Cara Membuat Artikel SEO – Salah satu cara untuk mengoptimasi website adalah dengan membuat artikel SEO. Untuk dapat membuat 1 buah artikel dengan kaidah SEO, tidaklah gampang tapi, juga tidak terlalu rumit. Anda bisa mempelajarinya lengkap di Creativism.id.
Kebetulan website Creativism.id sedang giat-giatnya menulis tentang seri Belajar SEO Lengkap dari awal. Anda bisa menyimak blog Creativism lebih sering lagi untuk tahu apa itu SEO. Seri belajar SEO ini terus berlanjut hingga seri terbaru hingga artikel ini.
Ya, kita akan mempelajari tentang bagaimana caranya mengoptimasi konten website, melalui artikel. Tentu saja, artikel yang akan kita buat bukanlah artikel curhat, atau cerpen, yang dari sisi pencarian audiens di Google kurang.
Kita akan belajar bagaimana caranya menulis artikel dengan kaidah SEO, artikel yang memang banyak dicari di pencarian Google. Kita mulai dari memahami terlebih dahulu jenis-jenis keyword.
Jenis-Jenis Keyword
Ada banyak jenis-jenis keyword yang akan Anda pelajari. Mempelajari jenis-jenis keyword ini, akan membantu Anda untuk menentukan keyword apa yang nantinya Anda gunakan dalam konten.
MinTiv sendiri akan menjelaskan 4 jenis keyword yang umumnya sering digunakan, yakni Short tail keyword, long tail keyword, keyword abadi, dan keyword musiman.
Kita mulai dari jenis keyword yang pertama yakni Short tail keyword:
1. Short tail keyword
Sesuai dengan namanya, short-tail keyword adalah kata kunci yang hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Kata kunci jenis ini menjadi kata kunci yang favorit digunakan untuk branding website.
MinTiv dapat menyebutkan beberapa kata kunci yang jika kamu cari di Google maka akan memunculkan domain website, seperti: Kompas, Detik, Tempo, Merdeka, Suara, Creativism dan lain-lain.
Sumber: Creativism.id
Persaingan untuk memenangkan perhatian Google menggunakan cara ini sangatlah sulit. Bukan hanya sulit untuk nama domain, tapi juga untuk konten artikel. Contoh short tail keyword:
- Laptop murah
- laptop
- baju murah
- baju gamis
2. Long tail keyword
Dari namanya, Anda pasti bakalan mengerti bahwa long tail keyword adalah kata kunci yang memiliki bentuk lebih panjang daripada short tail keyword. Kata kunci ini terdiri dari 3, 4 atau lebih. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan traffic pencarian dari persaingan keyword di tingkat medium hingga yang paling sulit.
Sumber: Creativism.id
Contoh long tail keyword adalah:
- Jasa Video TikTok.
- Konsultan SEO Terpercaya.
- Konsultan SEO Berkualitas.
- Jasa Sosial Media Terpercaya.
- Aplikasi Desain Konten Instagram.
3. Keyword Abadi
Keyword abadi adalah keyword yang selalu dicari oleh orang-orang dari waktu ke waktu. Jenis keyword ini bisa berjenis short tail ataupun long tail. Untuk memenangkan persaingan pada jenis keyword ini tidaklah mudah. Salah satu contoh dari keyword abadi adalah Jasa Video TikTok.
Contoh lainnya adalah;
- Cara membuat artikel ilmiah
- Belajar digital marketing
- Belajar desain grafis
- dan lain-lain.
4. Keyword Musiman
Keyword musiman adalah jenis keyword yang banyak dicari orang-orang namun hanya dalam jangka waktu tertentu saja. Contoh:
- Hasil pertandingan Liverpool vs Real Madrid 2022
- Hasil sidang isbat idul fitri 2022
- dan lain-lain.
Jika ingin dirincikan berdasarkan klasifikasinya yang lebih detail, keyword dapat dibagi menjadi 6 bagian, yakni berdasarkan panjangnya, targeting, on-site keyword, google ads keyword, buyer keyword, dan juga keyword difficult level.
Jenis-jenis keyword ini nantinya akan MinTiv bahas menjadi satu bahasan penuh dalam artikel selanjutnya tentang Jenis Jenis Keyword yang Sering Digunakan Untuk Tingkatkan SEO Website. Untuk itu, Anda wajib pantengin terus Blog Creativism.id ini.
Cara Membuat Artikel SEO
Langkah awal untuk dapat menuliskan artikel SEO adalah memahami jenis-jenis keyword. Kita sudah memahami 4 jenis keyword yang umumnya digunakan pada subbab pembahasan sebelumnya.
Setelah Anda memahami jenis-jenis keyword tersebut, maka langkah yang selanjutnya yang akan Anda lakukan adalah melakukan riset keyword.
1. Cara Membuat Artikel SEO: Melakukan Riset Keyword
Riset keyword adalah hal penting yang pertama kali harus Anda lakukan ketika akan menulis sebuah artikel. Mengapa?. Karena artikel yang akan kita tulis bukanlah artikel-artikel biasa yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari layaknya blogger pada umumnya.
Artikel yang akan kita tulis adalah artikel yang banyak dicari oleh orang-orang untuk mengatasi masalah mereka. Oleh sebab itulah, Anda harus memahami dengan benar keyword yang akan Anda gunakan dalam artikel.
Usahakan untuk menggunakan keyword yang orang banyak cari sebagai solusi. Contohnya:
- Cara menulis artikel SEO
- Cara mengatasi ketombe berlebihan
- Rumus matematika aljabar terbaru
- dan lain-lain.
