Perbedaan Landing Page Website – Apabila Anda adalah seseorang yang bergerak di bidang pemasaran digital, pastinya Anda tidak akan asing lagi dengan kedua istilah ini. Ya, landing page dan juga website. Keduanya adalah senjata utama yang harus dimiliki pebisnis jika ingin usahanya Go Digital.
Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengetahuinya, kita perlu memahami dengan baik apa perbedaan di antara keduanya.
5 Perbedaan Landing Page dan Website
1. Definisi Landing Page dan Website
Kita mulai dengan memahami definisi antara landing page dan juga website terlebih dahulu. Landing page adalah 1 halaman khusus yang dirancang untuk memuat informasi sebuah produk atau jasa tertentu dan terhubung sebagai bagian dari website.
Sedangkan website adalah kesatuan informasi mengenai produk atau jasa secara utuh dan dimuat dalam banyak halaman.
2. Perbedaan dalam Hal Desain
Dari segi desain landing page dan website memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Landing page pada umumnya memiliki tema desain yang lebih powerfull dan informatif dibandingkan dengan website.
Landing page memiliki gaya bahasa atau copywriting yang lebih menarik. Website?. website juga demikian hanya saja dengan gaya desain dan copywriting yang lebih sederhana.
3. Perbedaan Tujuan
Poin perbedaan yang pertama sebenarnya telah menjelaskan kepada kita tentang perbedaan keduanya di poin tujuan. Landing page memiliki tujuan untuk menaikkan promosi dan juga traffic website, dan lebih spesifik lagi untuk promosi produk dan jasa tertentu.
Website tidak sespesifik itu.
Bila coba dirincikan lagi, maka Landing Page memiliki 2 tujuan pasti, yakni dapatkan Lead atau juga dapatkan Click Through Rate.
Contoh landing page yang bertujuan mendapatkan lead adalah landing page yang umumnya memiliki formulir pendaftaraan. Sedangkan untuk yang mendapatkan CTR adalah landing page yang umumnya langsung memuat call to action.
4. Perbedaan Landing Page dan Website dari Sisi Konten
Dari sisi konten, landing page dan website punya ciri khas masing-masing yang sangat mencolok. Landing page tidak memiliki banyak menu seperti website, seperti adanya menu about us, blog, contact, portofolio, team, dan lain.
Landing page hanya akan fokus terhadap satu jasa atau satu produk yang dipromosikan saja. Apabila informasi-informasi yang ada di dalam menu seperti contact, team, portofolio, maka landing page akan memuat dalam 1 halaman yang sama dan tidak terpisah.
5. Cara Kerja Antara Landing Page dan Website
Dari banyak informasi yang ditampilkan dalam sebuah website, maka sudah pasti website memiliki cara kerja yang lebih kompleks ketimbang landing page.
Website adalah sarana promosi yang punya funnel marketing yang panjang di bagian brand awareness sebelum masuk ke bagian akhir yakni sales.
Landing page tidak demikian. Landing page adalah sarana promosi yang punya funnel marketing yang alurnya dipersingkat. Hal ini sesuai dengan alur yang dimiliki oleh Landing Page yakni:
- Pengunjung diarahkan ke halaman yang memuat informasi tentang produk atau jasa yang mereka cari.
- Mereka yang datang akan membaca halaman hingga akhir.
- Pengunjung tertarik dan mulai mengisi formulir yang diberikan atau langsung menekan tombol Call to action yang mengarah ke WhatsApp.
- Customer service mulai mencatat data yang telah masuk di dalam formulir, untuk kemudian dilakukan follow up. Atau langsung melayani customer melalui WhatsApp.
Ciri-Ciri Landing Page dan Website
1. Ciri-Ciri Website
- Website adalah halaman yang berisikan semua informasi mengenai perusahaan baik produk atau jasa yang ditawarkan.
- Memiliki banyak menu yang bisa dijelajahi oleh pengunjung, seperti menu navigasi home, about us, contact us, team, portofolio, dan lain-lain.
- Digunakan untuk memperkenalkan perusahaan dan sebagai bagian dari market jangka panjang.
2. Ciri-Ciri Landing Page
- Landing page adalah halaman khusus yang berisikan satu informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan dari sebuah perusahaan.
- Tidak memiliki banyak menu navigasi seperti website, dan umumnya memiliki “bahasa iklan” copywriting yang lebih menarik.
- Digunakan untuk mendapatkan lead atau konversi yang lebih cepat melalui Call to Action.
Secara garis besar, baik landing page dan juga website memiliki manfaat yang sama dalam hal branding, promosi, edukasi dan lain-lain. Yang membedakan adalah landing page yang lebih spesifik dan singkat. Untuk dapat membuat landing page yang menarik diperlukan copywriting yang menarik pula.
Cara Membuat Landing Page yang Menarik
Perbedaan antara keduanya menjadikan kita paham bahwa untuk dapat membuat landing page diperlukan copywriting yang dahsyat. MinTiv akan membagikan tips ini lengkap kepada Anda pada artikel berjudul Cara Membuat Landing Page yang Menarik.
Artikel itu akan membahas cara pembuatan landing page menggunakan konsep AIDA, (Attention, Interest, Desire, Action), lengkap dengan tools yang digunakan.
Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan jasa pembuatan website maupun landing page dari ahlinya, maka Anda dapat memesannya dari Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda.
Jangan lupa untuk dapatkan info menarik lainnya melalui instagram kami @creativism.id.
[…] Baca juga: Perbedaan Antara Landing Page dan Website […]
[…] Baca juga: Perbedaan Antara Landing Pages dan Website […]
[…] Baca juga: Perbedaan & Mengapa Landing Page Lebih Efektif Ketimbang Website untuk Konversi […]
[…] Baca juga: Perbedaan Landing Page dan Website, Mana yang Lebih Efektif? […]
[…] Baca Juga: Mana yang Lebih Unggul, Landing Page atau Website? […]
[…] Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Website dan Landing Page? […]