nama Google Analytics. Sesuai dengan namanya, tools dari Google ini akan membantu Anda untuk melakukan analisa terhadap kinerja landing page. Anda bisa melihat performa tentang berapa lama pengunjung di dalamnya, dari mana saja pengunjung berasal, dan dalam mode real time.
4. WP Forms
WordPress Forms, adalah tools yang memudahkan Anda untuk membuat multi-page form untuk kumpulkan informasi lebih banyak tentang customer.
5. Google Search Console
Yang terakhir adalah Google Search Console, tools yang digunakan untuk mengoptimalkan landing page Anda memenuhi standar SEO-Friendly, Mobile Friendly, dan juga keyword yang optimal.
Hal ini sangat penting, guna membuat nyaman pengunjung landing page Anda. Semakin lama mereka di dalam landing page Anda, maka semakin kecil juga biaya yang harus dikeluarkan untuk konversi (jika Anda menggunakan landing pages ini untuk iklan PPC (Pay per Click Facebook & Google Ads)).
Membuat Landing Page dengan Konsep AIDA
Ada banyak teknik yang sebenarnya bisa kita terapkan dalam proses pembuatan landing page. Salah satu teknik yang sering digunakan adalah dengan menggunakan konsep AIDA. AIDA sendiri adalah singkatan dari Attention, Desire, Interest, dan juga Action.
MinTiv akan membahasnya satu per satu kepada Anda secara lengkap.
1. Dimulai dari Headline.
Landing page yang menarik, pastinya memiliki satu tagline atau slogan yang dijadikan sebagai headline. Headline yang menarik adalah headline mudah diingat dan mudah diulang oleh orang-orang. Contoh headline yang memenuhi kriteria ini seperti:
Indomie Selaraku, Apapun Makanannya Minumnya Teh Botol Sosro, dan lain-lain.
Contoh lain dapat Anda lihat pada gambar Attention di atas. Fokuslah pada bagian apa yang membuat orang tertarik pada produk atau jasa yang Anda miliki.
Jangan terlalu fokus terhadap apa yang Anda punya, tapi fokuslah pada apa yang Anda bisa lakukan untuk klien. Klien atau customer tidak akan peduli Anda memiliki teknologi yang canggih sekalipun, jika itu tidak memenuhi hasrat mereka.
Anda juga bisa menambahkan beberapa kalimat di bawah headline untuk memperjelas headline Anda. Seperti:
“Skincare ini telah teruji digunakan oleh 10 wanita, 9 diantaranya mengaku mendapatkan perubahan setelah 1 minggu pemakaian rutin”.
2. Cara Membuat Landing Page: Pahami Masalah Pada Pengunjung yang Datang.
Tips kedua, adalah memposisikan diri sebagai pengunjung yang datang. Artinya Ada memahami masalah apa yang pengunjung ingin selesaikan ketika berkunjung di landing page Anda. Contoh pada kalimat di atas yang menceritakan tentang masalah seorang istri yang ingin tampil cantik, tanpa harus meninggalkan pekerjaan.
Kita semua tahu, bahwa cantik itu perlu waktu, make up misalnya yang perlu waktu lebih dari 10 menit. Kalimat inilah yang nantinya akan menarik minat pengunjung, karena mereka tahu bahwa kita memahami masalah yang ada.
3. Gunakan Kalimat yang Dapat Membangkitkan Hasrat Seseorang untuk Membeli.
Tips ketiga adalah dengan menggunakan kalimat-kalimat yang mampu membangkitkan hasrat seseorang untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Anda bisa menggunakan contoh kalimat yang ada di bagian atas, yakni dengan menggunakan teknik diskon.
Diskon atau juga potongan adalah salah satu trik yang sering digunakan oleh digital marketer untuk meningkatkan hasrat pengunjung dalam melakukan pembelian.
Bukan hanya diskon atau potongan harga, Anda juga dapat meningkatkan hasrat seseorang dalam melakukan pembelian menggunakan testimoni atau review dari pelanggan yang sudah menggunakan produk atau jasa Anda sebelumnya.
Pastikan bahwa Anda meletakkan bagian ini, tepat setelah Anda menceritakan:
Apa yang Anda Bisa Lakukan, Masalah Apa yang Anda Bisa Selesaikan, Solusi yang Anda Tawarkan, Kelebihan Apa yang Anda Miliki.
4. Cara Membuat Landing Page Menarik, Tips Terakhir Gunakan CTA.
Yang terakhir adalah dengan memberikan tombol CTA (Call to Action). Tombol yang akan digunakan oleh pengunjung untuk dapat menghubungi Anda. Anda bisa menggunakan kata-kata yang lebih menarik ketimbang “Hubungi Saya” seperti Gratis Konsultasi, Tanya Tanya Dulu, “Ketahui Info Lebih Detail”, dan lain-lain.
Itulah tips super untuk dapat membuat landing page Anda jadi lebih menarik. Apabila Anda membutuhkan jasa khusus untuk pembuatan landing pages ini, Anda dapat menghubungi Creativism.id.
Layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Untuk sosial media kami, dapat Anda lihat di Instagram @creativism.id
[…] Baca juga: Cara Membuat Landing Page yang Menarik […]