Anda perlu memahami search intent seseorang ketika akan menuliskan sebuah kata kunci di kolom pencarian Google. Sebagai contoh, ketika seseorang menuliskan kata pencarian di Google;
“Cara menulis artikel SEO”.
Maka setidaknya ada 3 jenis orang yang mencari kata kunci ini, yakni;
- Orang yang ingin langsung dapat menuliskan artikel SEO berdasarkan contoh.
- Orang yang tidak tahu SEO.
- Mereka yang sudah tahu cara menuliskan artikel SEO, namun butuh banyak referensi tools.
Anda bisa dengan mudah membuat perencanaan konten artikel, dimulai dari menuliskan konten bagaimana caranya untuk menuliskan artikel SEO, artikel tentang definisi SEO, tools-tools yang diperlukan untuk menuliskan artikel SEO, contoh artikel SEO, dan lain-lain.
2. Mulai Menuliskan Konten Artikel
Setelah memutuskan keyword yang inginkan, maka langkah selanjutnya adalah memulai proses proses menulis artikel. Anda bisa menggunakan salah satu teknik dalam menulis artikel popular, yakni ATM (Amati Tiru Modifikasi).
Sebagai informasi tambahan, teknik ini tidaklah sama dengan menjiplak artikel pada website orang lain. Artikel yang dihasilkan dengan cara ini, tetap memiliki ciri khasnya tersendiri dan tidak sama dengan referensinya.
Anda bisa memulai teknik ini dengan mencari 5 referensi website yang nangkring di posisi teratas sesuai dengan keyword yang ingin Anda targetkan. Selanjutnya, catat hal-hal penting yang ada pada kelima website tersebut, mulai dari poin-poin apa saja yang mereka jadikan isi konten, elemen multimedia apa saja yang mereka gunakan, dan catat juga kelebihan dan kekurangan setiap artikel.
Setelahnya, Anda dapat memikirkan apa saja poin-poin yang bisa Anda gunakan dalam konten artikel Anda nantinya. Pastikan juga untuk hanya memuat poin-poin yang memang dicari oleh pengunjung.
Sebagai tambahan Anda bisa saja membuat elemen multimedia sendiri yang memudahkan pembaca dalam mengambil poin penting dalam artikel Anda. Contoh memvisualisasikan perbandingan kelebihan dan kekurangan antara Instagram versus TikTok.
Selain memikirkan isi konten, ada baiknya Anda memilih judul yang menarik namun tidak clickbait.
3. Cara Membuat Artikel SEO: Install Plugin YoastSEO
Sumber: Creativism.id
Tips yang terakhir, namun paling ampuh dalam menulis artikel SEO adalah dengan menggunakan Yoast SEO. Yoast SEO adalah plugin WordPress wajib yang memudahkan kita untuk dapat menuliskan artikel sesuai kaidah SEO secara instan. Di dalam plugin WordPress ini, Anda bisa temukan banyak fitur seperti;
- Focus Keyword
- Konfigurasi RSS, Meta Robot
- Pengaturan Permalink
- XML Sitemaps
- File editor .htaccess & robots.txt.
Untuk mode gratisnya saja, Anda sudah bisa dapatkan banyak keuntungan, apalagi dengan mode premium. Selain YoastSEO, Anda juga bisa menemukan banyak tools atau plugin WordPress yang berguna untuk menambah nilai SEO Website Anda.
MinTiv akan membahas lengkap tentang tools atau plugin WordPress yang dapat menambah nilai SEO website pada artikel mendatang.
Jasa Penulisan Artikel SEO
Setelah mengetahui bagaimana cara menulis artikel dengan kaidah SEO, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menuliskan rencana konten artikel, serta melakukannya dengan konsisten dan berkualitas.
Terdengar sangat mudah, namun sulit untuk dijalankan, terlebih bagi Anda yang;
- Sibuk mengurusi bisnis agar tetap berjalan.
- Tidak memiliki cukup waktu belajar melakukan optimasi website.
- Perlu belajar lagi mengenai konsep penulisan artikel sesuai dengan kaidah SEO dan PEUBI.
Masalah-masalah seperti ini bisa Anda atasi dengan memiliih jasa penulisan artikel SEO bernama Creativism.id.
Creativism.id adalah partner yang siap membantu bisnis Anda Go Digital, dengan menyediakan banyak layanan digital, seperti jasa pembuatan website, jasa kelola instagram, dan juga jasa SEO profesional.
Tim dari Creativism.id, telah mengikuti berbagai macam E-Course Premium yang berasal dari luar negeri, SkillShare, Udemy, dan lain-lain.
Tidak hanya itu, Tim Creativism, juga dibekali dengan berbagai macam tools SEO Premium, seperti Semrush dan juga Ahrefs. Untuk bagian penulisan konten artikel, optimasi gambar, Tim Creativism juga dibekali dengan content writer, designer dan videografer yang berpengalaman di bidangnya.
Anda bisa memesan layanan ini di nomor 081 22222 7920. Jangan lupa juga untuk kepoin instagramnya di @creativism.id.
[…] Jenis Keyword – Ketika kita mempelajari tentang bagaimana caranya menuliskan artikel SEO, maka kita akan juga mengenal jenis keyword. Keyword adalah kata atau susunan kata yang sering […]
[…] Baca juga: Cara Membuat Artikel SEO dengan Mudah […]
[…] Baca juga: Belajar Artikel SEO dengan Mudah […]
[…] Baca juga: Cara Membuat Artikel dengan Kaidah SEO […]