Trik tingkatkan loyalitas pelanggan – Apa yang membuat bisnis dapat bertahan untuk waktu yang lama?. Pemasarannya yang ada di mana-mana? atau modal bisnis yang berlimpah?. Kedua poin tadi tidak menjawab pertanyaan kita yang ada di awal. Apa yang membuat bisnis dapat bertahan untuk waktu yang lama adalah karena mereka memiliki pelanggan yang setia atau loyal terhadap bisnisnya.
Bagaimana cara mendapatkan pelanggan yang loyal?. Sekedar mendapatkan pelanggan dengan merubah pelanggan biasa tersebut menjadi pelanggan yang loyal, jelas berbeda kesulitannya. Ada banyak yang perlu Anda terapkan jika ingin mendapatkan pelanggan yang loyal. Nah berikut ini ada tips dari agen digital profesional, Creativism untuk dapat merubah pelanggan biasa menjadi pelanggan yang loyal.Tips ini juga bisa diterapkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan setia.
Baca juga: Manfaat Landing Page untuk Bisnis UKM/UMKM
Simak lengkap trik tingkatkan loyalitas pelanggan di bawah ini!…
Trik Tingkatkan Loyalitas Pelanggan
Trik yang dibagikan oleh Creativism.id terdiri dari 5 bagian penting. 5 bagian penting ini. memang terdengar klise, tapi sayangnya, masih banyak pebisnis yang tidak mengindahkannya. Bahkan banyak dari pebisnis yang merasa pelanggan baru tidak perlu diberikan prioritas lebih, dibanding pelanggan yang lama.
Padahal semakin banyak pelanggan baru yang berubah menjadi pelanggan loyal, akan membantu bisnis Anda untuk cepat berkembang. Anda tentunya masih ingat dengan cerita Almarhum Bob Sadino bukan?.
Bob Sadino pernah sengaja menjual sekitar 10 telur dengan 2 diantaranya adalah telur busuk kepada ibu-ibu yang paling bawel di kampung. Saat Ibu-ibu tersebut sadar, ia kembali ke Bob Sadino dan marah sejadi-jadinya. Bob Sadino kemudian memberikan 20 telur baru yang segar secara gratis kepada Ibu-Ibu tersebut.
Dan karena sifatnya yang bawel, ia tak pernah berhenti menceritakan kisahnya itu kepada orang lain. Alhasil, banyak ibu-ibu yang berbondong-bondong membeli telur Bob Sadino, dengan harapan mendapatkan telur yang busuk.
Strategi berhasil, dan ibu-ibu bawel itu pun menjadi pelanggan setia Bob Sadino. Apa yang dilakukan oleh Bob Sadino dalam strategi berbisnis ini, memang terbilang ekstrim, tetapi Bob Sadino memahami betul tentang konsep untuk merubah pelanggan biasa menjadi pelanggan yang loyal.
Nah belajar dari Cerita Almarhum Bob Sadino, MinTiv berhasil merumuskan 5 trik ampuh untuk merubah pelanggan biasa menjadi pelanggan loyal sekaligus untuk tingkatkan loyalitas pelanggan tersebut. 5 Trik ampuh tersebut adalah;
1. Mencari Tahu Keinginan Pembeli
Yang pertama adalah mencari tahu keinginan pembeli. Contoh pada cerita almarhum Bob Sadino sebelumnya. Anda bisa memahami bahwa Bob memahami betul apa yang diinginkan oleh pembelinya, yakni telur yang berkualitas, dengan harga yang terjangkau.
Misal Anda berjualan jasa konstruksi rumah, maka yang pertama kali Anda pikirkan adalah bahan rumah yang berkualitas, lokasi yang strategis dengan pusat keramaian seperti pasar, dan juga pastinya memberikan opsi pembayaran yang tidak memberatkan.
Sebelum menjual sesuatu, pastikan bahwa selalu Anda adalah pembeli barang atau pengguna jasa pertama dari apa yang Anda jual. Memposisikan diri sebagai pembeli dari apa yang dijual oleh Anda sendiri, tentu akan meningkatkan kepekaan terhadap apa yang sebenarnya dicari-cari dari produk Anda. Masalah apa yang bisa diselesaikan dari solusi yang Anda berikan.
2. Peningkatan Kualitas Produk dan Jasa
Menanamkan rasa empati yang mendalam, memahami dengan baik masalah apa yang bisa diselesaikan dengan produk/jasa Anda, akan membantu proses peningkatan kualitas. Anda jadi memiliki gambaran yang lengkap mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan juga ancaman untuk bisnis Anda. Ya, lebih dikenal dengan sebutan SWOT (Strengths, Weaknesses , Opportunities, Threats).
Mempelajarinya di dalam bisnis juga akan membantu Anda dalam menentukan strategi marketing yang tepat, seperti model penawaran terbatas atau reward.
3. Penawaran Menarik dan Reward
Masih diambil dari kisah Bob Sadino, dapat dipahami bahwa beliau berhasil memahami dengan baik keinginan konsumennya. Hingga ia akhirnya berani memberikan reward bagi siapa saja yang menemukan telur busuk, untuk diberikan banyak telur pengganti yang berkualitas.
Belajar dari sana, Anda juga bisa memberikan reward untuk pelanggan yang sering membeli produk Anda dengan diskon harga spesial. Ataupun dengan membuat member khusus, yang setiap member mendapatkan harga yang khusus pula. Strategi member ini sering digunakan juga oleh perusahaan besar, seperti usaha di bidang Fitness Gym, ataupun Alfamart dan Indomaret.
Anda juga bisa menerapkan penawaran menarik, yang sifatnya terbatas, seperti memberikan gratis makan siang dari jam 1 sampai 2, atau yang lainnya.
4. Komunikasi yang Baik dan Kejujuran
Poin terpenting nomor 4 agar dapat meningkatkan loyalitas konsumen adalah komunikasi yang baik dan juga kejujuran. Tanpa adanya komunikasi yang baik, strategi marketing yang awalnya sudah dicanangkan dengan baik akan jatuh berantakan.
Faktanya komunikasi yang baik adalah harga mati yang harus Anda miliki sebelum menjadi pebisnis. Banyak di antara pebisnis yang sukses, “hanya” karena memiliki komunikasi yang baik. Tapi..perlu dicatat bahwa komunikasi yang baik bukan satu-satunya faktor pebisnis dapat meraih kesuksesan. Komunikasi yang baik harus berbanding lurus dengan kejujuran.
Bahkan dengan kejujuran, meskipun komunikasi yang Anda miliki terbilang kurang, tapi informasi yang disampaikan adalah fakta, apa adanya, tidak dikurangi atau ditambahkan, pelanggan akan memberikan respect untuk Anda.
5. Selalu Memberikan Solusi Terbaik Saat Ada Masalah
Yang terakhir adalah selalu memberikan solusi terbaik saat ada masalah. Pelayanan terbaik bukanlah pelayanan tanpa masalah. Pelayanan yang terbaik adalah pelayanan yang mampu bertahan menghadapi masalah dengan memberikan solusi untuk masalah tersebut.
Seperti cerita Bob Sadino di atas, dia memberikan solusi terbaik kepada Ibu-Ibu bawel dengan mengganti telur busuk yang didapatkan dengan banyak telur-telur berkualitas.
Itulah 5 tips untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Tips ini bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. Apabila Anda tertarik mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara meningkatkan loyalitas pelanggan dari content marketing, hubungi nomor 6281 22222 7920.