Manfaat Landing Page – Digital marketing, digital marketing, digital marketing. Siapa yang sekarang tidak tahu dengan istilah satu ini?. Terlebih bagi Anda yang sudah berkecimpung dalam dunia bisnis digital. Bahkan bisa dibilang bahwa hampir dari rata-rata bisnis UKM/UMKM di Indonesia menggunakan pola marketing yang dipadukan dengan area digital.
Di mulai dari pemanfaatan Instagram, Faceboo, Youtube, Video, atau Website untuk content marketing, hingga yang berbentuk PPC (Pay Per Click) seperrti Facebook Ads. Strategi digital marketing menggunakan konten ataupun dengan iklan berbayar, semuanya bisa efektif apabila Anda menggunakan landing page sebagai tujuan CTA.
Mengapa harus landing page?, mengapa bukan website?. Anda bisa mencari tahu jawabannya dari artikel yang sebelumnya MinTiv kreasikan di bawah ini;
Baca juga: Perbedaan & Mengapa Landing Page Lebih Efektif Ketimbang Website untuk Konversi
Paling mencolok tentu saja, adalah ciri khas landing page yang hanya memiliki 1 halaman yang memuat informasi khusus mengenai sebuah produk atau jasa. Landing page punya tata bahasa dan juga desain yang lebih menarik ketimbang website. Itulah sebabnya mengapa Landing Page sering digunakan sebagai tujuan CTA (Call to Action) oleh banyak pebisnis digital dari UKM/UMKM.
Nah berikut ini adalah penjelasan tentang 7 alasan mengapa landing page sangat bermanfaat untuk bisnis UKM/UMKM dalam strategi digital marketing. Jadi simak baik-baik ya.!
7 Manfaat Landing Page bagi Bisnis UKM/UMKM
1. Tempat Promosi yang Efektif
Manfaat yang pertama, dan jelas akan Anda dapatkan adalah landing page dapat digunakan untuk media promosi yang lebih efektif. Pelanggan atau pengunjung yang datang bisa fokus mengenal produk Anda lebih detail tanpa harus teralihkan pandangannya pada link yang lain.
Contoh saja ketika seseorang membuat website untuk tujuan awal mendapatkan informasi tentang kucing, malah beralih ke informasi mengenai kelinci, karena adanya opsi untuk beralih info. Landing page tidak seperti itu, adapun link peralihan biasanya hanya digunakan untuk memudahkan pelanggan menghubungi Anda.
2. Kredibilitas dan Brand Awareness Tertarget Meningkat
Manfaat kedua adalah kredibilitas dan brand awareness tertarget yang meningkat. Ya, informasi yang dikreasikan di dalam landing page biasanya lebih detail, informatif, dan menarik pada satu jenis bisnis. Semakin detail informasi yang Anda berikan, maka semakin besar juga nilai kredibilitas Anda di matas pelanggan,
Belum lagi jika landing page yang Anda desain benar-benar menarik dan tidak membosankan.
3. Data Pelanggan/Buyer Persona yang Terkumpul Lebih Spesifik
Karena informasi yang diberikan spesifik pada satu jenis bisnis, maka sudah pasti data-data yang didapatkan pada Landing Page tersebut juga sudah tersaring. Artinya Anda bisa mendapatkan data-data pelanggan yang memang sedang mencari informasi produk Anda. Data-data inilah yang bisa Anda oleh menjadi buyer persona, dan pada akhirnya memudahkan Anda untuk melakukan remarketing sesuai buyer persona yang didapatkan.
4. Memudahkan Strategi Marketing Kedepannya
Efek domino dari manfaat sebelumnya, Anda jadi lebih mudah menetapkan rencana strategi marketing untuk bisnis UKM/UMKM. Tentu manfaat ini didapatkan setelah Anda memperoleh data buyer persona yang detail. Buyer persona sendiri adalah karakteristik fiktif dari target audiens atau pelanggan ideal sebuah bisnis yang tengah dijalankan.
