Apa itu Semantic SEO – Ada banyak cara untuk dapat memaksimalkan website. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan SEO. Teknik yang memaksimalkan konten keyword website untuk dapat tampil di halaman pertama Google.
Sesuai dengan definisi yang ada, yang menjadi bagian kunci daripada SEO ini jelas adalah keyword. Untuk itu Anda perlu memperdalam pemahaman terhadap Cara Riset Keyword yang Baik. MinTiv sendiri memang telah menjelaskan bagaimana cara melakukan riset keyword yang baik pada artikel sebelumnya. Anda bisa membacanya pada link di bawah ini;
Baca Juga: 6 Cara Riset Keyword Website Agar Berada di Peringkat 1 Halaman Google.
Selain 6 cara di atas, terdapat cara lain guna dapat memaksimalkan riset keyword Anda. Cara yang MinTiv maksud tersebut adalah dengan mempelajari apa itu Semantic SEO.
Teknik SEO macam apa lagi itu MinTiv?.
Semantic SEO adalah salah satu cara yang banyak digunakan oleh marketers guna dapat meningkatkan pencarian website mereka di Google. Cara ini terbilang ampuh untuk meningkatkan traffic website. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang Semantic SEO.
Apa itu Semantic SEO?
Dilansir Search Engine Journal, Semantic SEO adalah upaya pemberian nilai tambah pada kata-kata atau keyword yang digunakan dalam konten website. Semantic SEO optimal digunakan apabila Anda sudah mempelajari dengan baik apa itu search intent sebelumnya.
Ya, konten Anda harus benar-benar menjawab tujuan seseorang dalam mencari informasi berdasarkan kata kunci yang mereka gunakan. Penggunaan Semantic SEO juga sudah mulai diterapkan pada algoritma terbaru Google.
Di mana dengan algoritma tersebut, jenis konten yang lebih mudah dimengerti oleh manusia serta menggunakan konsep Semantic akan mudah mendapatkan peringkat 1 di halaman Google. Selain itu, Semantic SEO juga akan memberikan Anda banyak manfaat, di antaranya;
- Semantic SEO bertugas sebagai pemberi informasi kepada mesin crawler bahwa website telah tersusun dengan rapi.
- Pengalaman membaca konten yang lebih baik didapatkan oleh pengunjung. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan bounce rate. Dwell time atau durasi pengunjung mengunjungi website Anda akan jauh lebih lama.
- Semantic SEO membantu Content Writer untuk lebih bisa meningkatkan performa penulisan konten mereka pada topik dan tidak hanya terfokus pada keyword.
- Peluang backlink yang lebih besar bisa didapatkan dengan Semantic SEO.
Dari sini, Anda pastinya sudah tidak sabar lagi untuk bisa menjalankan teknik ini. Tidak perlu khawatir, karena MinTiv akan berbagi resep tentang bagaimana caranya Anda bisa memaksimalkan Semantic SEO dari Creativism.
Creativism sendiri adalah penyedia Jasa SEO yang telah berhasil memenangkan banyak persaingan keyword di Page 1 Google. Salah satu rahasia mereka memenangkan persaingan yang ada tersebut adalah mengoptimalkan Semantic SEO.
Cara Mengoptimalkan Semantic SEO
1. Membuat Daftar Konten Relevan dengan Topik Tertentu
Pertama, yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat terlebih dahulu daftar konten yang relevan dengan topik tertentu. Semisal Anda memiliki website dengan niche jual beli Sepatu dan Anda ingin membuat konten dengan topik sepatu olahraga pria.
Maka Anda bisa membuat daftar konten relevan untuk topik tersebut seperti di bawah ini;
- Merk Sepatu yang Bagus untuk Olahraga
- Rekomendasi Sepatu Olahraga yang Bagus untuk Pria
- Rekomendasi Sepatu Olahraga Pria yang Bagus untuk Jogging
- dan lain-lain.
2. Menampilkan Outline Konten
Selanjutnya adalah dengan menampilkan outline konten. Teknik ini sendiri adalah teknik dasar yang harus dikuasai oleh Web Content Writer. Ya, dengan outline konten, penulis dapat dengan mudah menuliskan konten mereka berdasarkan subtopik yang ada. Perlu dipahami juga bahwa konten yang memiliki outline konten, biasanya lebih mudah untuk dapatkan featured snippet Google.
3. Gunakan Fitur People Also Ask
Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur People Also Ask. Fitur dari Google ini bisa terkadang muncul di pencarian dan juga tidak. Biasanya akan paling sering muncul apabila pengguna menggunakan kata kunci pencarian dengan kalimat tanya. Contoh seperti gambar di atas.
Dari fitur ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk kemudian menjadi keyword utama Anda. Semisal Anda ingin menuliskan konten dengan judul Siapa Orang Terkaya Nomor 1 di Dunia.
4. Menggunakan Keyword dengan Makna Sama pada Halaman Konten
Keempat dengan menyematkan variasi keyword dengan makna sama pada halaman konten yang juga sama. Teknik ini sendiri sudah banyak digunakan oleh marketers, terlebih algoritma Google yang sudah berhasil menemukan variasi dari keyword.
Contohnya seperti gambar di atas di mana konten Creativism.id muncul di pencarian keyword Contoh Logo Perusahaan Simple dan juga Contoh Logo Perusahaan Bermakna.
5. Pastikan Konten Anda Mudah Dimengerti dan Solusional
Berikutnya adalah dengan menuliskan konten yang mudah untuk dimengerti dan juga solusional. Hindarkan kata-kata yang terdengar awam bagi pembaca atau audiens market Anda. Pastikan bahwa dengan kata-kata yang Anda pilih, konten Anda secara keseluruhan dapat dimengerti.
Selain itu, pastikan juga bahwa konten Anda benar-benar solusional. Semisal ketika Anda menuliskan konten tentang Bagaimana Caranya Menggunakan Google Keyword Planner, maka Anda tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar tentang apa itu Google Keyword Planner, sejarah dan bahkan awal mulanya.
Yang pengguna ingin tahu hanyalah bagaimana mereka bisa menggunakannya.
6. Manfaatkan LSI (Latent Semantic Indexing) Keyword
Keenam adalah dengan memanfaatkan teknik Latent Semantic Indexing. LSI Keyword adalah kunci yang bertindak layaknya sinonim (tidak sepenuhnya) atau bertindak sebagai kata kunci yang memiliki konsep serupa dengan keyword utama. MinTiv sendiri telah menjelaskan secara terperinci apa itu LSI Keyword pada artikel sebelumnya. Anda bisa membacanya pada link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu LSI Keyword dan Cara Mengoptimalkannya?
7. Konten Bersifat Conversational
Terakhir, berkaitan erat dengan cara kelima, adalah membuat konten Anda seolah-olah Anda berbicara langsung dengan pengunjung. Salah satu cara untuk menerapkannya adalah dengan menargetkan kata kunci dengan tanda tanya, seperti yang ada pada cara nomor 3.
Inilah tips dan trik untuk dapat memaksimalkan SEO Semantic. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik yang sudah khatam masalah SEO Semantic, hubungi segera Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Begini Caranya Jadikan Konten Kamu Tampil di Halaman Pertama Google dengan Semantic SEO […]