Semisalnya ketika Anda coba memasarkan bisnis properti, maka karakteristik fiktif idealnya dari bisnis Anda adalah mereka yang memiliki aset jutaan, memiliki setidak 1 mobil, berumur lebih dari 40 tahun ke atas, dan lain-lain.
Tentu saja Anda bisa mendapatkan buyer persona yang lebih akurat dari landing page. Pada akhirnya Anda bisa dengan mudah menentukan strategi marketing yang cocok untuk buyer persona tersebut.
5. Memudahkan Prediksi dan Prospek Penjualan
Pernah dengar yang namany funnel marketing?. Jika belum atau sudah tapi masih ragu-ragu dengan arti sebenarnya funnel marketing, Anda bisa baca artikel di bawah ini terlebih dahulu;
Baca juga: Manfaat Funnel Marketing untuk Bisnis UKM/UMKM
Secara garis besarnya, landing page punya manfaat yang juga berbanding lurus dengan funnel marketing. Salah satunya adalah memudahkan prediksi dan prospek penjualan. Melalui tambahan tools lainnya seperti Google Analytics, Anda dapat memahami dengan mudah jam-jam berapa landing page ramai dikunjungi.
Di hari apa tranksaksi sering terjadi, dan berapa lama pengunjung berada di dalam landing page.
6. Menimimalkan Budget Pemasaran dengan Lead yang Tinggi
Budget yang dibutuhkan untuk sebuah landing page tidak akan sebesar ketika Anda menggunakan website. Website perlu banyak biaya baik itu untuk domain dan hosting. Belum lagi biaya perawatan website yang tidak sedikit.
Landing page memahami dengan baik prinsip pebisnis dengan untung segede-gedenya, dengan modal sekecil-kecilnya. Bahkan konversi atau lead yang dihasilkan dari landing page umumnya lebih tinggi ketimbang yang dihasilkan melalui website.
7. Fokus Pelanggan yang Tidak Terpecah Belah dengan Kompetitor
Jika Anda berpikir bahwa e-commerce sebut saja Shopee dan Tokopedia, bisa diandalkan untuk meningkatkan konversi penjualan, maka Anda harus berpikir 1 juta kali.
Ada banyak produk di dalam e-commerce, bahkan tak menutup banyak dari produk tersebut memiliki jenis yang sama dengan Anda.
Fokus pengunjung e-commerce pun menjadi pecah, pilihan menjadi beragam, dan tentunya Anda perlu melakukan banyak strategi marketing yang rumit. Ujung-ujungnya, Anda terpaksa harus menurunkan harga yang sebenarnya tidak sebanding dengan kualitas produk Anda, hanya untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor lain di e-commerce.
Tetap, Anda butuh landing page untuk “mempersempit” pilihan pengunjung sekaligus menjadi pelanggan fokus hanya pada produk Anda saja.
Contoh Landing Page yang Menarik dan Keren
Berikut ini adalah beberapa tampilan landing page yang menarik dan keren dari agen digital profesional Creativism.id.
Butuh Jasa Landing Page Segera?
Setelah beberapa hasil dari karya di atas, Anda pastinya ingin mendapatkan landing page yang keren untuk bisnis UKM/UMKM. Di mana Anda bisa mendapatkannya?, MinTiv merekemondasikan Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Termasuk di dalamnya adalah layanan pembuatan landing page.
Untuk informasi lanjut mengenai jasa ini bisa Anda baca melalui link ini, atau langsung menghubungi nomor 6281 22222 7920.
Jangan lupa untuk kepoin juga Instagram mereka di @creativism.id
[…] Baca juga: Manfaat Landing Page untuk Bisnis UKM/UMKM […]
[…] Buat Landing Page – Apabila Anda sudah membaca artikel MinTiv yang berjudul Manfaat Landing Page untuk UKM/UMKM. Anda pastinya sudah sangat paham betapa pentingnya landing page di dalam bisnis. Saking pentingnya […]